PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI

  • Mutmainah Mutmainah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Fauji Sanusi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Emma Suryani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: The value of the company, Investment Opportunity Set, Growth opportunity, Corporate Social Responsibility

Abstract

Dengan menggunakan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan, dengan fokus pada investment opportunity set dan growth opportunity pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2016 hingga 2021. Sampel penelitian terdiri dari 21 perusahaan yang terpilih menggunakan purposive sampling. Alat analisis data yang digunakan adalah IBM SPSS 27 dengan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Moderated Regression Analysis (MRA). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa investment opportunity set berpengaruh negatif dan signifikan dan growth opportunity berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Selain itu, hasil uji Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa variabel corporate social responsibility dapat memoderasi hubungan antara investment opportunity set terhadap nilai perusahaan namun tidak dapat memoderasi hubungan antara growth opportunity terhadap nilai perusahaan. Bagi perusahaan yang menerapkan aktivitas corporate social responsibility untuk dapat meningkatkan nilai perusahaan sebaiknya menggabungkan investment opportunity set dengan nilai rendah maka unsur tersebut mampu menciptakan peningkatan terhadap nilai perusahaan.

References

Agustin, N. D., & Suryani, A. W. (2022). Dampak Siklus Konversi Kas dan Peluang Pertumbuhan Terhadap Profitabilitas. Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 29–44. https://doi.org/10.35590/jeb.v9i1.3936
Alamsyah, M. F., & Malanua, W. (2021). Pengaruh Investment Opportunity Set, Corporate Social Responsibility, Dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(2), 154–172. https://doi.org/10.12928/fokus.v11i2.4228
Ananda, A., Nova, P, N. A., & Nyoman, I. (2016). Pengaruh Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Struktur Modal (pada Perusahaan Sektor Property, Real Estate & Building Construction yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014). Distribusi - Journal of Management and Business, 4(2), 15–28. https://doi.org/10.29303/jdm.v4i2.11
Ananda, N. A. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Property, Real Estate & Building Construction. Jmm Unram - Master of Management Journal, 5(4), 1–18. https://doi.org/10.29303/jmm.v5i4.3
Anggraini, R., & Nyale, M. H. Y. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(1), 130–137. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i1.2051
Apriyanti, N., Bachtiar, Y., & Dahlia. (2018). Pengaruh Corporate Governance, Growth Opportunity dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.21093/at.v1i2.528
Bintara, R. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Profita: Komunikasi Ilmiah Akuntansi Dan Perpajakan, 11(2), 306–328.
Burhanuddin, & Yusuf, D. (2019). Pengaruh Struktur Modal dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Sinar Manajemen, 6(1), 1–11.
Deli, N. I. P. E., & Kurnia. (2017). Pengaruh Struktur Modal , Profitabilitas , Growth Opportunity Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(7), 1–20.
Dewi, K. R. C., & Sanica, I. G. (2017). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 2(1), 1–26.
Dewi, N. M. L., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Pada Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 28(1), 26–54. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/44407
Dharmawan, B., & Riza, F. (2019). Pengaruh Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Mediasi Kebijakan Dividen. Business Management Journal, 15(1), 1–61. https://doi.org/10.30813/bmj.v15i1.1564
Erfiana, D., & Ardiansari, A. (2016). Pengaruh Masalah Keagenan, Kebijakan Deviden, dan Variabel Moderasi Growth Opportunity terhadap Nilai Perusahaan. Management Analysis Journal, 5(3), 244–256.
Handayani, N. B. L. A. (2022). Pengaruh Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial dan Komite Audit Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kualitas Audit Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Akuntansi Politala, 5(2), 111– 129.
Husna, N. (2016). Analisis Firm Size, Growth Opportunity Dan Total Asset Turn Over Terhadap Return On Asset Kasus Pada Perusahaan Food Beverages. E- Junal Apresiasi Ekonomi, 4(1), 65–70. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf
Karina, D. R. M., & Setiadi, I. (2020). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan GCG Sebagai Pemoderasi. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 6(1), 37–49. https://doi.org/10.26486/jramb.v6i1.1054
Kebon, S. M. A. M., & Suryanawa, I. K. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Investment Opportunity Set Pada Nilai Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi, 20(2), 1534–1563.
Khoeriyah, A. (2020). Pengaruh Size, Leverage, Sales Growth dan IOS Terhadap Nilai Perusahaan. Profita: Komunikasi Ilmiah Akuntansi Dan Perpajakan, 13(1), 96–111. http://dx.doi.org/10.22441/profita. 2020.v13i1.005
Kusna, I., & Setijani, E. (2018). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan, Growth Opportunity Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Dan Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 93–102. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i1.2155
Mariva, A. K., Harahap, Z., Simbolon, R., & Elviani, S. (2022). Pengaruh Investment Opportunity Set (IOS) dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Property dan Real Estate di BEI. Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma, 9(1), 53–61. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/JRAM
Oktavianna, R. (2021). Pengaruh Agresivitas Pajak Dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Moderasi. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 14(2), 241–250. https://doi.org/10.35143/jakb.v14i2.5022
Saputra, H. G., & Fachrurrozie. (2015). Determinan Nilai Perusahaan Sektor Property, Real Estate & Building Construction di BEI. Accounting Analysis Journal, 4(2), 1–9. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/aaj
Saragih, F., & Musdholifa. (2017). Pengaruh Growth Opportunity, Firm Size, Dan Liquidity Terhadap Keputusan Hedging Pada Perusahaan Perbankan Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 5(2), 1–10.
Sari, P. Y., & Priantinah, D. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19364
Sriwahyuni, U., & Wihandaru. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Institusional, Dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, 7(1), 84–109.
Suryandari, N. N. A., & Mongan, F. F. A. (2020). Nilai Perusahaan Ditinjau Dari Tanggung Jawab Sosial, Tata Kelola, Dan Kesempatan Investasi Perusahaan. Accounting Profession Journal, 2(2), 94–103. https://doi.org/10.35593/apaji.v2i2.17
Triani, N., & Tarmidi, D. (2019). Firm Value: Impact of Investment Decisions, Funding Decisions and Dividend Policies. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences, 9(2), 158–163. https://doi.org/10.6007/IJARAFMS/v9-i2/6107
Ukhtiana, A., & Widyawati, D. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 7(3), 1–17.
Wahasusmiah, R., & Arshinta, F. A. B. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Investment Opportunity Set, dan Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan LQ45. Journal Management, Business, and Accounting, 21(1), 1–17. https://doi.org/10.33557/mbia.v21i1.1681
Wulandari, E. A., & Setiawan, M. A. (2019). Pengaruh Growth Opportunity, Net Working Capital, Cash Conversion Cycle Dan Dividend Payout Terhadap Cash Holding. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1259–1274. https://doi.org/10.24036/jea.v1i3.141
Published
2024-09-15
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times