PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PT. SERUMPUN INDAH LESTARI

  • Jamaluddin Jamaluddin Universitas Prima Indonesia
  • Anjelina Anjelina Universitas Prima Indonesia
  • Jansen Wijaya Universitas Prima Indonesia
  • Hendra Saputra Universitas Negeri Medan
Keywords: Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Serumpun Indah Lestari adalah perusahaan yang bergerak di bidang pemasok mesin dan suku cadang untuk produk-produk mesin kelapa sawit dan sejenisnya. Dengan persaingan bisnis yang semakin ketat saat  ini,   pembelian pelanggan terhadap produk yang ditawarkan perusahaan mengalami penurunan karena banyaknya alternatif tempat pembelian serta persaingan antar strategi pemasaran perusahaan. Penurunan ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kepercayaan, kualitas pelayanan, dan promosi. Populasi penelitian yang digunakan adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian pada perusahaan selama   periode   2022, berjumlah 127 orang. Teknik penentuan sampel menggunakan metode sampel jenuh, di mana seluruh pelanggan dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen PT. Serumpun Indah Lestari. Kualitas pelayanan   juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, begitu pula dengan promosi. Secara bersama-sama, kepercayaan, kualitas pelayanan, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen PT. Serumpun Indah Lestari.

 

References

Arvianti, Eri Yusnita dan Herdiana Anggrasari. (2018). Faktor-Faktor Yang Menghambat Pendidikan Karakter Pada Anak Buruh Tani di Kabupaten Ponorogo. Kendari.
Chaerudin, Ali., Inta Hartaningtyas Rani & Velma Alicia. (2020). Sumber Daya Manusia: Pilar Utama Kegiatan Operasional Organisasi.
Dewi, K., Yaspita, H., & Yulianda, A. 2020. Manajemen Kewirausahaan. Penerbit Deepublish Publisher, Yogyakarta.
Fathoroni, Annisa, Nuraini Siti Fatonah, Roni Andarsyah dan Noviana Riza. (2020). Buku Tutorial Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode 360 Degree Feedback. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.
Febriani, N. S., dan Dewi, Wayan W. A. (2018). Teori Dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: UB Press.
Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Penerbit Deepublish Publisher Yogyakarta.
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Penerbit PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Ismainar, H. (2019). Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Riyanto, S., dan Aglis, A. H. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantiatif di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Sawlani, Dhiraj Kelly. (2021). Keputusan Pembelian Online: Kualitas Website, Keamanan dan Kepercayaan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Sholihin, Mahfud. (2020). Analisis Data Penelitian Menggunakan Softwar Stata. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. (2019). Metode Riset Akuntansi. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Sumarwan, Ujang., Puspitawati, Herian, Hariadi, Agustinus, & Gazali, Muhammad. 2018. Riset Pemasaran dan Konsumen:. Bogor: IPB Press.
Tjiptono, F., dan Chandra, G. (2019). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi. Yusuf, M., dan Lukman, D. (2018). Analisis Data Penelitian Teori & Aplikasi Dalam Bidang Perikanan. Bogor: IPB Press.
Published
2024-09-28
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times