ANALISIS KINERJA SUMBERDAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

Authors

  • Moh. Siha Saleh Universitas Tadulako
  • Risnawati Risnawati Universitas Tadulako
  • Yobert Kornelius Universitas Tadulako
  • Harnida Wahyuni Adda Universitas Tadulako
  • Harnida Wahyuni Adda Universitas Tadulako
  • Pricylia Chintya Dewi Buntuang Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.12445

Keywords:

Public Service, Performance, Human Resources, Simple Linear Regression , Palu City

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja sumber daya manusia (SDM) dalam pelayanan publik di tiga kantor desa, yaitu Desa Lolu Utara, Desa Duyu, dan Desa Petobo. Kelurahan ketiga tersebut dipilih karena memiliki karakteristik yang unik dan mewakili tantangan yang dihadapi oleh banyak kelurahan di Indonesia. Desa ketiga tersebut terletak di wilayah perkotaan dengan kepadatan penduduk yang tinggi, heterogenitas sosial yang kompleks, dan menghadapi tuntutan masyarakat yang semakin tinggi untuk mendapatkan pelayanan publik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja sumber daya manusia terhadap kualitas pelayanan publik di kelurahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode observasi, dokumentasi dan studi literatur. Penelitian ini dilakukan di Kota Palu, Sulawesi Tengah dengan responden sebanyak 46 orang staf pelaksana kelurahan yang tidak menduduki jabatan struktural. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang berisi pernyataan-pernyataan yang berkaitan dengan variabel kinerja SDM dan pelayanan publik, penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dimana mengukur kinerja sumber daya manusia terhadap pelayanan publik dan analisis perangkat lunak yang digunakan adalah SPSS untuk membantu menganalisis data, Kinerja SDM ( X) berpengaruh terhadap Pelayanan Publik (Y) sebesar 47,8%. Sedangkan sisanya sebesar 52,2%. Penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa kinerja SDM berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik.

References

Adda, H. W., Natsir, S., & Rossanty, N. P. E. (2019). Employee Perceptions Towards Organizational Change And Leadership In The Banking Industry. Banks And Bank Systems, 14(3), 113–120. Https://Doi.Org/10.21511/Bbs.14(3).2019.10
Ambia. (2018). 339-662-1-Sm. Pengaruh Efektivitas Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Sidorame Barat I Kecamatan Medan Perjuangan, 1, 214–262.
Daswati, Buntuang, P. C. D., Hattab, S., & Kornelius, Y. (2021). Effect Of Servant Leadership On The Performance Of A Regional General Hospital. Problems And Perspectives In Management, 19(2), 507–518. Https://Doi.Org/10.21511/Ppm.19(2).2021.40
Ferdinand, A. T., & Wahyuningsih, W. (2018). Salespeople’s Innovativeness: A Driver Of Sales Performance. Management And Marketing, 13(2), 966–984. Https://Doi.Org/10.2478/Mmcks-2018-0016
Furqan, A. C., Karim, F., Yuniar, L. S., Gunarsa, A., & Erwinsyah. (2023). The Effects Of Information And Communication Technology On Village Development Performance. International Journal Of Data And Network Science, 7(4), 1941–1948. Https://Doi.Org/10.5267/J.Ijdns.2023.6.018
Furqan, A. C., Wardhani, R., Martani, D., & Setyaningrum, D. (2020). The Effect Of Audit Findings And Audit Recommendation Follow-Up On The Financial Report And Public Service Quality In Indonesia. International Journal Of Public Sector Management, 33(5), 535–559. Https://Doi.Org/10.1108/Ijpsm-06-2019-0173
Furqan, A. C., Wardhani, R., Martani, D., & Setyaningrum, D. (2021). Financial Reporting, Public Services And Local Executives’ Re-Electability In Indonesia. Cogent Business And Management, 8(1). Https://Doi.Org/10.1080/23311975.2021.1939229
Hendrasmo, I., & Muftizar, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melalui Digitalisasi (Studi Kasus Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palembang). As-Siyasah : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 11(2), 112. Https://Doi.Org/10.31602/As.V9i1.11371
Mangun, N., Rombe, E., Taqwa, E., Sutomo, M., & Hadi, S. (2021). Ahp Structure For Determining Sustainable Performance Of Indonesian Seafood Supply Chain From Stakeholders Perspective. 24(7).
Mu’affa, V., Dr. Joko Widodo, M., & Drs. Radjikan, M. S. (2024). Efektivitas Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Tenggilis Mejoyo Kota Surabaya. 7482(June), 114–135.
Murphy, K. R. (2020). Performance Evaluation Will Not Die, But It Should. Human Resource Management Journal, 30(1), 13–31. Https://Doi.Org/10.1111/1748-8583.12259
Pantih, S., Natsir, S., Idris, I., & Adda, H. W. (2021). Optimization Of Public Services Of State Civil Services In Human Resource Management Perspective In Poso Regional Public Hospital (Rsud). Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences, 4(1), 959–965. Https://Doi.Org/10.33258/Birci.V4i1.1697
Peraturan Uu No 25. (2012). Uu No 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Risnawati, & Noermijati. (2011). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadapkinerja Organisasi Koperasi : Orientasi Pasar Sebagaivariabel Interving(Studi Pada Koperasi Primer Di Kota Palu, Sulawesi Tengah). In Jurnal Aplikasi Manajemen (Vol. 9, Issue 31, Pp. 753–761).
Rombe, E., & Hadi, S. (2022). Uncertain Supply Chain Management The Impact Of Supply Chain Capability And Supply Chain Performance On Marketing Performance Of Retail Sectors. 10, 593–600. Https://Doi.Org/10.5267/J.Uscm.2021.11.005
Suparman, S., & Muzakir, M. (2023). Regional Inequality, Human Capital, Unemployment, And Economic Growth In Indonesia: Panel Regression Approach. Cogent Economics And Finance, 11(2). Https://Doi.Org/10.1080/23322039.2023.2251803
Suparyanto Dan Rosad. (2020). Lingkungan Kerja Dan Kinerja Sdm. In Suparyanto Dan Rosad (Vol. 5).
Thahir, H., Hadi, S., Zahra, F., Arif, I., & Rombe, E. (2022). Strengthening Effects Of Managerial Innovativeness In Promoting Sustainable Supply Chain Management In Tourism Business. Uncertain Supply Chain Management, 10(3), 923–932. Https://Doi.Org/10.5267/J.Uscm.2022.3.002
Wahyuni, S., Onodera, K., & Wahyuningsih. (2019). Collaboration For Innovation: An Evidence From Tokyo. South Asian Journal Of Business And Management Cases, 8(2), 182–194. Https://Doi.Org/10.1177/2277977919833772
Wahyuningsih, Nasution, H., Roostika, R., & Yeni, Y. H. (2022). An Examination Of Customer Satisfaction Toward Online Food Shopping During Covid-19 Pandemic. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(2), 231–241. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jam.2022.020.02.02
Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja (Edisi Keli). Jakarta : Rajawali Pers, 2016 © 2007, Wibowo.
Wijaya, D. W. E., & Fauji, D. A. S. (2021). Determinan Kinerja Karyawan Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Nganjuk. Journal Of Law, Administration, And Social Science, 1(2), 84–94. Https://Doi.Org/10.54957/Jolas.V1i2.103
Zahara, Z. (2015). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Industri Sarung Tenun Donggala Di Sulawesi Tengah. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(3), 371–377. Https://Jurnaljam.Ub.Ac.Id/Index.Php/Jam/Article/View/783
Zahara, Z., Rombe, E., Ngatimun, N., & Suharsono, J. (2021). The Effect Of E-Service Quality, Consumer Trust And Social Media Marketing On Intention To Use Online Transportation Services. International Journal Of Data And Network Science, 5(3), 471–478. Https://Doi.Org/10.5267/J.Ijdns.2021.4.001

Downloads

Published

2024-09-24