ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN TAKE HOME CREDIT MENGGUNAKAN BINARY LOGISTIC REGRESI

  • Haby Kurniawan Universitas Bakrie
  • Ahmad Julian Universitas Bakrie
  • Vasya Theodora Givianty Universitas Bakrie
  • Jerry Heikal Universitas Bakrie
Keywords: Binary Logistic Regression, Marketing, Loans, Telemarketing

Abstract

Dengan meningkatnya jumlah perusahaan baru yang bermunculan, persaingan menjadi lebih intens. Di tengah persaingan yang semakin ketat, penting bagi perusahaan untuk terus melakukan iklan untuk menarik konsumen. Salah satu bentuk iklan yang penting adalah telemarketing. Telemarketing menggunakan telepon sebagai media untuk melakukan kegiatan pemasaran atau mempromosikan layanan dan produk perusahaan. Meskipun terlihat konvensional, telemarketing masih dianggap efektif. Metode ini banyak digunakan dalam sektor perumahan untuk menawarkan kredit rumah atau mortgage (KPR) kepada calon pembeli. Mengajukan pinjaman rumah melibatkan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Studi ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mengambil pinjaman rumah. Data penelitian yang digunakan adalah data sekunder dari Kaggle.com dengan jumlah sampel sebanyak 100. Metode yang digunakan yaitu metode Binary Logistic Regression dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, faktor-faktor seperti status perkawinan, kepemilikan rumah, kontak telemarketing, dan saldo rekening tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku calon nasabah dalam mengambil pinjaman. Di sisi lain, faktor yang sangat signifikan mempengaruhi perilaku pengambilan kredit rumah yaitu durasi penawaran dan umur calon nasabah dengan persentase tingkat kebenaran dari model mencapai rata-rata 75.0% untuk dapat memprediksi perilaku pengambilan kredit. Maka rekomendasi yang dapat diberikan kepada perusahaan agar mampu meningkatkan penjualan kredit yaitu dengan meningkatkan kualitas interaksi telepon melalui skrip yang efektif, membuat segmentasi calon nasabah berdasarkan usia dan penggunaan teknologi.

References

Astitiani, K. R. (2021). Pengaruh iklan sosial media terhadap keputusan pembelian konsumen dilingkungan Universitas Bali Internasional. E-Jurnal Manajemen, 7. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i02.p05
Ekasaputra, W. (2019). Pengaruh kualitas pesan iklan dan kreativitas iklan terhadap daya tarik iklan "udah waktunnya pake GO-JEK - veretibokek". Iklan, 2.
Faruk, F. M., Doven, F. S., & Budyanra, B. (2020). Penerapan metode regresi logistik biner untuk mengetahui determinan kesiapsiagaan rumah tangga dalam menghadapi bencana alam. Seminar Nasional Official Statistics, 1, 379–389. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2019i1.146
Ghozali, I. (2005). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Yuwarti, H. (2014). Pengaruh intensitas menonton tagline iklan Suzuki Let’s terhadap minat beli. Wacana, 13(4).
Karlson, L. (2007). Advertising theories and models – how well can these be transferred from text into reality?
Kotler, P. (2002). Manajemen pemasaran di Indonesia: Analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Kuswati, S. M. (2015). Cara gampang membeli rumah tanpa modal. Jakarta: Publishing Langit.
Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang efektif sebagai strategi pemasaran. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(2), 116-129.
Moro, S., Cortez, P., & Rita, P. (2014). A data-driven approach to predict the success of bank telemarketing. Decision Support Systems, 62, 22-31.
Muyassharoh, E. (2020). Analisis telemarketing di UD. Hasby Mlarak Ponorogo dalam meningkatkan relationship marketing (Skripsi). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Jawa Timur: etheses.iainpnogoro.ac.id.
Nurelasari, E., & Purwaningsih, E. (2020). Sistem pendukung keputusan pemilihan perumahan terbaik dengan metode TOPSIS. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justin), 8(4). https://doi.org/10.26418/justin.v8i4.41036
Nurmalasari, D., & Istiyanto, B. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian lipstik merek Wardah di Kota Surakarta. 8, 42–49.
Santoso, R. K., & Aprlia, R. (2023). Peran telemarketing dalam kegiatan promosi pada perusahaan logistik. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan (JABT), 6(1), Art. 7. https://scholarhub.ui.ac.id/jabt/vol6/iss1/7
Shalsabillah, S., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh promosi, lokasi, kualitas bangunan terhadap minat beli pada perumahan Annieland Cisoka Tangerang. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 381–404.
Siagian, A. O. (2021). Lembaga-lembaga keuangan dan perbankan: Pengertian, tujuan, dan fungsinya. Solok: CV Insan Cendekia Mandiri.
Tabroni, T., & Komarudin, M. (2021). Pengaruh promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian kredit rumah di PT. Hari Pelangi Propertindo. Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, 1(2), 151–164.
Zulfahmi, M. R. Y., & Heikal, J. (2024). Analisis prediksi financial distress perusahaan industri kimia dasar. Jurnal Mirai Management, 8(2), 488-505
Published
2024-10-04
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times