SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW: OPTIMALISASI BUMDES MELALUI PENERAPAN EKONOMI KREATIF DENGAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI UPAYA MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT

Authors

  • Wahyu Wahyudin Fakultas Ekonomi, Universitas Galuh, Ciamis
  • Wiwin Setianingsih Fakultas Ekonomi, Universitas Galuh, Ciamis
  • Dodi Satriadi Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.12425

Keywords:

BUMDes, Pemasaran Digital, Ekonomi Kreatif, Ekonomi Kemasyarakatan, Kajian Pustaka Sistematis

Abstract

Pemerintah Desa melalui berbagai strategi telah melaksanakan program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa. Kehadiran program BUMDes tidak hanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi warga tetapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Salah satu program pemerintah yang ditujukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat adalah kolaborasi antara BUMDes, ekonomi kreatif, dan pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan BUMDes dengan menerapkan ekonomi kreatif sebagai wadah pembinaan kreativitas masyarakat yang dapat membantu memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat, dan pemasaran digital sebagai alat pemasaran produk ekonomi kreatif. Penelitian ini menggunakan metodologi Systematic Literature Review, dengan mengikuti proses metodologi yang terdiri dari empat tahap yaitu identifikasi, penyaringan, kelayakan, dan pemilihan. Hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk artikel yang menampilkan 10 judul terkait BUMDes dan ekonomi kreatif, serta 24 judul terkait BUMDes dan pemasaran digital. Secara keseluruhan, BUMDes telah menerapkan ekonomi kreatif sebagai wadah kreativitas, membantu memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat, dan pemasaran digital sebagai alat pemasaran produk-produk kreatif. BUMDes telah mengembangkan strategi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui pengelolaan badan usaha, pemanfaatan aset, peningkatan investasi dan produktivitas, penyediaan layanan, dan/atau penawaran berbagai jenis usaha. Penelitian ini mendukung Kebijakan Pembangunan Ekonomi Pemerintah Indonesia yang berfungsi sebagai strategi untuk mewujudkan kebijakan pembangunan ekonomi Indonesia.

References

Alimuddin, H., Abdullah, A., & Razak, F. (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jurnal IPMAS, 3(3), 174–182.
Aprillia, A. R., Cahyono, D., & Nastiti, A. S. (2021). Systematic Literature Review (SLR): Keberhasilan dan Kegagalan Kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Jurnal Akuntansi Terapan Dan Bisnis, 1(1), 35–44.
Dewi, N. K., & Widyastuti, T. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pemasaran Digital dan Pengelolaan Keuangan Bagi Pelaku UMKM di BUMDes Desa cikolelet, Kab. Serang –Banten. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 151–158.
Elsi, S. D., & Bafadhal, F. (2019). Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Melalui Bumdes Di Desa Tanjung Lanjut Sekernan Muaro Jambi. Rambideun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 33–37. https://repository.unja.ac.id/18543/
Fauzi, I., Ariani, D., & Rachmawati, M. (2022). Membangun Kompetensi Sdm, Konten Produk Dan Laporan Keuangan Pada Bumdes Maju Rahayu Kabupaten Semarang. Jurnal Bakti Humaniora, 2(2), 1–7.
Febriandani, M. S., & Utomo, D. C. (2022). Systematic Literature Review: Penyebab Kecurangan. Diponegoro Journal of Accounting, 11(4). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/36362
Fitriani, L. K., Wachjuni, W., Kuntara, T. M., & ... (2022). PENDAMPINGAN PENGELOLAAN, LEGALITAS DAN DIGITAL MARKETING BUMDes DAN UKM DESA BINAAN MANISLOR, KEC. JALAKSANA KAB. KUNINGAN. … Journal of Community ….
Fitriani, L. K., Wachjuni, W., Kuntara, T. M., Lesmana, I., & Layla, A. (2022). PENDAMPINGAN PENGELOLAAN, LEGALITAS DAN DIGITAL MARKETING BUMDes DAN UKM DESA BINAAN MANISLOR, KEC. JALAKSANA KAB. KUNINGAN. Indonesian Collaboration Journal of Community Services (ICJCS), 2(1), 30–36. https://doi.org/10.53067/icjcs.v2i1.53
Fitrianingsih, A., Hasanudin, C., Rahmawati, O. I., Khoirotunnisa, A. U., & Sinaga, S. J. (2023). Pendampingan Kewirausahaan melalui Digital Marketing bagi Pengelola BUMDes Ngorogunung. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, Dan Diseminasi, 1(1), 443–447. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNHPP/article/view/1549
Gadzali, S. S., Trihatmojo, R., Octavia, D. I., & Fitaloka, V. (n.d.). Community Economic Empowerment Through Human Resources Development in Digital Marketing Implementation BUMDES and MSMEs in Sindanglaya.
Gunawan, A. (2019). The book of digital marketing. Celebes Media Perkasa.
Hamzah, H., Yusuf, M., & Said, M. (2022). OPTIMALISASI PELAYANAN APARATUR SIPIL NEGARA PASCA GEMPA BUMI: STUDI KASUS: PADA SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI SULAWESI BARAT. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 4(2), 91–98. https://journal.unibos.ac.id/paradigma/article/view/1489
Harya, G. I., Fadil, C., & Kusumastuti, E. (2023). Penguatan Skill Berwirausaha UMKM dengan Implementasi Strategi Pemasaran Digital Melalui Social Media di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(9).
Hayati, K. (2021). Pengembangan Ekonomi Kreatif Melalui Sinergisitas Dengan Bumdes Dan Desa Pintar (Smart Village). Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JBM), 170–182. https://doi.org/10.23960/jbm.v17i3.417
Herman, B., Haslindah, H., Anwar, M. A., Mursalat, A., & Mutmainnah, M. (2023). PEMBERDAYAAN BUMDES MELALUI EDUKASI DIGITAL MARKETING DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 5333–5343. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17584
Hibatullah, A., & Shodiqin, A. (2021). BUMDes dan Dampaknya Terhadap Ekonomi Masyarakat. Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 6(4).
Hidayat, M. N., Febrianto, A. F., Mundir, A., Akil, A. I., Nisa, C., Amelia, L., Yanuar, R. A., & Nabila, U. (2023). PKM Pengembangan Desa Ekonomi Digital melalui Pendampingan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam Sertifikasi, Komersialisasi, dan Digitalisasi Produk Lokal Desa Clarak Kabupaten Probolinggo. GUYUB: Journal of Community Engagement, 4(3), 264–285. https://doi.org/10.33650/guyub.v4i3.6850
Jenderal, T. S. K. K. D., & Riset, P. (2021). Keberadaan Bumdes Sebagai Institusionalisasi Struktur Ekonomi Desa (Studi di Desa Grenden, Pfluger Kabupaten Jember). Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 18(1), 50–61.
Kader, M. A., & Setianingsih, W. (2018). Penerapan Digital Marketing Melalui Fans Page Untuk Mentarget Pasar Sasaran Pada Usaha Mikro Di Desa Cicapar. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 5(1), 265–272.
Karyaningtyas, S. (2018). Pengembangan badan usaha milik desa berbasis potensi desa dan ekonomi kreatif. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 1(1). https://doi.org/10.37849/mipi.v1i1.97
Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63–80. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2763
Lelita, N. (2022). PEMASARAN DIGITAL PRODUK EMPING MELINJO PADA PELAKU BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES). Marlborough: Journal of Community Service, 1(1), 7–12. https://journal.pdmbengkulu.org/index.php/Marlborough/article/view/494
Lestari, A. A. (2023). OPTIMALISASI PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING PRODUK BUMDES LOLO GEDANG KECAMATAN BUKIT KERMAN KABUPATEN KERINCI. JURNAL ABDIMAS SAKTI (JAS), 5(2), 44–49.
Muhdiyanto, M., Ningrum, I. N. K., Zahra, N. A., Damayanti, A. P., Manfaaturohmansyah, F. N., & Alfarizy, R. I. (2022). Peningkatan Potensi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sebagai Wujud Ekonomi Kreatif Desa Trasan. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6), 327–331. https://www.edumediasolution.com/society/article/view/153
Naim, A., & Al Ghamdi, K. (2023). Understanding digital marketing: An exemplary approach. In Global Applications of the Internet of Things in Digital Marketing (pp. 94–122). IGI Global.
Neno, M. S., Goetha, S., & Makandolu, S. M. (2023). Pemberdayaan BUMDes Nekaf Mese Melalui Optimalisasi Fungsi Sosial BUMDes. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3158–3165.
Nuryanti, I. (2019). Strategi pengembangan badan usaha milik desa (bumdes) kasus di bumdes mitra sejahtera desa cibunut kecamatan argapura kabupaten majalengka. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(2), 348–359.
Padil, M., Miftahusyai’an, M., & Mulyoto, G. P. (2021). Pendampingan pemasaran digital hasil usaha badan usaha milik desa “Selo Angon Makmur” dalam pemberdayaan masyarakat terdampak pandemi covid-19. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 250–267. http://engagement.fkdp.or.id/index.php/engagement/article/view/511
Pambudi, B. S., & Suyono, S. (2019). Digital Marketing As An Integrated Marketing Communication Strategy In Badan Usaha Milik Desa (BUMdesa) In East Java. Competence: Journal of Management Studies, 13(2), 121–151.
Pramiana, O., & Gilang, M. R. (2022). Pendampingan Digital Marketing Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Puri Makmur Guna Optimalisasi Pemasaran. COMVICE: Journal Of Community Service, 6(1), 5–12. https://doi.org/10.26533/comvice.v6i1.858
Prasetyo, D. W., Purwanto, N., & Zairobi, F. (2021). Pendampingan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Pengelola Badan Usaha Milik Desa Bung Hatta. Prosiding Snebdewa, 1(1).
Probosari, N., Murdianingrum, S. L., & Ardhanariswari, K. A. (2023). DIGITAL TRANSFORMATION BAGI PELAKU EKONOMI KREATIF BINAAN BUMDES BUGISAN, PRAMBANAN, KLATEN, JAWA TENGAH. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 8(1). http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/prosidingLPPM/article/view/11144
Putra, D., Irawati, A., Swissia, P., Yusndera, M. A. E., & Sudibyo, N. H. (2022). Peningkatan Ekonomi Kreatif dalam Pemanfaatan BUMDes Melalui Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana di Desa Cinta Mulya Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 175–181. https://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks/article/view/1995
RATNAWATI, S., & PRAJITNO, N. T. (2021). Pengelolaan Desa Wisata Bumdes Berbasis Ekonomi Kreatifdan Kearifan Lokal Di Desa Karangrejo Kecamatan Purwosari Pasuruan. Jurnal Abdi Bhayangkara, 3(02), 1005–1012. http://ejournal.lppm.ubhara.id/index.php/jurnal_abdi/article/view/175
Rohim, A., & Salsabila, N. (2022). Optimalisasi Digital Marketing Guna Sinergitas Bumdes Dan Pelaku UMKM. SNEB: Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis Dewantara, 4(1), 127–132.
Rohim, A., Subagyo, J. M., & Kurniawan, R. A. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Produk Batik Menco Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bhakti Mulur Sumbergondang. Prosiding Snebdewa, 1(1).
Rukmana, N. S., Aina, A. N., Johansyah, O. N. P., Manda, D., & Halim, D. (2023). Penguatan Kelembagaan BUMDes: Upaya Meningkatkan Potensi Ekonomi Kreatif di Pulau Lakkang. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 47–53. http://journal.intelekmadani.org/index.php/globalabdimas/article/view/461
Sakir, S., Ishak, A., & Setianingrum, R. B. (2023). Optimalisasi Pemasaran Produk BUMDesa Melalui Pendampingan Pembuatan Platform Digital belanjadesa. id. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i1.1834
Saputra, R. (2017). Peranan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sebagai Implementasi Ekonomi Kreatif Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Desa Jalancagak Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 15–31. https://doi.org/10.33701/jt.v9i1.607
Syafi’ie, I., Hamzah, M. A., Rizal, S., Ahmad, K., Wadud, A., Wesilah, S., Abdillah, F. R., Faisol, M., Fawaid, A., & Firdaus, A. N. F. (2023). PENDAMPINGAN PEMBUATAN DIGITAL BRANDING DAN DIGITAL MARKETING UMKM BUMDES DESA BRANTA PESISIR. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat (SENIAS), 7(1), 48–54.
Syam, M. A., Djaddang, S., Salim, F., & Rachbini, W. (2021). Kick Off Peningkatan Potensi Ekonomi Kreatif Masyarakat Melalui Koperasi, Bumdes dan UKM Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Soppeng. CAPACITAREA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 1–11. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2021.001.01.1
Talalu, T. R., Putri, C. F. I. L. D., & Mokodompit, I. V. (2021). Digital Marketing: Metode Utama Komunikasi Pemasaran Atraksi Wisata Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). ETTISAL: Journal of Communication, 6(2), 215–224.
Wafda, A., & Anggraini, R. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kabupaten Soppeng. Jurnal IPMAS, 2(3), 117–125.
Yuliana, Y., Siahaan, S. V., & Kontesta, R. P. (2023). Pelatihan Digital Marketing Pada Bumdes Guna Peningkatan Usaha Bisnis Kreatif Berbasis Digitalisasi. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 6(1), 135–140. https://jurnal.stmikroyal.ac.id/index.php/jurdimas/article/view/1964

Downloads

Published

2024-10-04