ANALISIS EFEKTIVITAS STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAN BRAND AWARENESS DENGAN METODE MARKETING FUNNEL

Authors

  • Arika Juwita Universitas Metamedia
  • Elisa Daniati Edison Universitas Metamedia
  • Weri Sirait Universitas Metamedia
  • Radja Ifran Ritonga Universitas Metamedia

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12303

Keywords:

Analisis Efektivitas, Strategi Digital Marketing, Brand Awareness, Penjualan, Marketing Funnel.

Abstract

Penelitian ini mengamati pentingnya strategi pemasaran digital yang efektif bagi pelaku bisnis di era digital yang kompetitif. Meningkatnya bisnis online, pemahaman mendalam tentang perilaku dan preferensi konsumen menjadi krusial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas digital marketing dalam meningkatkan penjualan dan brand awareness menggunakan metode marketing funnel. Data diambil sebanyak 200 sampel customer dari 10 sampel toko yang akan dianalisis dengan SPSS untuk mendapatkan wawasan mendalam. Metode yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan eksploratif melalui survei, wawancara, dan analisis statistik. Hasil penelitian ini diharapkan menghasilkan artikel ilmiah untuk jurnal bereputasi, serta model teoretis dan praktis yang membantu pelaku bisnis merancang dan mengevaluasi strategi pemasaran digital secara efektif. Model ini akan memberikan panduan komprehensif bagi akademisi dan praktisi di bidang digital marketing

References

Al Adwan, A., Kokash, H., Al Adwan, R., & Khattak, A. (2023). Data analytics in digital marketing for tracking the effectiveness of campaigns and inform strategy. International Journal of Data and Network Science.
[2] Komalasari, D., Pebrianggara, A., & Oetarjo, M. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. Umsida Press, 1-83.
[3] Sahliyah, F., Fadhillah, N., & Fahim, A. (2024). Sosialisasi Digital Marketing Melalui Konten Sosial Media Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Wirausaha Siswa MA Assa’adah Bungah. TAAWUN, 4(01), 147-155.
[4] Rahmi, E., Putra, R. A., Alianta, A. A., & Rahim, R. (2022). Analisis Efektifitas Pemasaran Online terhadap Penjualan Produk-produk Olahan Hasil Ternak di Kota Payakumbuh Analysis of the Effectiveness of Online Marketing on Sales of Processed Livestock Products in Payakumbuh City.
[5] Restu N., S., Aisyah, H., Juwita Z., A., & Huzaifa, A. R. (2023). Implementation of digital marketing applications for selling acrylic village products using the e-WOM method. Paper presented at the II. International Korkut Ata Scientific Researches Conference, Turkey
[6] Maghfiroh, M., & Rahmawati, N. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Serta Membangun Brand Awareness Pada Umkm Rengginang Gr Wedoro. Jurnal Nusantara Berbakti, 2(1), 153-166.
[7] Prasetyowati, A., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital marketing. (3)
[8] Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47
[9] Alberta, H., & Wijaya, L. S. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Meningkatkan Penjualan dan Brand Awareness. Jurnal Ilmiah Media, Public Relations, Dan Komunikasi (IMPRESI), 2(1), 1.
[10] Fauzia, N. N. (2024). Analisis Efektivitas Iklan Di Instagram Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Journal Sains Student Research, 2(1), 133- 143.
[11] Rusdianto, R. Y., & Setiawan, A. R. (2024). Penerapan Strategi Marketing Dalam Pembuatan Konten Menggunakan Softselling Dan Hardselling Pada Tiktok Untuk Meningkatkan Brand Awareness Kisana. Jurnal Riset dan Inovasi Manajemen, 2(1), 130-137.

Downloads

Published

2024-12-17