PENGELOLAAN KEUANGAN GENERASI Z: ANALISIS GAYA HIDUP DAN LITERASI KEUANGAN

  • Nurhidayanti. S Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya
  • Sudarmi Sudarmi Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya
  • Indah Syamsuddin Universitas Bosowa
  • Herminawaty Abubakar Universitas Bosowa
  • Fadel Fadel Universitas Bosowa
  • Zulfani Irliandani Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya
Keywords: Generasi Z; gaya hidup; literasi keuangan; pengelolaan keuangan

Abstract

Generasi Z, sebagai generasi digital native, memiliki karakteristik unik dalam mengelola keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji gaya hidup dan literasi keuangan berpengaruh pada cara Generasi Z di Kota Makassar mengelola keuangan mereka dengan baik. Latar belakang penelitian ini didorong oleh gaya hidup konsumtif yang meningkat di kalangan generasi muda, serta kesadaran akan pentingnya literasi keuangan untuk mencapai kesejahteraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang merupakan mahasiswa aktif di beberapa perguruan tinggi swasta di Kota Makassar. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup dan literasi keuangan secara signifikan berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan Generasi Z. Semakin tinggi tingkat literasi keuangan, semakin baik pengelolaan keuangan yang dilakukan. Sebaliknya, gaya hidup konsumtif cenderung berdampak negatif pada pengelolaan keuangan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan literasi keuangan generasi Z melalui program edukasi yang relevan dan menarik. Selain itu, perlu adanya upaya untuk mengubah pola pikir konsumtif menjadi lebih rasional. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pembuat kebijakan, lembaga pendidikan, dan pihak terkait lainnya dalam membuat program yang lebih baik untuk pengelolaan keuangan generasi Z di Kota Makassar.

References

Putri, D., Susanti, E., Santri, L., Susanti, N., Ananda, R., & Daimatussalimah. (2024). Analisis dampak perilaku online Gen Z terhadap identitas kewarganegaan dalam era digital. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(2), 211-223. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i2.3300Mahapatra, G. P., Bhullar, N., & Gupta, P. (2022). Gen Z: An Emerging Phenomenon. NHRD Network Journal, 15(2), 246-256. https://doi.org/10.1177/26314541221077137
Ashikali, T., Groeneveld, S., & Kuipers, B. (2021). The Role of Inclusive Leadership in Supporting an Inclusive Climate in Diverse Public Sector Teams. Review of Public Personnel Administration, 41(3), 497-519. https://doi.org/10.1177/0734371X19899722

Nikolić, T. M., Paunović, I., Milovanović, M., Lozović, N., & Đurović, M. (2022). Examining Generation Z's attitudes, behavior and awareness regarding eco-products: A Bayesian approach to confirmatory factor analysis. Sustainability, 14(5), 2727. https://doi.org/10.3390/su14052727.
Asrun, N. A., & Gunawan, A. (2024). Pengaruh gaya hidup dan media sosial terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kota Medan dengan literasi keuangan sebagai media intervening. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 5(1), 173-186. https://doi.org/10.51805/jmbk.v5i1.205
Ratnawati (2024). Generation Z investment decisions influenced by financial behavior: Mediated by financial literacy. East African Scholars Multidisciplinary Bulletin, 7(1). DOI: 10.36349/easjmb.2024.v07i01.001
Angela, D., Wiyanto, H., & Budiono, H. (2023). The influence of financial confidence, financial socialization, herding, and mental accounting on investment decision among Generation Z in Jakarta. International Journal of Application on Economics and Business (IJAEB), 1(4), 2033-2046. https://doi.org/10.24912/ijaeb.v1i4.2033-2046
Syafitri, A. A. (2024). Financial literacy as an effort to achieve financial well-being: A perspective from Generation Z. Dialektika: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 9(1), 3975. https://doi.org/10.36636/dialektika.v9i1.3975
Unhas TV. (n.d.). Perilaku keuangan generasi Z. https://tv.unhas.ac.id/perilaku-keuangan-generasi-z/
Kurniasari, I., Sumiati, & Ratnawati, K. (2023). The Financial behavior of Young Generation in Indonesia. Journal of Indonesian Applied Economics, 11(2), 146-155. DOI: doi.org/10.21776/ub.jiae.2023.011.02.3
Widyakto, A., Liana, Z. W., & Rinawati, T. (2022). The influence of financial literacy, financial attitudes, and lifestyle on financial behavior. Diponegoro International Journal of Business, 5(1), 33-46. https://doi.org/10.14710/dijb.5.1.2022.33-46
Menon, D. (2022). Factors influencing Instagram Reels usage behaviours: An examination of motives, contextual age and narcissism. Telematics and Informatics Reports, 5, 100007. https://doi.org/10.1016/j.teler.2022.100007
Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., ... & Wang, Y. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management, 59, 102168. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168
Febrina Ret Herdyane, E., Yoyok Soesatyo, Siti Sri Wulandari, & Jun Surjanti. (2024). Does Financial Literacy Influence Students’ Level Of Consumptive Behavior?: The Moderating Role Of Self-Control. Technium Social Sciences Journal, 58(1), 113–127. https://doi.org/10.47577/tssj.v58i1.11053
Nyrhinen, J., Sirola, A., Koskelainen, T., Munnukka, J., & Wilska, T.-A. (2024). Online antecedents for young consumers’ impulse buying behavior. Computers in Human Behavior, 153, 108129. https://doi.org/10.1016/j.chb.2023.108129
Khan, M. S., Azad, I., Moosa, S., & Javed, M. Y. (2024). Do we really need financial literacy to access the behavioral dynamics of generation Z? A case of Oman. Heliyon, 10(13), e32739. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e32739.
Putra Utama, D. ., & Dian Sumarna, A. . (2024). Financial Technology Literacy Impact on Gen-Z in Indonesia. Dinasti International Journal of Economics, Finance &Amp; Accounting, 4(6), 781–787. https://doi.org/10.38035/dijefa.v4i6.2247
Firmansyah, G., & Susanti, A. (Tahun). Pengaruh lifestyle hedonisme, kemampuan finansial dan perilaku konsumtif terhadap penggunaan transaksi cashless pada generasi milenial di Surakarta. Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK), E-ISSN 2829-2006, hlm. 442-454.

Meidaa, A., & Kartini, K. (2023). Pengaruh financial knowledge, financial experience, dan financial attitude terhadap financial behavior pada pemilik UMKM di Kota Kudus. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(2), 181-199. https://journal.uii.ac.id/selma/index
Wahyuni, U. S., & Setiawati, R. (2022). Pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku keuangan generasi Z di Provinsi Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 10(4), 164-175
Rapina, R., Meythi, M., Rahmatika, D. N., & Mardiana, M. (2023). The impact of financial literacy and financial behavior in entrepreneurial motivation – evidence from Indonesia. Cogent Education, 10(2). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2282827
Wiranti, G. G., Goso Goso, M., & Halim, M. (2023). The influence of financial literacy, lifestyle, and social environment on student financial behavior. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 6(4).
Nurhayani, N., Nurwahida, N., & Ramli, S. (2023). The effect of financial literacy on consumptive behavior of economics education students of the Faculty of Economics Universitas Negeri Makassar. Journal of Economics, Entrepreneurship, Management Business and Accounting (JEEMBA), 1(2), 898-909.
Published
2024-10-14
Abstract viewed = 24 times
pdf downloaded = 23 times