PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGI DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI TK CGC SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.12390Keywords:
Guru PAUD, kompetensi pedagogi, supervisi akademikAbstract
Peningkatan kompetensi pedagogi guru PAUD adalah kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kompetensi pedagogi guru melalui supervisi akademik di TK CGC Surabaya menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Delapan guru terlibat dalam dua siklus penelitian yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus pertama, supervisi akademik berfokus pada pengenalan dan bimbingan awal untuk mengidentifikasi dan mengatasi kendala utama seperti kurangnya sumber daya mengajar, persiapan yang tidak memadai, dan rasa percaya diri yang rendah. Hasilnya menunjukkan peningkatan kompetensi pedagogi, terutama dalam penguasaan materi dan persiapan pengajaran, namun belum optimal. Siklus kedua difokuskan pada penguatan bimbingan sebelumnya. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi hasil belajar siswa. Guru mampu merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang lebih bermakna, serta membuat laporan penilaian yang lebih baik. Mereka juga menunjukkan peningkatan rasa percaya diri dan kemampuan mengelola kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa supervisi akademik yang terstruktur dan berkelanjutan efektif meningkatkan kompetensi pedagogi guru PAUD.
References
Brown, G. B. (2017). Menuntun Guru Mencapai Keunggulan: Supervisi Pengajaran di Sekolah Kristen (Edisi ke-2, Cetakan ke-3). Surabaya: ACSI.
Depdiknas. (2008). Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK Depdiknas.
Hartanto., Purwanto. (2019). Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Supervisi Dan Penilaian Kinerja Guru (MPPKS-PKG). Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan
Kemmis, Stephen, Robin McTaggart and Rhonda Nixon. 2014. The Action Research Planner. Singapore: Springer
Sulistyorini, ., Johan, ., & Andriesgo, J. (Eds.). (2021). Supervisi pendidikan. Bengkalis: Dotplus Publisher.
Jurnal
Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 49–59. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p49-59
Eka Rista Harimurti. (2019). Supervisi Akademik Dalam Upaya Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Buah Hati , 6(2), 78-85. https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i2.580
Herlina, H. (2022). Kompetensi Pedagogi Guru dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Journal of Educational Research, 1(1), 123–136. https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.25
Sulasmono, Bambang Suteng. 2016. Pengembangan Model Supervisi Akademik TekniAAentoring Bagi Pembinaan Kompetensi Pedagogi Guru Kelas. Magister Manajemen Pendidikan FKIP Universitas Kristen Satya Wacana: Vol 3 No 1. Diakses pada 20 April 2021, dari https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/download/584/390/
Zulfah, H. (2023). Peningkatan Kompetensi Pedagogi Guru melalui Kegiatan Supervisi Akademik. YASIN, 3(2), 275-284. https://doi.org/10.58578/yasin.v3i2.1015
Hanny, R., Carolin, A., & Sri, M. (2020). Kompetensi Pedagogi dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 15(2), 123-135.
Sum, S., & Taran, P. (2020). Peran Guru PAUD dalam Perkembangan Otak Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(1), 45-58.
Destiana, Y., Bonita, R., & Utami, A. (2017). Hubungan Kompetensi Pedagogi Guru dengan Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 12(3), 87-98.
Hs, S. (2019). Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 230–237. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.21164
Peraturan Pemerintah
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia (2009). Peraturan Menteri PendidikanNasional nomor 63 tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Diambil dari https://jdih.kemdikbud.go.id

