PENGARUH PERSONAL SELLING, WORD OF MOUTH DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH KULIAH DI AKADEMI KELAUTAN BANYUWANGI
Abstract
Terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada tahun 2021, dimana jumlah mahasiswa baru Akademi Kelautan Banyuwangi naik hingga 59% dibandingkan tahun sebelumnya. Padahal adanya pandemi covid-19 membatasi segala aktifitas promosi dan sosialisasi yang biasanya dapat melakukan pertemuan secara langsung dengan calon mahasiswa baik di sekolah maupun di pameran pendidikan, harus dirubah secara daring dan memanfaatkan sebaik-baiknya peran media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh personal selling, word of mouth dan media sosial terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di Akademi Kelautan Banyuwangi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Akademi Kelautan Banyuwangi yang aktif pada saat penelitian ini berlangsung dengan jumlah 137 mahasiswa. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dan teknik analisis model regresi linier berganda. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa. Word of mouth merupakan variabel paling dominan dengan kontribusi sebesar 35,7% dan word of mouth terjadi karena adanya pengalaman positif yang didapat mahasiswa selama menempuh pendidikan di Akademi Kelautan Banyuwangi.
References
Alma, B. (2005). Manajemen dan pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Firdaus, M. (2019). Ekonometrika: Suatu Pendekatan Aplikatif. Bumi Aksara.
Gunasekharan, T., Basha, S. S., & Lakshmanna, B. C. (2015). A Study On Impact Of Promotion Mix Elements: Advertising, Personal Selling & Public Relation Of DTH Manufacturers On Customer Behavior. International Journal PF Art, Humanities and Management Studies, 1(6), 20-30.
Gustina, I. & Viviani (2019). Pengaruh Personal Selling dan Word Of Mouth Terhadap Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di STIE Eka Prasetya. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya (Eka Prasetya Journal of Management Studies), 5(1), 60-67. DOI: https://doi.org/10.47663/jmbep.v5i1.3
Hardi. (2017). Revitalisasi Cerdas Generasi Emas Bagi Pendidik PAUD. https://unmuhpnk.ac.id. Tanggal akses 18 Maret 2022.
Kotler, P., & Armstrong, G (2012). Principles Of Marketing: Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Edisi ke, 13.
Mahendrayasa, A. C., Kumadji, S., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada mahasiswa pengguna kartu selular gsm “IM3” angkatan 2011/2012 dan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1).
Maksum, A. (2012). Metodologi penelitian dalam olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Moriarty, S., Mitchell, N. D., Wells, W. D., Crawford, R., Brennan, L., & Spence-Stone, R. (2014). Advertising: Principles and practice. Pearson Australia.
Nasrullah, R. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016, 2017.
Powers, T., Advincula, D., Austin, M. S., Graiko, S., & Snyder, J. (2012). Digital and social media in the purchase decision process: A special report from the Advertising Research Foundation. Journal of advertising research, 52(4), 479-489.
Sernovitz, A. (2009). Word of Mouth Marketing, Revised Edition: How Smart Companies Get People Talking. Kaplan publishing.
Setiady, R. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Meningkatkan Citra Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi dan Informasi, 6(2), 18-24. DOI: https://doi.org/10.34010/jati.v6i2.749
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Suharsaputra, U. (2015). Manajemen Pendidikan Perguruan Tinggi. Bandung: Refika Aditama.
Sunyoto, Suyanto 2011. Analisis regresi untuk uji hipotesis, Yogyakarta. Caps
Sujarweni, W. (2015). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.
Tjiptono, F. (2000). Manajemen Jasa, Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Copyright (c) 2024 Saiful Rohman, Agustin H P, Muhammad Firdaus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.