PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGGUNA JASA TRAVEL PARIWISATA RAKATA TOUR INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Digital Marketing dan Experiental Marketing terhadap Kepuasan dan Loyalitas pengguna jasa Travel Pariwisata Rakata Tour Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan sekunder. Dalam melakukan penelitian ini, Populasi yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah semua pelanggan Pengguna Jasa Travel Wisata Rakatatour Indonesia. Teknik analisis yang dilakukan yaitu dengan analisis kuantitatif, uji normalitas, dan hipotesis. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Digital Marketing dan Experiental Marketing secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna. Bedasarkan hasil uji statistik dapat disimpulkan bahwa Digital Marketing dan Experiental Marketing secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna.
Kata Kunci: Digital Marketing, Experiental Marketing, Kepuasan, Loyalitas
References
Alimudin, A., & Purwantoro. (2022). Digital marketing untuk umkm. Narotama University Press.
Andila, & Hayu. (2023). Kualitas Produk dan Digital Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Tokopedia. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 12(2), 311-322.
Apriliani, D. U., Kartika, S. E., & Nadiya, A. A. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Kepusan Konsumen Batrisyia Herbal. 21(1), 57–66.
Ayesha, I. (2022). Digital Marketing: Tinjauan Konseptual. PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Ayu, D., Jannah, M., Andriani, N., & Arief, M. (2014). Pengaruh Strategi Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pengunjung Museum Sepuluh Nopember Surabaya. 1(1), 53–64.
Barimbing, C. A. A., & Sari, D. (2015). Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Mujigae Resto Ciwalk Bandung). 2(1), 770–777.
Bujung, F. E., Rotinsulu, D. C., & Niode, A. O. (2019). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan dan Tingkat Hunian Hotel terhadap Penerimaan Sektor Pariwisata Sulawesi Utara. 19(03), 140–148.
Chaffey, D., & Chadwick, E. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice, 6th Edition. UK: Pearson Education.
Curatman, A., Suroso, A., & Suliyanto. (2020). Program Loyalitas Pelanggan .Yogyakarta: Deepublish.
Daga, R. (2019). Buku 1 , Citra , Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (Issue May 2017).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ginting, F. F. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA REDDOORZ NEAR MIKIE HOLIDAY. In Kepuasan Pelanggan. UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
Hapsari, F. A. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Kelengkapan Produk dan Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian di Gudang Kosmetik Purwokerto.
Hasan, M. M., & Jatmiko. (2023). Pengaruh Experiential Marketing dan Persepsi Nilai Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan sebagai Variabel intervening pda Pelanggan Netflix.
Hendayana, Y., & Solichati, U. (2021). Pengaruh Ekperiential Mrketing dan Kepercayaan terhdapa Loyalitas Konsumen Pengguna Marketplace Shopee di Kota Bekasi. 20(2), 233–241.
Herudiansyah, G., Fitantina, & Suandini, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Reliability, Responsiveness Dan Assurance Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah. Motivasi Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.32502/mti.v8i1.5663
Herudiansyah, G., & Suandini, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Reliabitity, responsiveness dan assurnce terhadap kepuasan Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah.
Heryanti, A. H. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi Dana terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Melakukan Transaksi Secara Online sebagai Alat Pembayaran Elektronik ( E-Payment ). 05(03), 8080–8096.
Komang, N., Yudiari, A., Wayan, N., & Mitariani, E. (2022). Pengaruh Experiential Marketing , Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Threestycake.
Kotler, & Keller. (2019). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.
Nugraheni, I., & Aliyah, I. (2021). Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Identifikasi Klaster Wisata Budaya Kota Surakarta.
Permana, E., & Stalastiana, D. (2024). Strategi Meningkatkan Brand Awareness Melalui Konten Kreatif Dalam Pemasaran Media Sosial Tiktok Brand Tenue De Attire ( SMMA ). 2(3).
Prajogo, J. E. (2022). Analisa Pengaruh Digital Marketing Trhdapa Customer Loyalty Melalui Online Promotion dan E-Service Quality Sebgai Variabel Intervening Terhadaap Tokopedia.
Putra, I. K. W. K., & Kusuma, I. G. A. G. E. T. (2023). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Layanandan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Cakrawala Antara Nusantara Cargo Bali.
Putra, P. D., & Budiyarti, A. (2022). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Smartphone Vivo. JIRM : Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(9), 1–15.
Putri, S., Anisa, F., & Gunaningrat, R. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Indomie di Kartasura. SAMMAJIVA: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 2(1,2), 39–51. https://doi.org/https://doi.org/10.47861/sammajiva.v2i1.757
Ramdhani, D., & Widyasari, S. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN MINAT BELI ULANG SMARTPHONE OPPO. JURNAL ILMIAH AKUNTANSI DAN KEUANGAN, 4(3), 1–17.
Rauf, A., & Manullang, S. O. (2021). Digital Marketing : Konsep dan Strategi. Grup Publikasi Yayasan Insan Shodiqin Gunung Jati.
Ritonga. (2020). Buku ajar manajemen strategi (teori dan aplikasi). Deepublish.
Sawlani, D. K. (2021). Digital Marketing: Brand Images. Scopindo Media Pustaka.
Setiabudi, R., Dharmayanti, D., Si, M., Pemasaran, J. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2023). Analisa Hubungan Experiential Marketing , Kepuasan Pelanggan , Loyalitas Pelanggan Starbucks Coffee di Surabaya Town Square. 2(2).
Setiawan, C. A., & Rosa, T. (2023). Analisis Pengaruh Return of Investment ( ROI ) Terhadap Harga Saham dan Kinerja Keuangan Suatu Perusahaan. 1(1), 20–29.
Sidiq, A., & Kasidin. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone di Karesidenan Surakarta. Riset Manajemen Dan Akuntansi, 12(November), 1–15.
Sigit, H. T., & Maulana, H. (2021). Penggunaan Kartu Perkara Elektronik Dalam Aplikasi Witing List Berbasis Android Pada Pengadiln Agama Serang. 8(2), 37–46.
Sugiyarti, L., Hanah, S., & Asmilia, N. (2022). Optimalisasi Penjualan Melalui Digital Marketing. 4(2), 113–124.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). CV. Alfabeta.
Susilawati, P. S., & Burhanudin, J. (2023). Loyalitas Pelanggan. WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.
Thamrin, & Francis. (2019). Manajemen Pemasaran (Edisi 1- Cetakan 8). Depok: Rajawali Pers.
Tjiptono. (2019). Kepuasan Pelanggan (Edisi 1). Yogyakarta: ANDI.
Utami, A. A., & Gunadi, W. (2022). Pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan Indihome Fiber di daerah Lubang Buaya Jakarta Timur. 12, 1–12.
Utami, A. A., & Wasis, G. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Indihome Fiber Di Daerah Lubang Buaya Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 1–12. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.861
Wakanno, T. P. (2022). Pengaruh kenyamanan berbelanja, kualitas pelayanan dan kelengkapan produk terhadap kepuasan konsumen indomaret di kota Ambon.
Wayan, N., Kurniadevi, A., & Liestiandre, H. K. (2022). Pengaruh pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pengunjung di Bali Safari & Marine Park, Gianyar. 21(2), 99–112.
Yanto, A. (2022). Penagruh Experietial Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Warung Six Di Kota Pekanbaru.
Copyright (c) 2024 Vela Aprilia, Armalia Reny WA, Maria Septijantini Alie, Udhinanto CN, Hasbullah Hasbullah, Eka Travilta Oktaria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.