PENGARUH MINAT BELAJAR, PERILAKU BELAJAR, KECERDASAN SPIRITUAL DAN KECERDASAN ADVERSITAS TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Universitas Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang Dan Kota Bekasi)

  • Novia Paramita Afifah Susanto Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Devi Astriani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Meliana Puspitasari Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: learning interest, learning behavior, spiritual intelligence, adversity intelligence, level of accounting understanding

Abstract

The purpose of this study is to evaluate and present empirical data on the effects of learning behavior, spiritual intelligence, adversity intelligence, and learning interest on accounting comprehension. The research employs a quantitative approach using primary data. The population consists of accounting students at universities in Bekasi Regency, Karawang Regency, Subang Regency, and Bekasi City who have completed six semesters. The sample determination uses purposive sampling, and the sample size is calculated using Slovin's formula. IBM SPSS version 26.0 is used for data analysis. The hypothesis is tested utilizing multiple linear regression analysis as a statistical technique. The findings show that the degree of accounting comprehension is positively impacted by learning interest, instructional behavior, mental ability, and adversity cognitive ability.

References

Dalimunthe, M. I. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di Universitas Medan Area. Jurnal Mutiara Akuntansi, 5(2), 99–108.
Devi, M. S. N., Sujana, I. K., & Wirasedana, I. W. P. (2020). Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Adversitas Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 30(4), 897.
Diatmika, I. W. W., Rupa, I. W., & Manuaba, I. B. M. P. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Swasta Di Bali. Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 1(3), 22–26.
Eliana, E., Nurhayati, N., Kesuma, I., Ivana, F., & Hasprilia, D. (2022). Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Perilaku Belajar Berpengarahu Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Sties. Gemilang: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 87–99.
Gede, B. L. L., & Ketut, Y. (2018). The Effect Of Intelligence Quotient On The Level Of Understanding Of Accounting With Spiritual Quotient And Adversity Quotient As A Moderating Variables. International Journal Of Sciences: Basic And Applied Research, 41(1), 148–157.
Ginanjar, Y., Hernita, N., Yahanas, D., Hidayah, L. L., & Khaerunisa, N. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Unikal National Conference, 686–697.
Gumanti, D., & Teza, S. D. (2021). Analisis Tingkat Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Dalam Perkuliahan Daring Masa Pandemi Covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1638–1646.
Hafsah, H., Hanum, Z., Saragih, F., & Ningsih, R. W. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Feb Umsu. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 7(1), 312–321.
Halimah, I. N., & Trisnawati, R. T. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Adversity Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Di Surakarta). Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 326–335.
Haryati, D., & Feranika, A. (2020). Pengaruh Pengendalian Diri, Motivasi, Perilaku Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Business Innovation And Entrepreneurship Journal, 2(4), 232–241.
Hermawan, R., & Rohayati, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Dan Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak), 7(1).
Maryam, S. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Belajar, Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Stie Sutaatmadja Subang). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 143–151.
Matapere, N. M., & Nugroho, P. I. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Prodi Akuntansi Uksw Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (Mea), 4(1), 257–270.
Melasari, R. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasaran Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Islam Indragiri. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), 24–34.
Menhard, M. (2021). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Menengah Mahasiswa, Gaya Mengajar Dosen, Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis Dan Teknologi, 1(1), 45–59.
Muksin, N. I. Q., Maslichah, M., & Nandiroh, U. (2023). Pengaruh Intelligence Quotient, Emotional Quotients, Spiritual Intelligence Dan Kecerdasan Adversitas Terhadap Tingkat Pemahaman Mata Kuliah Akuntansi. E_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 12(02), 1171–1182.
Mulyeni, S., & Mulyanti, D. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nasional Pasim). Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(2), 87–98.
Ndait, T. V., Dethan, M. A., & Pau, S. P. N. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Nusa Cendana). Jurnal Akuntansi: Transparansi Dan Akuntabilitas, 10(1), 49–57.
Novia, J. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bandar Lampung). Berajah Journal, 2(4), 823–832.
Novitasari, E. N. P., Asana, G. H. S., & Dwitrayani, M. C. (2022). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di Universitas Triatma Mulya. Journal Research Of Accounting, 3(2), 253–264.
Nurjannah, S. (2021). Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Sma Ditinjau Dari Tingkat Adversity Quotient.
Oemar, F., & Fani, F. D. O. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Kompetif, 1(1), 10–18.
Prastika, A., & Widodo, S. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Di Yogyakarta. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis Terkini, 4(2), 259–270.
Pratiwi, S. Y., Masyhad, M., & Rahman, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional, Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Keuangan Mahasiswa Universitas Bhayangkara Surabaya. Ubhara Accounting Journal, 1(2), 246–254.
Rahayu, D. W. W., & Adi, I. K. Y. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Minat Belajar, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Triatma Mulya. Journal Research Of Accounting, 4(2), 230–243.
Ratnasari, S. L., Sari, W. N., Siregar, Y., Susanti, E. N., & Sutjahjo, G. (2022). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Di Kota Batam. Proceeding Of National Conference On Accounting & Finance, 440–448.
Saputra, K. T. W. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 7(4).
Sofyra, T., & Septriani, Y. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dasar (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Padang). Accounting Information System, Taxes And Auditing Journal (Aista Journal), 2(1), 32–45.
Sucipto, A., & Listiadi, A. (2019). Kepercayaan Diri Memoderasi Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Akuntansi, Dan Hasil Belajar Akuntansi Dasar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak), 7(3).
Sudiyani, N. N., & Arie, A. A. P. G. B. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi: Minat Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Juara: Jurnal Riset Akuntansi, 10(2).
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Edisi Revisi). Alfabeta.
Syifa, U., Romandhon, R., & Wulandari, D. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Perbankan Syariah, 2(4), 53–61.
Utami, S., & Sasongko, N. (2021). The Effect Of Learning Behaviour, Intellectual Intelligence, Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence, And Social Intelligence On Accounting Understanding (Case Study Of Accounting Study Program Students At Muhammadiyah University Of Surakarta). Duconomics Sci-Meet (Education & Economics Science Meet), 1, 117–129.
Villagonzalo, R. R. (2016). Intelligence Quotient, Emotional Quotient, Spiritual Quotient, And Adversity Quotient® And The Academic Performance Of Students. Unpublished Undergraduate Thesis. City Of Koronadal: St. Alexius College. Available Online Also At: Https://Www. Peaklearning. Com/Documents/Peak_Gri_Villagonzalo. Pdf [Accessed In Bandung, West Java, Indonesia: March 11, 2018].
Wijaya, S. A., & Asana, G. H. S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di Stie Triatma Mulya. Journal Research Of Accounting, 1(1), 30–44.
Published
2024-10-08
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 2 times