PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA PT SUNOVA SOLAR DI PAPUA
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.12438Keywords:
Price and Promotion Perceptions, Consumer Satisfaction, Consumer Trust, PT Sunova Solar Papua.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga dan promosi terhadap kepuasan konsumen dengan mempertimbangkan peran kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi harga tidak memiliki pengaruh langsung terhadap kepuasan konsumen dan kepercayaan konsumen, yang menunjukkan bahwa konsumen memiliki preferensi yang berbeda terkait harga dan kualitas produk. Sementara itu, promosi memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, di mana promosi yang efektif dapat meningkatkan kesadaran dan kepuasan konsumen terhadap produk atau merek tertentu. Namun, promosi tidak memiliki pengaruh langsung terhadap kepercayaan konsumen, meskipun promosi yang dilakukan dengan transparansi dan kejujuran dapat memperkuat kepercayaan terhadap merek. Lebih lanjut, penelitian ini menemukan bahwa kepercayaan konsumen memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dalam analisis mediasi, kepercayaan konsumen tidak memediasi pengaruh persepsi harga dan promosi terhadap kepuasan konsumen. Temuan ini menyoroti pentingnya strategi promosi yang tepat dan membangun kepercayaan konsumen untuk meningkatkan kepuasan konsumen.
References
Adriansyah, D., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Go-Food Di Kota Bandung. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 3(3), 123-128.
Andrianto. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Promosi terhadap keputusan pembelian Mobil jenis MPV merek Toyots Kijang Innova di Semarang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponogoro. Hal. 11-13
Anggraini, N., Barkah, Q., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Produk Rabbani di Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(1), 26-40.
Alma, Buchari dan Ratih Hurriyati. 2008. Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus pada Mutu dan Layanan Prima. Bandung: Alfabeta.
B. Alexander, D. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra
Haikal, Rasif and , Roehman Hadi Mustofa, (2023) Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk & Brand Image terhadap Minat Pembelian Produk di Metro Kampus UMS pada Konsumen Mahasiswa UMS. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Hair, J. F. (1998). Multivariate Data Analysis. India: Prentice Hall.
Harris, L. C., & Goode, M. M. H. (2004). The Four Levels of Loyalty and The Pivotal Role of Trust: A Study of Online Service Dynamics. Journal of Retailing. https://doi.org/10.1016/j.jretai.2004.04.002
Hariyanto, Agus. (2021). Jurnal manajemen dan bisnis (jilid 3 No. 1). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
Irvanto, O., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105-126.
Istrahyuda, Awang Surya. (2020). Analisis Faktor Marketing Mix 7p Terhadap Kepuasan Konsumen Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) “AIRMU” (Studi Kasus Di PT. Cahaya Bumi Intanpari Karanganyar). Naskah Publikasi. Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kusdyah, I. (2012). Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), 25-32.
Konstruksi Kepuasan Untuk Loyalitas Pelanggan: Konsep, Skala, dan Aplikasi. (2023): CV. Intelektual Manifes Media.
Kotler, Philip, 1997, Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol, Jilid Kedua PT. Prehalindo, Jakarta. Kotler, Philip. 2005.
Lestari, D. A., & Nurhadi, N. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Merek Produk Kosmetik Wardah di Surabaya Selatan. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 7(2).
Lumbanraja, P. C., & Lumbanraja, P. L. (2023). Analisis Variabel Ekonomi Hijau (Green Economy Variable) Terhadap Pendapatan Indonesia (Tahun 2011-2020) dengan Metode SEM-PLS. Cendekia Niaga, 7(1), 61-73.
Manajemen Pemasaran. PT. Indeks, Jakarta. Kotler, Philip. 2009, Manajemen Pemasaran, edisi Milinium, Jilid 1, PT. Prehallindo, Jakarta. Kotler, Philip. 2015.
McGruer, D. (2020). Dynamic Digital Marketing: Master the World of Online and Social Media Marketing to Grow Your Business. United Kingdom: Wiley.
Mutiara, S., Hamid, R. S., & Suardi, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Persepsi Harga dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(1), 411-427.
Nasution, Siti Lam’ah, Christine Herawati Limbong dan Denny Ammari Ramadhan Nasution. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Jurnal Ecobisma Vol 7 No 1 Tahun 2020: 43-53.
Prayogi, Bagas Setyo., Seno Sumowo, dan Nursaidah (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Promosi Dan Pemasaran Digital Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sepatu Specs (Studi Kasus di Toko Andra Sports Ambulu). Jurnal Bisnis Net Volume : IV No. 2 Juli – Desember 2021: 50-65.
Putri, R. S., & Safri, I. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan Dalam Eningkatkan Penjualan Mobil Mitsubishi Pada Pt. Pekan Perkasa Berlian Motor Pekanbaru. VALUTA, 1(2), 298-321.
Sondak, C., Tumbel, A. L., & Lintong, D. C. A. (2022). analisis pengaruh promosi penjualan dan harga terhadap kepuasan pelanggan di pt. Indogrosir manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 754-764.
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2021). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunarto. Manajemen Pemasaran 2 Seri Prinsip-prinsip Pemasaran. (Yogyakarta : UST PRESS YOGYAKARTA, 2006), hal. 97-104
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Bandung: Penerbit Andi.
Wijaya, F., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Word Of Mouth (Studi Kasus Pada The Jungle Waterpark Bogor). Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan.

