ANALISIS MODAL MANUSIA DAN MODAL INFORMASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA OPERASIONAL

Authors

  • Evan Nugraha Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Sumeidi Kadarisman Universitas Sangga Buana YPKP
  • Kosasih Kosasih Universitas Sangga Buana YPKP
  • Vip Paramarta Universitas Sangga Buana YPKP

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.12339

Keywords:

Customer Loyalty, Customer Satisfaction, Mobile Commerce Application, Service quality, Sociolla

Abstract

Dalam sebuah organisasi bahwa sumber daya manusia menempati posisi penting dalam usaha untuk mencapai tujuan organisasi yang telah direncanakan. Tujuan organisasi akan dapat dicapai melalui kinerja karyawan dalam keberhasilan mengelola kinerja operasional perusahaan. Dalam konsep kontemporer, konsep resources diubah menjadi capital, sehingga di perkenalkan istilah human capital, information capital, dan organization capital. Berangkat dari permasalahan tersebut di beberapa perusahaan khususnya perusahaan distributor alat kesehatan, maka dilakukan penelitian tentang pengaruh modal manusia (X1) dan modal informasi (X2) terhadap kinerja karyawan (Y) dan implikasinya terhadap kinerja operasional (Z). Setelah dilakukan pra survey diperoleh nilai rata-rata variable X1 terhadap variabel Y sebesar 50% dengan kriteria cukup, nilai rata-rata variable X2 sebesar 51% dengan kriteria baik, nilai rata-rata variable Y terhadap variabel Z sebesar 61% dengan kriteria baik, dan nilai rata-rata variable Z sebesar 27% dengan kriteria baik dengan dipengaruhi oleh variabel X1, X2, dan Y. Berdasarkan permasalahan yang telah dijelaskan diatas perlu ditingkatkan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa semua variabel independent baik melalui intervening berpengaruh terhadap variabel depenend.

References

Azizah, N. & Hidayat, M. R. (2022). Analisis E-Servqual Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty Pada Aplikasi BSI Mobile. Jurnal Dialektika. 7(1),63-72.https://doi.org/10.36636/dialektika.v7i1.1160
Bintari, W. P. et al. (2022). Pengaruh Usability, Information Quality, dan Service Interaction Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Tokopedia di Kabupaten Kediri). Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika. 20(1), 68-75. DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v20i1
Candiwan, & Wibisono, C. (2021). Analysis of the influence of website quality to customer’s loyalty on e-commerce. International Journal of Electronic Commerce Studies, 12(1), 83–102. https://doi.org/10.7903/IJECS.1892
Dhiyaudini, H. & Nirmalasari, L. (2021). Pengalaman Pengguna Aplikasi Gojek Atas Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen (Studi Literatur Terhadap pelanggan Gojek di Indonesia). FRIMA: Festival Riset ilmiah Manajemen & Akuntansi.
Farida, D. A., & Wardhana, A. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI APLIKASI SOCIOLLA. e-Proceeding of Management, 8 (5).
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0 untuk penelitian empiris (2nd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS). Semarang: Universitas Diponogoro Semarang.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Hult, G. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural (2nd Edition). SAGE.
Hair, J. F., Hult, G. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural (Third Edition). SAGE.
Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) BERBASIS VARIAN: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis. PT Inkubator Penulis Indonesia.
Ikhsan. (2023). 25 Marketplace Online Terbesar di Indonesia [Update 2023]. Sasana Digital. https://sasanadigital.com/pilih-marketplace-atau-toko-online-sendiri-pahami-dulu-perbedaannya/ [7 November 2023]
Jayani, D.H. (2021). Peta Persaingan E-commerce di Indonesia. Katadata.id. https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/61b945392d739/peta-persaingan-e-commerce-di-indonesia [7 November 2023]
Jeewoo, Y. A., Don, L., Michael, C., & Hyowon, H. (2023). New generation commerce: The rise of live commerce (L-commerce). Journal of Retailing and Consumer Services. (74).
Kusdibyo, L. & Februadi, A. (2019). The Effect of Electronic Service quality on Customers Satisfaction and Loyalty in Online Shopping. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering. doi:10.1088/1757-899X/662/2/022036
Latan, H., & Noonan, R. (2017). Partial Least Squares Path Modeling. Springer.
Omar, dkk. (2021). M-commerce: The Nexus Between Mobile Shopping Service quality and Loyalty. Journal of Retailing and Consumer Services.
Onsardi & Putri, U. D. (2021). Dampak Harga, Ulasan Produk, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Loyalitas Konsumen Belanja Online di Lazada. Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis. 2(2), 156-163.
Pertiwi, A.P. et al. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmu Multidisiplin. 1(2), 537-553. https://doi.org/10.38035/jim.v1i2
Rizaty, M. A. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Sentuh 212 Juta pada 2023. DataIndonesia.id. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-internet-di-indonesia-sentuh-212-juta-pada-2023 [6 November 2023].
Sadya, S. (2022). GMV E-commerce Indonesia Capai US$59 Miliar pada 2022. DataIndonesia.id. https://dataindonesia.id/ekonomi-digital/detail/gmv-ecommerce-indonesia-capai-us59-miliar-pada-2022 [7 November 2023]
Safitri, K. & Ika, A. (2023). Simak Tren Belanja "Online" di "E-commerce" Usai Pandemi Covid-19. Kompas.com. https://money.kompas.com/read/2023/07/14/060000926/-simak-tren-belanja-online-di-e-commerce-usai-pandemi-covid-19?page=all [7 November 2023]
Setyowati, D. (2020). Pengguna Internet Naik Jadi 196,7 Juta, Peluang Bagi Startup. Katadata.co.id. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5fa911794f3e6/pengguna-internet-indonesia-naik-jadi-196-7-juta-peluang-bagi-startup [6 November 2023]
Siregar, K. R. et al. (2022). Ipma Analysis of The Students' Acceptance on The Use of Celoe Learning Management System (LMS), at Telkom University. JurnalSosioteknologi, 21(1). https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2022.21.1.7
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Sociolla. (2023). About Sociolla. https://www.sociolla.com/content/4-about-us [7 November 2023]
Statista. (2023). Retail m-commerce as percentage of total retail e-commerce sales worldwide in 2022, by region. https://www.statista.com/statistics/806323/mobile-commerce-share-total-worldwide-region/ [12 Desember 2023].
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RnD. Alfabeta.
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RnD. Alfabeta.
Sulistyandari, & Ramadhan, A. M. (2021). ANALISIS INTENSI MENABUNG PADA BANK SYARIAH DENGAN IMPORTANCE-PERFORMANCE MATRIX ANALYSIS (IPMA). Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(1).
Tanaya, A. et al. (2023). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Persepsi Keamanan Terhadap Kepuasan Pengguna E-Commerce. Jurnal Riset Akuntansi Aksioma. 22(2), 214-228. DOI:10.29303/aksioma.v22i2.242
Widayanti, R. (2023). Layanan E-commerce Mendominasi Pasar Ekonomi Digital Indonesia. kompas.com. https://money.kompas.com/read/2023/05/04/121055526/layanan-e-commerce-mendominasi-pasar-ekonomi-digital-indonesia?page=all [7 November 2023]
Wisnel, et al. (2022). Analisis Pengaruh E-Service quality Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan E-Commerce. MOTIVECTION : Journal of Mechanical, Electrical and Industrial Engineering. 4(3), 209-222.
Yum, K. & Yoo, B. (2023). The Impact of Service quality on Customer Loyalty Through Customer Satisfaction in Mobile Social Media. Sustainability. 15, 11214. https://doi.org/10.3390/
Zariman, N. F. M., Humaidi, N., & Rashid, M. H. A. (2022). Mobile Commerce Applications service quality in enhancing customer loyalty intention: mediating role of customer satisfaction. Journal of Financial Services Marketing.

Downloads

Published

2024-09-10