ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENJUALAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF BISNIS

  • Elizabeth Elizabeth Universitas Budi Luhur
  • Wulandari Wulandari Institut Bakti Nusantara
  • Fani Sartika Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Donny Dharmawan Universitas Krisnadwipayana
  • Sonny Santosa Universitas Buddhi Dharma
Keywords: Kinerja Penjualan, Segmentasi, Targeting, dan Positioning

Abstract

Penelitian ini mengkaji taktik pemasaran yang digunakan oleh Pand's Muslim Department Store untuk meningkatkan penjualan dari sudut pandang bisnis Islam. Metodologi penelitian deskriptif diterapkan secara kuantitatif dalam penelitian ini. Wawancara, dokumentasi, dan observasi adalah metode yang digunakan dalam pengumpulan data. Data primer dan sekunder dikumpulkan dari beberapa sumber untuk penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS. Demografi yang diteliti terdiri dari pelanggan yang berbelanja di Pand's Muslim Department Store. Sebanyak 97 respon pelanggan memenuhi persyaratan karena proses pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Menurut temuan penelitian, strategi pemasaran Pand-yang secara bersamaan berfokus pada segmentasi, penargetan, dan penentuan posisi-secara signifikan meningkatkan kinerja penjualan dari sudut pandang bisnis Islam. Selain itu, strategi ini juga memiliki dampak positif yang penting tergantung pada masing-masing variabel. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa positioning, targeting, dan segmentasi berpengaruh terhadap kinerja penjualan bisnis Pand's Muslim Department Store.

References

akbar, I., Ardiansyah, M. N., Giri, P., & Kusuma, A. (2021). Perancangan Rute Pengiriman Menggunakan Model Integer Linear Programming Untuk Meminimasi Tingkat Keterlambatan Pengiriman Dan Biaya Transportasi (Studi Kasus: Pt. Pos Logistik Indonesia) Designing Delivery Route Using Integer Linear Programming Model To . Agustus, 8(4), 4028.
Apriliyanti, S., & Maghfur, I. (2023). Analisa Penerapan Strategi Promosi dalam Meningkatkan Penjualan pada Lapak Coffee Bangil Pasuruan Ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(3), 249–256. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.190
Ardianto, H. (2022). Relationship Marketing dan Brand Equity Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Bank Syariah di Kota Surabaya. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 19(1), 1. https://doi.org/10.30651/blc.v19i1.9616
Estijayandono, K. D. (2019). Etika Bisnis Jual Beli Online Dalam Perspektif Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(1), 53–68. https://doi.org/10.26618/j-hes.v3i1.2125
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Universitas Diponegoro.
Hapy Linawati, E., Qurrotu Aini, F., Rahayu, L., Rio Masandi, N., Fatma Handayani, V., Khoir, Mz., & Pudji Estiasih, S. (2023). Pengaruh viral marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembeliann (Studi kasus gerai mixue gayungsari). Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengambdian, 5(5), 1986–1995. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/771
Kharisma, D., Saniati, S., & Neneng, N. (2022). Aplikasi E-Commerce Untuk Pemesanan Sparepart Motor Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter. … Dan Sistem Informasi, 3(1), 83–89. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/1549%0Ahttp://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/viewFile/1549/596
Khoiriah, R., Harahap, H. J., & Nasution, E. E. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Menurut Persfektif Ekonomi Islam ( Studi Kasus Warung Kelontong Desa Hutarimbaru Kecamatan Barumun ). Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 2(1), 114–127.
Krisnan. (2021). Berikut Ini 4 Pengertian Metode Kuantitatif Menurut Para Ahli. In Meenta.Net.
Pemasaran, M., oleh Tim Pengampu, D., Nasrulloh, A., Memahami, B. I., Pemasaran, A., proses, A., sosial dan manajerial dimana, memperoleh apa yang mereka, butuhkan dan inginkan, dengan menciptakan dan saling, nilai satu, sama lain, Konsep, B., Inti, P., keadaan dimana, seseorang merasa, kehilangan sesuatu, pola kebutuhan, manusia yang dibentuk, … Pemasaran, B. (2022). Manajemen Pemasaran. https://doi.org/10.52931/t4b8/2022
Poluan, J. G., Karuntu, M. M., & Samadi, R. L. (2024). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kuliner Tradisional (Studi Pada Konsumen Gen Z Di Kota Tomohon). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 11(1), 119–127. https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i1.54288
Pratiwi, Z. D. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Brand Equity Dan Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z Pada Mahasiswa Iain Ponorogo Skripsi Oleh : Zelin Dinda Pratiwi Nim 210717261 Pembimbing : Moh . Faizin , M . S . E . Jurusan Ekonomi Syariah. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 1–85. Http://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/16094/1/SKRIPSI_ZELIN DINDA.pdf%0Ahttps://etheses.iainponorogo.ac.id/16079/
Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen, 7(1), 1–17.
Putra, T. W., & Keni, K. (2020). Brand Experience, Perceived Value, Brand Trust Untuk Memprediksi Brand Loyalty: Brand Love Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 184. https://doi.org/10.24912/jmieb.v4i1.7759
Rika, Mardia, & Desy Arum Sunarta. (2023). Strategi Pemasaran Syariah Dalam Peningkatan Minat Beli Masyarakat Pada Bisnis Online Di Kecamatan Batulappa Kab. Pinrang. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 204–212. https://doi.org/10.59024/jise.v1i2.125
Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam Promosi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 28–36. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.99
Sari, A. W., Djan, I., Wartaka, M., & Sumardjono, S. (2023). Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Marketplace. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(3), 481. https://doi.org/10.32493/jee.v5i3.29299
Seltina, I., Deinsyah, P., & Rohani, S. (2023). Digitalisasi Ekonomi Syariah. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(7), 2073–2083. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.413
Shobikin. (2023). Penerapan Marketing Mix Syariah pada UMKM di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 1183–1188. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.8485
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Published
2024-10-02
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times