KARAKTERISTIK LAYANAN DIGITAL : BELANJA ONLINE DENGAN DOMPET DIGITAL, KEAMANAN BERTRANSAKSI, DAN DAMPAKNYA PADA PERILAKU PEMBELIAN
Abstract
Belanja online merupakan salah satu pilihan belanja yang praktis dan ekonomis bagi masyarakat terutama saat ini pembayaran dipermudah dengan kehadiran dompet digital. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh Karakteristik Layanan Digital : Belanja Online dengan Dompet Digital, Keamanan Bertransaksi, dan Dampaknya Pada Perilaku Pembelian. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan sampel 100 orang sebagai responden. Pengolahan data menggunakan aplikasi Smart Pls 4. Hasil penelitian menunjukkan nilai statistik (t hitung) karakteristik layanan digital yaitu 2.436 > nilai 1,96 dengan p values yaitu 0,015 < sig0,05, maka karakteristik layanan digital berefek positif terhadap perilaku pembelian.Nilai statistik (t hitung) belanja online yaitu 3.747 > nilai 1,96 dengan p values yaitu 0,000 < sig0,05, maka dapat disimpulkan belanja online berefek positif terhadap perilaku pembelian. Nilai statistik (t hitung) belanja keamanan bertransaksi yaitu 3.955 > nilai 1,96 dengan p values yaitu 0,000 < sig0,05, maka keamanan bertransaksi berefek positif terhadap perilaku pembelian. Nilai uji statistik F (hitung) sebesar 57,385 F > tabel 2,699, maka dapat disimpulkan karakteristik layanan digital, belanja online dengan dompet digital, keamanan bertransaksi berefek positif secara silmultan terhadap perilaku pembelian.
References
Alwafi, F., dan Magnadi, R. H. (2016). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan Terhadap Toko Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.Com. Diponegoro Journal Of Management, 5(2), 1–15.
Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Penerbit Elex Media Komputindo.
Armesh, H., Salarzehi, H., Yaghoobi, N. M., dan Heydari, A. (2010). Impact of Online/Internet Marketing on Computer Industry in Malaysia in Enhancing Consumer Experience. International Journal of Marketing Studies, 2(2)
Camp, W. G. (2001). Formulating and Evaluating Theoretical Frameworks for Career and Technical Education Research. Journal of Vocational Educational Research, 26, 27-39. https://doi.org/10.5328/JVER26.1.4
Carrisa, A. dwi, dan Tiarawati, M. (2016). Pengaruh Desain Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sepeda Motor Yamaha Vega. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4(1), 117– 127.
Fernanda, Adista B. (2021). Manfaat Dan Pentingnya Digitalisasi Di Era Saat Ini.
Ghozali, I. (2009). Ekonometrika teori, konsep dan aplikasi dengan SPSS 17. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 50.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi Edisi 7. vol. 21. Semarang: BP Universitas Diponegoro; 2013.
Ghozali, I., dan Latan, H. (2015). Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 (Edisi 2). Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. IOSR Journal of Economics and Finance (p. 98). BPFE Universitas Diponegoro.
Henseler, J., Ringle, C. M., dan Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8
Hutagalung, E. A., Turnip, K. P., Terok, Z. Y. S., & Sibarani, H. J. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Diskon Harga dan Promosi Produk Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Menggunakan Layanan Aplikasi Grab di Kota Medan. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(3), 1125-1138.
Irwantoko, Didit Agus. (2012). Bisnis Online Shop.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga Kusumastuti, D. N. (2023). Peran Komunikasi Keluarga Dalam Pembentukan Identitas Remaja Akhir Di Kalangan Mahasiswa Akademi Komunikasi Radya Binatama. Jurnal Ilmu Komunikasi AKRAB, 07, 1–23.
Mujiyana, M., dan Elissa, I. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. Undip: Jurnal Teknik Industri, 8(3), 143-152. https://doi.org/10.12777/jati.8.3.143-152
Pamungkas, S. R., Tricahyono, D., dan Soetjipto, R. (2024). Pengaruh Keamanan Data Dan Kemudahan Bertransaksi Terhadap Minat Beli Menggunakan Dompet Digital Dana Pada Kalangan Mahasiswa Di Bandung. Penerbit Universitas Telkom
Prashandyawan, B. Y., Hetami, A. A., Wahyuni, A., dan Arsyad. (2019). Pengaruh E-Commerce Tokopedia.Com Terhadap Minat Beli Pakaian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. EJournal Ilmu Komunikasi, 7(4), 267–279.
Rinta, N., Salas, M., dan Sibarani, H. J. (2021). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Online, Fitur Layanan Dan Promosi Cash Back Ovo Terhadap Minat Belanja Masyarakat Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(2), 1100-1117.
https://doi.org/10.31955/mea.v5i2.1253
Sangadji, E.M. dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
Saputri, A. F. B. A. (2015). Pengaruh Keamanan, Kemudahan, dan Resiko Kinerja terhadap Keputusan Pembelian secara Online di Tokopedia. Skripsi, 1–72.
Sinambela, L. P. (2020). Penelitian Kuantitatif: Suatu Pengantar. Prismakom, 17(1), 21-36.
Situmorang, M. K. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Uang Elektronik (Dompet Digital) Sebagai Alat Pembayaran Pada Masa Pandemi Covid–19 di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 123-130. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6646
Sudjatmika, V. F. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.Com. Ekonomi Bisnis, 17(1), 1–12.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods) Cetakan ke, p. 630. Alfabeta.
Tampubolon, M., Jannah, M., Gultom, R., & Sibarani, H. J. (2020). Pengaruh Sistem Pelayanan, Ketepatan Waktu dan Daya Beli Masyarakat terhadap Loyalitas Menggunakan Jasa Transportasi Bus pada PT. Atlas. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 566-576.
Tarigan, J. (2009). User Satisfaction Using Webqual Instrument: A Research on Stock Exchange of Thailand (SET). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), PP. 24-47. https://doi.org/10.9744/jak.10.1.PP. 24-47
Yamin, S., dan Kurniawan, H. (2009). SPSS complete: Teknik analisis statistik terlengkap dengan software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek, 328.
Yuliani, W., dan Supriatna, E. (2023). Metode Penelitian Bagi Pemula. Penerbit Widina.
Copyright (c) 2024 Hansel Osmond Laurence, Wiliam Wiliam, Velyn Likhe Layoji, Hendra Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.