PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh gaya kepemimpinan transformasional yang diterapkan oleh seorang pemimpin terhadap tingkat kepuasan kerja yang dirasakan oleh karyawan. Pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi dan kuesioner yang digunakan dalam pendekatan kuantitatif penelitian ini. Data dianalisis dengan analisis regresi linier sederhana dan statistik deskriptif menggunakan SPSS dengan sampel 32 karyawan pada perusahaan McDonald’s Juanda Palu. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh Leadership (X) sebesar 23,2% terhadap Kepuasan Kerja (Y). Penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan di McDonald's Juanda Palu. Temuan ini dapat menjadi masukan bagi para pemimpin perusahaan untuk meningkatkan gaya kepemimpinan mereka dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih kondusif bagi karyawannya. Dengan menerapkan gaya kepemimpinan transformasional, pemimpin dapat memotivasi karyawan untuk bekerja lebih keras, meningkatkan kinerja, dan berkontribusi secara lebih signifikan terhadap pencapaian tujuan perusahaan. Hal ini ultimately akan berdampak pada peningkatan profitabilitas dan daya saing perusahaan di pasaran
References
Adda, H. W., Natsir, S., & Rossanty, N. P. E. (2019). Employee Perceptions Towards Organizational Change And Leadership In The Banking Industry. Banks And Bank Systems, 14(3), 113–120. Https://Doi.Org/10.21511/Bbs.14(3).2019.10
Azhar, M. E., Nurdin, D. U., & Siswadi, Y. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Humaniora : Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 4(1), 46–60. Https://Doi.Org/10.30601/Humaniora.V4i1.422
Bhastary, M. D. (2020). Pengaruh Etika Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Manegggio:Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 160–170.
Citra, L. M., & Fahmi, M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 214–225. Https://Doi.Org/10.30596/Maneggio.V2i2.3776
Daswati, Chintya Dewi Buntuang, P., Hattab, S., & Kornelius, Y. (2021). Effect Of Servant Leadership On The Performance Of A Regional General Hospital. Problems And Perspectives In Management, 19(2), 507–518. Https://Doi.Org/10.21511/Ppm.19(2).2021.40
Hasanuddin, B., M, M., & Buntuang, P. C. D. (2024). The Influence Of Servant Leadership On Job Satisfaction With Individual Character As A Moderating Variable. Https://Doi.Org/10.21511/Ppm.19(1).2021.37
Ningrum, P., Purnamasari, W., Maarif, U., & Latif, H. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Kerja Karyawan. 4(2), 107–115.
Pahira, S. H., & Rinaldy, R. (2023). Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia (Msdm) Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. Comserva : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(03), 810–817. Https://Doi.Org/10.59141/Comserva.V3i03.882
Paparang, N. C. P., Areros, W. A., & Tatimu, V. (2021). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pt. Post Indonesia Di Manado. 2(2).
Pasaribu, F., Bulan, T. R. N., Muzakir, & Pratama, K. (2021). Impact Of Strategic Leadership And Organizational Innovation On The Strategic Management: Mediational Role Of It Capability. Polish Journal Of Management Studies, 24(2), 354–369. Https://Doi.Org/10.17512/Pjms.2021.24.2.22
Pratama, A. Y., Suswatiningsih, T. E., & Dinarti, S. I. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Pusat Penelitian Kelapa Sawit Unit Marihat Sumatera Utara. 2(01), 22–33.
Sutomo, M., Wahyuningsih, Muslimin, Mangun, N., Rombe, E., & Fattah, V. (2017). Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 32–43. Https://Doi.Org/10.31289/Jkbm.V10i2.11850
Syahril, S. (N.D.). Teori -Teori Kepemimpinan.
Wahyuni, S., Onodera, K., & Wahyuningsih. (2019). Collaboration For Innovation: An Evidence From Tokyo. South Asian Journal Of Business And Management Cases, 8(2), 182–194. Https://Doi.Org/10.1177/2277977919833772
Wahyuningsih, Nasution, H., Roostika, R., & Yeni, Y. H. (2022). An Examination Of Customer Satisfaction Toward Online Food Shopping During Covid-19 Pandemic. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(2), 231–241. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jam.2022.020.02.02
Wahyuningsih, Nasution, H., Yeni, Y. H., & Roostika, R. (2022). A Comparative Study Of Generations X , Y , Z In Food Purchasing Behavior: The Relationships Among Customer Value , Satisfaction , And Ewom A Comparative Study Of Generations X , Y , Z In Food Purchasing Behavior: The Relationships Among Customer Value ,. Cogent Business & Management, 9(1). Https://Doi.Org/10.1080/23311975.2022.2105585
Yani Siregar, T. R., & Wardi, Y. (2023). Peran Gaya Kepemimpinan Dalam Kinerja Dan Kepuasan Kerja Generasi Milenial: A Systematic Literature Review. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 83–92. Https://Doi.Org/10.33366/Ref.V11i1.4663
Zahra, F., Ikbal, M., Din, M., Thahir, H., & Kasuma, J. (2022). International Journal Of Data And Network Science The Role Of E-Purchasing In Government Procurement Fraud Reduction Through Expanding Market Access. 6, 179–184. Https://Doi.Org/10.5267/J.Ijdns.2021.9.010
Copyright (c) 2024 Sultan Agung Pratama, Niluh Putuh Evvy Rossanty, Niluh Putuh Evvy Rossanty, Idris Idris, Nur Risky Islianty, Pricylia Chintya Dewi Buntuang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.