PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FLOWERRY.FORIST
Abstract
Di era digital saat ini, teknologi informasi berbasis internet berkembang pesat, dan banyak industri memanfaatkannya untuksebuah bisnis, termasuk media sosial sebagai alat promosi. Flowerry.forist menggunakan media sosial Instagram untukmemasarkan dan mengembangkan produknya, karena platform iniefektif dalam menjangkau konsumen. Namun, Flowerry.foristterdapat permasalahan dalam penjualan yaitu mengalamipenurunan penjualan produk. Berdasarkan pra-survei di awal, keputusan pembelian tersebut dipengaruhi oleh promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meneliti reaksipelanggan terhadap promo-promo yang diberikan oleh FlowerryForist. Dengan tipe penelitian deskriptif, penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakanpendekatan purposive sampling, metode non-probability sampling, total sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Pendekatan analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan analisis deskriptif. Hasil penelitian deskriptifmenunjukan bahwa pengaruh promosi terhadap keputusanpembelian produk Flowerry.forist termasuk dalam katagori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi yang dilakukanoleh Flowerry.Forist secara keseluruhan termasuk dalam kategori"baik" dengan persentase sebesar 79,58%. Namun, di antaraindikator-indikator pernyataan mengenai variabel promosi (X), indikator promosi penjualan memiliki rata-rata skor terendahdengan persentase 75,9%, yaitu pada pernyataan "Flowerry.Foristselalu memberikan potongan harga" dan "Flowerry.Forist selalumenyediakan promo yang menarik. Dengan persentasekeseluruhan sebesar 83,66%, pembelian yang dilakukanpelanggan terhadap Flowerry.Forist termasuk dalam kategori"baik". Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasivariabel promosi dengan keputusan pembelian diperoleh hasilsebesar 46,4% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak termasuk pada penelitian ini.
References
Amstrong, G., & Kotler, P. (2017). Principles of Marketing. Pearson Education.
Amstrong, G., & Kotler, P. (2020). Principles of Marketing (M. O. Opresnik (ed.); 18e ed.). ESPN The Magazine.
Amstrong, G., & Kotler, P. (2021). Principles of Marketing (18e Global Edition).
Andika, G. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Anaqi. Coffee Subang Pada Saat Pandemi Covid-19. EProceedings of Management, 8(5).
Arafah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk (Bincar Nasution, Ed.). PT Inovasi Pratama Internasional.
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada.
Aziz, F., & Sinaga, E. A. (2023). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND AMBASSADOR SEHUN TERHADAP MINAT BELI PADA PRODUK WHITELAB. eProceedings of Management.
Hurriyati, R. (2018). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.
Kotler, P. (2022). Marketing Management. Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Edition New Jersey). Pearson Prentice HallIac.
Kartawinata, B. R., & Haditia, F. D. (2022). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN HOY JAKARTA (STUDI KONSUMEN HOY JAKARTA). eProceedings of Management.
Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis Dan Bauran Pemasaran Pada PT. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi, 1(1).
Nasution, A., Putri, L., & Lesmana, M. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi,Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199.
Santoso, Z. N. (2016). Pengaruh Promosi dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Le Fluffy Dessert. Universitas Ciputra.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode riset kuantitatif teori dan aplikasi pada penelitian bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Kencana.
Copyright (c) 2024 Nuslih Jamiat, Nia Fitria Nurhalisa, Fauzan Aziz, Budi Rustandi Kartawinata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.