PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU NIKE BAGI GEN Z DI SURABAYA

  • Adji Setya Wardana UPN Veteran Jawa Timur
  • Hery Pudjoprastyono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Virginia Mandasari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Celebrity Endorser, Brand Image, and Purchase Decision

Abstract

The purpose  of this research is to examine and analyze the influence of Celebrity Endorser and Brand Image on the purchase decision of Nike shoes among Gen Z in Surabaya. The population for this study consists of individuals who have purchased Nike shoes, with a sample size of 130 respondents. Data analysis was conducted using the Partial Least Squares (PLS) method. The results of the data analysis and previous discussions regarding the impact of Celebrity Endorser and Brand Image on the purchase decision of Nike shoes among Gen Z in Surabaya are as follows: Celebrity Endorser has a positive contribution to the purchase decision, meaning that the better the Celebrity Endorser, the better the purchase decision, and vice versa. Brand Image also contributes to the purchase decision, meaning that the better the brand image, the better the purchase decision, and vice versa.

References

Acai, S., Susiana , Dewi Ratih Alfatih, S. Manggabarani Agus, S. S., Ratnasari, K., Jajang, B., Prisca, N. S., Dedi, M., Hari, N., T, Meldi Kesuma Mohammad, A. N. A., & Astrid, Aprica Isabella Mira, M. U. (2022). Manajemen Pemasaran Kontemporer (M. M. Eka Purnama Sari, S.E. (ed.); 1st ed.). Widina.
Adabi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Indihome Di Witel Telkom Depok. Jurnal Manajemen, 12(1), 32–39.http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN
Artha, Y., Surbakti, E. Y., & Tambunan, S. R. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Shopee. Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP) 2021, 2(1), 657–664.
Eli Achmad Mahiri. (2020). Pengaruh Brand Image dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3), 227–238. https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i3.154
Finthariasari, M. F., Ratnawili, R., & Halim, N. (2022). Purchasing Decisions: The Analysis Effect Of The Variables Life Style, Celebrity Endorser, And Brand Image. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 661–672. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.2224
Inggasari, S. M., & Hartati, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Cakrawangsa Bisnis, 3(1), 1–22.
Iriani, F., & Indriyani, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Sariayu Martha Tilaar. Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9), 1689–1699.
Laila, D., & Vicky, F. S. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK. Jurnal Ekonomi Islam, VII, 118– 134.
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek ( Brand Image ) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay ( Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar ). 1(2), 71–83.
Nilammadi, W. O. M., Atin, T., Leksonoc, B. B., Sari, A. W., SyafiqatulBestariyahe, A., & Safitri, D. N. (2021). Hubungan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Dan Tokopedia. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.35308/jbkan.v5i1.3045
Noviyan, S., Kencanawati, M. S., Anggraini, R., & Gayatri, L. A. I. (2022). Pengaruh Social Media Marketing, Celebrity Endorser, Brand Image, Electronic Word of Mouth, Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 9–25.
Nur, A., & Muhamad, E. (2021). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 308–327. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i2.644
Pramaseni, C. I. E. A. (2022). Pengaruh Brand Awareness, Brand Ambassador, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Kewirausahaan Dan Inovasi, 2(4), 956–967. https://jki.ub.ac.id/index.php/jki/article/view/5
Pratama, R. A., Mulyaningsih, H. D., & Rohandi, M. M. A. (2022). Pengaruh Strategi Harga, Kualitas Produk, Promosi, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada …. 02(02), 1300–1307.
Putri, C. N. (2022). Ini Tren Fashion di 2022 yang Dipengaruhi oleh Perkembangan Teknologi. Kompas.Com. https://www.kompas.com/parapuan/read/533146918/ini-tren-fashion-di2022-yang-dipengaruhi-oleh-perkembangan-teknologi
Ramadhani, I., & Nadya, P. S. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Fesyen Muslim Hijup. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1177.
Religia, Y., Sriyanto, A., & Hidayat, R. S. (2022). Pengaruh Brand Image, Electronic Word of Mouth Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Daypack Eiger Di Kota Bekasi. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 11(1), 77. https://doi.org/10.36080/jem.v11i1.1745
Rosita, D. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa. 04(September), 494–505.
Safitri, A. N., & Basiya, R. (2022). Pengaruh Brand Image, Lifestyle, dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian di Toko 3 Second. YUME: Journal of Management, 5(2), 450–458. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.3463
Sari, D. P. (2020). PENGARUH BRAND IMAGE DAN LIFE STYLE TERHADAP PURCHASE INTENTION STUDI KASUS PADA PT . YAMAHA ALFA SCORPII BOTANIA BATAM. 3, 86–93.
Srihadi, R. H., & Pradana, M. (2021). PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BODY MIST THE BODY SHOP BANDUNG THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE ON PURCHASING DECISIONS IN BODY. 8(4), 3406–3412.
Tiara, M. A., Eny, S., & Budi, U. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK HANDBODY SCARLETT (STUDI KASUS PADA PENGGUNA HANDBODY SCARLETT DI WILAYAH MOJOKERTO ) Oleh. 1(11), 2901–2916.
Toha, M. (2020). Eksistensi Manajemen Pemasaran dalam Membangun Citra Lembaga Pendidikan. 10.
Zahroh, A., & Dwijayanti, R. (2020). PENGARUH BRAND IMAGE DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOPI JANJI JIWA DI ROYAL PLAZA SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 26(2), 173–180. http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf
Sari, A. W., Djan, I., Wartaka, M., & Sumardjono, S. (2023). Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Marketplace. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(3), 481. https://doi.org/10.32493/jee.v5i3.29299 Sari, A. W., Djan, I., Wartaka, M., & Sumardjono, S. (2023). Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Marketplace. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(3), 481. https://doi.org/10.32493/jee.v5i3.29299
Zahra Dhaefina, M. N. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image, Dan Testimoni Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Mie Instan Lemonilo Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Vol. 07 No. 01
Published
2024-09-12
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times