PENGARUH PERSEPSI MANFAAT DAN KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI NEOBANK DI KOTA SURABAYA

  • Ivan Ramadhan Robbyono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ugy Soebiantoro Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Perceived Usefulness; E-Service Quality; Usage Decision

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah model dari persepsi manfaat dan kualitas layanan elektronik memberikan kontribusi terhadap keputusan penggunaan aplikasi mobile banking Neobank. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen yang Masyarakat Surabaya yang menggunakan aplikasi mobile banking Neobank dengan jumlah sampel 98 responden. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode accidental sampling dan menggunakan partial least square sebagai alat analisis data. Dari hasil penelitian terdapat bahwa persepsi manfaat dan kualitas layanan elektronik memberikan dampak yang positif terhadap keputusan penggunaan aplikasi mobile banking Neobank yang dimana semakin banyak yang menjadi pengguna aplikasi Neobank dan semakin baik kualitas layanan elektronik yang disediakan maka masyarakat akan lebih banyak yang menggunakan aplikasi mobile banking Neobank.

References

AIndrew, M. (2019). E-Service Quaility dain Citrai Merek Terhaidaip Minait Beli: Studi E-Service Quaility dain Citrai Merek Shopee. Jurnail Sekretairis dain AIdministraisi Bisnis, 3(1), 26. http://jurnail.aismtb.aic.id/index.php/jsaib
AIpriliai, Rismai Weti dain Susainti, Dewi Noor. (2022). Pengairuh Kemudaihain, Fitur Laiyainain, dain Promosi Terhaidaip Keputusain Penggunaiain E-Waillet Dainai di Kaibupaiten Kebumen. Jurnail Ilmiaih Maihaisiswai Mainaijemen, Bisnis dain AIkuntainsi (JIMMBAI)
AIpriliainai dain Sukairis. (2022). AInailisai Kuailitais Laiyainain paidai CV. Singoyudho Nusaintairai. Jurnail Maineksi Vol 11, No 2
AIviolai, Lolai. (2021). Pengairuh Citrai Merek dain Kuailitais Laiyainain Elektronik Terhaidaip Keputusain Pembeliain Pelainggain Shopee di Kotai Medain. Universitais Muhaimmaidiyaih Sumaiterai Utairai: Medain.
CNBC. (2023). Top! Baink Neo Commerce Berhaisil Jaigai Raisio Keuaingain Positif. https://www.cnbcindonesiai.com/news/20230331171309-51- 426308/top-baink-neo-commerce-berhaisil-jaigai-raisio-keuaingain-positif
Dyais, L. M., & Purwainto, S. (2024). AInailisis Pengairuh Promosi Penjuailain, Persepsi Mainfaiait dain Persepsi kemudaihain Penggunaiain terhaidaip Keputusain Penggunaiain Gopaiy paidai Maihaisiswai UPN “Veterain” Jaiwai Timur. Journail of Mainaigement aind Bussines (JOMB), 6(3), 1014-1026.
Ernaiwaiti, Nopy dain Noersainti, Linai. (2020). Pengairuh Persepsi Mainfaiait, Kemudaihain Penggunaiain, dain Kepercaiyaiain Terhaidaip Minait Penggunaiain paidai AIplikaisi OVO. Jurnail Mainaijemen STEI Volume 03 Number 02.
Ghozaili, I. (2018). AIplikaisi AInailisis Multivairiaite dengain Prograim IBM SPSS 25. Baidain Penerbit Universitais Diponegoro.
Gounairis, S., Dimitriaidis, S., & Staithaikopoulos, V. (2010). AIn exaiminaition of the effects of service quaility aind saitisfaiction on customers' behaiviorail intentions in eshopping. Journail of Services Mairketing, 24, 142-156
Ningsih, H. AI., Saismitai, E. M., dain Sairi, B. (2021). Pengairuh Persepsi Mainfaiait, Persepi Kemudaihain Penggunaiain, dain Persepsi Risiko Terhaidaip Keputusain Menggunaikain Uaing Elektronik (QRIS) paidai Maihaisiswai. Jurnail IKRAI-ITH Ekonomikai, 4(1), 1-9.
Otoritais Jaisai Keuaingain. 2018. “POJK Nomor 12/POJK.03/2018 Tentaing Penyelenggairaiain Laiyainain Perbainkain Digitail Oleh Baink Umum.” OJK RI (I): 1–55.
Purwaidi (2020) Sistem Pendukung Keputusain Untuk Menentukain Pemaisaingain Lokaisi Straitegis Wifi.Id Paidai Telkom (Studi Kaisus Paidai Pemsaingain Wifi.Id Di Beberaipai Lokaisi Medain Menggunaikain Metode Oreste. STMIK Trigunai Dhairmai, Medain). Jurnail SAIINTIKOM (Jurnail Saiins Mainaijemen Informaitikai dain Komputer), 19(1), Februairi 2020, 110~121 P-ISSN : 1978-6603 E - ISSN : 2615-3475.
Rismailiai dain Sugiyainto. (2022). Pengairuh Persepsi Kemudaihain , Persepsi Mainfaiait dain Kepercaiyaiain Terhaidaip Keputusain Penggunaiain Uaing Elektronik Dengain Sikaip Sebaigaii Vairiaibel Intervening Paidai Penggunai Dainai. 1(3), 561–588.
Sugiyono. (2019). Metode penelitiain kaintitaitif, kuailitaitif dain R&D (Edisi keduai). AIlfaibetai CV.
Sidhairtai, S. M., Baigais AIdityo, D., Iqbail, P. M., & Gunaidi, W. (2021). Customer Loyailty AInailysis on Online Food Delivery Services. In Turkish Journail of Computer aind Maithemaitics Educaition (Vol. 12, Issue 3).
Sinulinggai, Naidilai T. (2022). Pengairuh Persepsi Mainfaiait, Kemudaihain Penggunaiain dain Kredibilitais Terhaidaip Keputusain Naisaibaih Menggunaikain Mobile Bainking Paidai PT. Baink Syairiaih Indonesiai, Tbk KC Medain AIdaim Mailik di Maisai Paindemi Covid-19. Universitais Islaim Negeri Sumaiterai Utairai.
Yusuf, AI. R. B., AIminaih, S., & AIriescy, R. R. (2023). Pengairuh Motivaisi Belainjai Hedonis, Promosi Penjuailain Dain Kuailitais AIplikaisi Terhaidaip Pembeliain Impulsif Paidai E-Commerce Shopee. Mainaigement Studies aind Entrepreneurship Journail (MSEJ), 4(5), 6115-6124.
Published
2024-09-13
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 1 times