ANALISIS PENGARUH E-COMMERCE, PENGGUNA INTERNET, DAN INVESTASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA

  • Novieka Wahyu Putri Rusdaryanti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Wiwin Priana Primandana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Wirya Wardaya Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: E-Commerce, Pengguna Internet, Investasi, Pertumbuhan Ekonomi

Abstract

Pertumbuhan ekonomi ialah suatu indikator berharga dalam menganalisis pembangunan ekonomi pada suatu negara. Pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dapat meningkatkan standart hidup dan kesejahteraan masyarakat, dengan menyediakan lebih banyak lapangan kerja, meningkatkan pendapatan, dan memperbaiki akses terhadap barang dan jasa. Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi, investasi dalam infrastuktur, teknologi, dan sumber daya manusia sangat diperlukan untuk meningkatkan produktifitas dan efisiensi ekonomi. Maksud penelitian ini ialah guna memahami terkait pengaruh e-commerce, pengguna internet, dan investasi terhadap pertumbuhan ekonomi seluruh provinsi di Indonesia tahun 2019 hingga 2023. Jenis penelitian ialah kuantitatif, dan mengaplikasikan data sekunder yang terdapat pada website Badan Pusat Statistik Indonesia. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan software Eviews12. Pada penelitian ini memanfaatkan Fixed Effect Model (FEM). Hasil penelitian didapatkan variabel e-commerce, pengguna internet, dan investasi berpengaruh secara simultan terhadap pertumbuhan ekonomi.

References

Aini, F. (2020). Pengaruh Perkembangan E-Commerce dan Infrastruktur Telekomunikasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2001 - 2018. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III, 2(11160840000063), 22–27.
Gholami, Zarei, & S. (2018). The Impact Of Internet Use On Economic Growth; Evidence Form Developing Countries.
Lastri, W. A., & Anis, A. (2020). Pengaruh E-Commerce, Inflasi dan Nilai Tukar Tukar Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan, 2(2), 25. https://doi.org/10.24036/jkep.v2i2.12638
Nehemia, S. D., Prasetiya, F., Pembangunan, E., Ekonomi, F., & Brawijaya, U. (2023). Jdess 02.01.2023. 2(1), 26–37.
Oktaviani, S. (2020). Pengaruh Jumlah Pengguna Layanan Dan Konsumsi Rumah Tangga Untuk Telekomunikasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia.
Olivia Theophilia, & Riko Setya Wijaya. (2023). Analisis Pengaruh Sektor Telekomunikasi, E-commerce, Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(4), 1528–1535. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i4.1377
Rochmahwati, M. R. (2023). Analisis Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Pulau Jawa. Jurnal Ilmu Ekonomi (JIE), 7(03), 369–380.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif DAN R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirno, S. (2008). Makro Ekonorni Teori Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada.
Sukirno, S. (2013). Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah dan Dasar Kebijakan (Kedua ed). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tran, H.T.T.,& Hoang, H. T. (2019). An Investigation into the Impacts of FDI, Domestic Investment Capital, Human Resourcesm and Trained Workers on Economic Growth in Vietnam. International Econometric Conference of Vietnam-Springer.
Trisakti, J. E. (2023). PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI. 3(2), 2891–2900.
Vaithianathan, S. (2010). A riview of e-commerce literature on India and reseacrch agenda for the future. Electronic Commerce Research, 1(10), 83–97.
Yusuf, M. (2022). Pengaruh Electronic Commerce ( E- Commerce ) Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada UMKM di Kecamatan Bekasi Utara. Jurnal Akuntansi STEI, 05(01), 19–30.
(Nehemia et al., 2023) (Tran, H.T.T.,& Hoang, 2019) (Oktaviani, 2020) (Gholami, Zarei, 2018) (Olivia Theophilia & Riko Setya Wijaya, 2023) (Lastri & Anis, 2020)
Published
2024-10-04
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times