PENGARUH KUALITAS MANAJEMEN PELAYANAN PUSKESMAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS MAUK
Abstract
Internal service quality merupakan kemampuan sebuah organisasi untuk memberikan pelayanan internal kepada karyawan untuk meningkatkan kepuasan pasien sehingga dapat berdampak terhadap kepuasan pelanggan atau konsumen. Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka penulis dapat menentukan tujuan penelitian yakni untuk mengetahui berapa besar pengaruh internal service quality (intqual) terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Mauk. Pada penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif analitik dengan desain cross-sectional yaitu variabel penelitian diukur hanya sekali pada waktu tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert metode penilaian ringkasan pada pertanyaan internal service quality dan kepuasan pasien. Hasil didapatkan jika gaya kepemimpinan (X1), kerjasama tim (X2), dan kompensasi (Z) secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pasien (Y) dibuktikan dengan hasil uji F yang menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,000. Gaya kepemimpinan (X1), kerjasama tim (X2), dan kompensasi (Z) secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pasien (Y) dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05.
References
Hidayat, S., Lubis, AR, & Majid, MSA (2019). Pengaruh gaya kepemimpinan, tim kerjasama dan kompensasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja pada PT. Dunia Barusa Banda Aceh. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam (Darussalam Journal of Economic Perspec, 5(1), 84-98.
Indiani, S., & Onsardi, O. (2024). PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KERJASAMA TIM DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN KARYAWAN DI PT. PERTANIAN. Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains (JEMS), 5(1), 332-345.
Ismiatun, SR, Neliwati, N., & Khairuddin, K. (2024). Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kerja Sama dengan Dunia Industri. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 61-72.
Izza, I., Setianto, B. and Dhamanti, I. (2021) ‘Pengaruh Internal Service Quality (INTQUAL) terhadap Kepuasan pasien di RS Islam Ahmad Yani Surabaya’, Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 9(2), pp. 78–86. Available at: https://doi.org/10.14710/jmki.9.2.2021.78-86.
Khair, H. (2019). Pengaruh Kepemimpinan dan pemulihan terhadap kepuasan kerja melalui kepuasan pasien. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 69-88.
Maulyan, FF, & Sandini, D. (2024). Pengaruh tim kerjasama, kepuasan pasien, dan disiplin kerja terhadap prestasi kerja karyawan. Jurnal Sains Manajemen, 6(1), 24-29.
PRASTIKA, V.I.D. (2019) PENGARUH INTERNAL SERVICE QUALITY DAN KARAKTERISTIK PERAWAT TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT (Studi di Instalasi Rawat Inap Puskesmas Islam A. Yani) Surabaya) Skripsi thesis. Universitas Airlangga.
Putri, LDP, & Sariyathi, NK (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Tim Kerjasama Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Warung Mina Cabang Renon. E-Jurnal manajemen unud, 6(6), 3398-3430.
Rimawati, LS, Djaelani, AK, & Slamet, AR (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi, Dan Tim Kerjasama Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Jawara Bangun Persada Karangploso Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 11(22).
Saputra, YD, & Setiadi, YW (2023). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KERJASAMA TIM DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PT. BSP CABANG UDARA MURING. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (Jems), 4(1), 269-279.
Shefani, AN, & Jaya, RC (2024). Pengaruh Pelatihan Kerja, Kepuasan pasien, dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai ASN Jabatan Fungsional Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA), 4(2), 862-872.
Sugiyono (2019) METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D, Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical. Available at: https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Sulistyani, L., & Nugroho, A. (2024). Peran Lingkungan Kerja Dan Komunikasi terhadap Kepuasan pasien, Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai pada Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja Kabupaten Sukoharjo. ProBank, 9(1), 72-85.
Copyright (c) 2024 Natasha Waya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.