PENGARUH MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN MODAL SOSIAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN UMKM DODOL GARUT (STUDI DI PT. HERLINA CIPTA PRATAMA DODOL PICNIC)
Abstract
Permasalahan atau fenomena yang terjadi pada penelitian ini adalah kurangnya tantangan dan pengembangan diri, perasaan tidak dihargai, lingkungan kerja yang tidak kondusif, kurangnya komunikasi dan interaksi antar karyawan, perasaan tidak saling percaya dan kurangnya rasa memiliki perusahaan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana motivasi berwirausaha, modal sosial dan kinerja karyawan UMKM pada PT. Herlina Cipta Pratama (Dodol Picnic)? Bagaimana pengaruh dari motivasi berwirausaha dan modal sosial secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan UMKM Dodol Garut PT. Herlina Cipta Pratama (Dodol Picnic)? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi berwirausaha dan modal sosial secara parsial maupun simultan terhadap kinerja karyawan UMKM Dodol Garut PT. Herlina Cipta Pratama (Dodol Picnic) serta untuk mengetahui bagaimana motivasi berwirausaha, modal sosial dan kinerja karyawan UMKM pada PT. Herlina Cipta Pratama (Dodol Picnic). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif yang berbentuk asosiatif dalam penelitian ini menunjukan hubungan atau pengaruh antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan pada PT. Herlina Cipta Pratama (Dodol Picnic) dengan jumlah keseluruhan karyawan pada tahun 2024 adalah 250 karyawan. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 153 karyawan dari hasil perhitungan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan secara simultan, motivasi berwirausaha dan modal sosial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan UMKM Dodol Garut PT. Herlina Cipta Pratama (Dodol Picnic).
References
Ahror, U. A., & Soekotjo, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Caffe Milkmoo. Jurnal Riset Dan Ilmu Manajemen, 6(3), 1–20.
Amadea, P. T., & Riana, I. G. (2020). Pengaruh Motivasi Berwirausaha, Pengendalian Diri, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(4), 1594. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i04.p18
Andayanti, W., & Harie, S. (2020). Entrepreneurial Motivation Impact toward Entrepreneurship Interest of College Student. Intelektium, 1(2), 107–114. https://journal.neolectura.com/index.php/intelektium/article/view/187
Anugrah, E., & Prasetyo, H. (2022). Modal Sosial pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Berbasis Primordial dan Franchise. Jurnal Ilmu Sosial Indonesia (JISI), 3(2), 83–89. https://doi.org/10.15408/jisi.v3i2.29668
Arif Budiharjo, Nabila Su’daa, S., & Wahyudin. (2024). Efektivitas Pemanfaatan Kur Dalam Meningkatkan Keberhasilan Umkm Di Pekalongan. J-Aksi : Jurnal Akuntansi Dan Sistem Informasi, 5(1), 154–163. https://doi.org/10.31949/jaksi.v5i1.8656
Atmaja, I. K. E., Purnamawati, I. G. A., & Sujana, E. (2020). Pengaruh Modal Sosial, Modal Manusia, Biaya Transaksi Terhadap Kesuksesan UMKM Industri Seni Lukisan Di Kabupaten Buleleng. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 11(3), 374–384. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/26036
Brahmana, S., & Pratminingsih, S. A. (2023). Implementation of the Use of Digital Marketing as a Strategy to Improve the Performance of MSMES Assisted by the Kadin City of Bandung with Technopreneurship Character. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 174–183. https://doi.org/10.29062/engagement.v7i1.1352
Dinas Koperasi dan Usaha Kecil. (2023). Proyeksi Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berdasarkan Kabupaten/Kota dan Kategori Usaha di Provinsi Jawa Barat dari Tahun 2017 s.d. 2021. Open Data Jabar. https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/proyeksi-jumlah-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-berdasarkan-kabupatenkota-dan-kategori-usaha-di-jawa-barat
DINAS KOPERASI DAN USAHA KECIL. (2023). Jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Open Data Jabar. https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-berdasarkan-kabupatenkota-di-jawa-barat
Dr Siti Nur Azizah, S. E. M. M. (2021). Manajemen Kinerja. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Effendy, J. (2018). Peran Modal Sosial Sebagai Upaya Pengembangan Umkm Di Desa Batu Merah Kota Ambon. Jurnal Cita Ekonomika, 12(2), 103–108. https://doi.org/10.51125/citaekonomika.v12i2.2654
Fadhillah, I. N., Jatiningrum, C., Sudewi, S., & Sugiono, S. (2023). The Effect of Creativity and Social Capital on Business Sustainability in SMEs Sulam Tapis East Lampung. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), 6(5), 989–997. https://doi.org/10.29138/ijebd.v6i5.2557
Faritzal, A., Nurunnisha, G. A., Sujana, F. R., Solihin, I., Kaniawati, K., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Widyatama, U. (2023). Pelatihan Strategi Pemasaran Untuk UMKM Di Lingkungan RW 10 Sukamaju Cibeunying Kidul Kota Bandung. Journal of Human And Education, 3(2), 96.
Fathy, R. (2019). Modal Sosial: Konsep, Inklusivitas dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 6(1), 1. https://doi.org/10.22146/jps.v6i1.47463
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro. Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 490.
Hongyun, T., Kankam, W. A., Appiah-Twum, F., & Akolgo, I. G. (2019). Effect of Social Capital on Firm Performance: the Role of Entrepreneurial Orientation and Dynamic Capability. International Review of Management and Marketing, 9(4), 63–73. https://doi.org/10.32479/irmm.8108
Ismainar, H., Fitriawati, R., Sinaga, D. S., Hardianti, T., & ... (2024). Manajemen Kinerja Berbasis Balanced Scorecard. https://repository.penerbitwidina.com/publications/567451/manajemen-kinerja-berbasis-balanced-scorecard%0Ahttps://repository.penerbitwidina.com/media/publications/567451-manajemen-kinerja-berbasis-balanced-scor-84d6a810.pdf
Jamaaluddin, J. (2017). Buku Ajar KEWIRAUSAHAAN. In Buku Ajar KEWIRAUSAHAAN. https://doi.org/10.21070/2017/978-602-5914-55-3
Karen Hapuk, M. S., Suwatno, S., & Machmud, A. (2020). Efikasi diri dan motivasi: sebagai mediasi pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(2), 59–69. https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i2.4577
Laurens, J., & Kohardinata, C. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Kemampuan Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha Startup Makanan Di Surabaya. Performa, 5(3), 223–232. https://doi.org/10.37715/jp.v5i3.1771
Lestari, D. I., & Vadila, M. N. (2020). COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting. Journal of Economic, Business and Accounting, 4(1), 274–281.
Lubis, K. S., & Irawati, L. (2022). The Effect of Financial Literacy on Financial and Capital Management on MSME Performance. Asean International Journal of Business, 1(1), 77–85. https://doi.org/10.54099/aijb.v1i1.66
Mahato, J., Jha, M. K., & Verma, S. (2022). The role of social capital in developing sustainable micro-entrepreneurship among rural women in India: a theoretical framework. International Journal of Innovation, 10(3), 504–526. https://doi.org/10.5585/iji.v10i3.21771
Manafe, M. W. N., Rizani, A., Purnawati, E., & Harsono, I. (2024). Analysis of the Influence of Technical Expertise, Market Orientation, Social Capital, and Innovation on the Performance of Micro and Small Businesses in the Technology Sector. International Journal of Business, Law, and Education, 5(1), 983–995. https://doi.org/10.56442/ijble.v5i1.493
Mikro, U., Dan, K., & Umkm, M. (2022). Usaha mikro, kecil dan menengah (umkm) (Issue February 2023).
Munawar, F., Kaniawati, K., Latifah, I., & Buana, D. M. A. (2023). ACHIEVING PERFORMANCE THROUGH STRATEGIC AGILITY AND ENTREPRENEURIAL INNOVATION: AN EMPIRICAL RESEARCH IN SMEs SECTOR. Jurnal Aplikasi Manajemen, 21(1), 25–41. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2023.021.1.03
Muthee, E., & Maina, R. (2023). Entrepreneurial Social Capital and Performance of Micro, Small, and Medium Enterprises. International Journal of Entrepreneurial Knowledge, 11(2), 127–138. https://doi.org/10.37335/ijek.v11i2.208
Nasrul, W., Zulmardi, & Indrayani, T. I. (2020). Optimalisasi Modal Sosial Kelembagaan Pasar Gambir (Uncaria Gambir Roxb). In [Monograf] Balai Insan Cendekia Mandiri. Insan Cendekia Mandiri. http://www.academia.edu/download/63461395/2020_Buku_2_Wedy_Nasrul_compress20200529-59726-kanwpd.pdf
Negeri, D. D., Wakijira, G. G., & Kant, S. (2023). Meta Analysis of Entrepreneurial Skill and Entrepreneurial Motivation On Business Performance: Mediating Role Of Strategic Leadership In Sme Sector Of Ethiopia. International Journal of Marketing and Digital Creative, 1(1), 13–25. https://doi.org/10.31098/ijmadic.v1i1.1435
Nurmila, N., Sulhaini, S., & Saufi, A. (2021). The Need for Uniqueness’s Impact Analysis on Impulsive Buying of Online Fashion Product with Prices as Intervening Variable. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(12), 451. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i12.3151
Oswari, T., Judijanto, L., & Destiana, R. (2023). Social Capital, Financial Capital, and Entrepreneurial Orientation: Keys to Performance in Indonesia’s MSME Clothing Industry. International Journal of Business, Law, and Education, 4(2), 1011–1029. https://doi.org/10.56442/ijble.v4i2.277
Otoritas Jasa Keuangan. (2021). Global Findex Databook 2021. The World Bank Group. https://www.ojk.go.id/ojk-institute/id/capacitybuilding/upcoming/1220/peran-industri-jasa-keuangan-dalam-mendukung-inklusi-dan-digitalisasi-umkm
Prabandari, S. P., & Yulianti, I. (2023). Does Social Capital Affect SME’s Performance? International Journal of Social Service and Research, 3(11), 2783–2793. https://doi.org/10.46799/ijssr.v3i11.579
Purwati, A. A., Budiyanto, B., & Suhermin, S. (2021). The Role of Intellectual Capital in Improving Micro, Small, And Medium-Scale Business Performance in The Hostel And Culinary Sector in Pekanbaru, Indonesia. International Journal of Economics Development Research (IJEDR), 2(2), 110–125. https://doi.org/10.37385/ijedr.v2i2.274
Rachmawati, M., Suganda, U. K., & ... (2023). Pengaruh Kekuatan Lingkungan Eksternal Dan Strategi Bersaing Terhadap Kinerja Bisnis UKM Makanan Ringan Jawa Barat. Management Studies and …, 4(6), 8360–8369.
Rumaningsih, E. (2018). Pengaruh modal sosial terhadap keberhasilan pelaku usaha mikro kecil menengah kecamatan banjarsari. Jurnal Manajemen Bisnis.
Rusdiana, H. A. (2018). Kewirausahaan Teori dan Praktik. CV Pustaka Setia, 369.
Santoso, T. (2020). Memahami Modal Sosial. In Memahami Modal Sosial. http://repository.petra.ac.id/18928/
Setini, M., Yasa, N. N. K., Supartha, I. W. G., & Giantari, I. G. A. K. (2021). The effects of knowledge sharing, social capital and innovation on marketing performance. International Journal of Data and Network Science, 5(3), 257–266. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.6.008
Siagian, N., & Manalu, D. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Modal Usaha Terhadap Minat Berwirausaha Di Pasar Komplek Mmtc Kota Medan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 1(1), 81–95. https://doi.org/10.51622/jispol.v1i1.330
Sivaram, M., Hudaya, A., & Hapzi, A. (2019). Building a Purchase and Prchase Decision: Analysis of Brand Awareness and Brand Loyalty (Case Study of Private Label Products at Alfamidi Stores In Tangerang City). Dijemss, 1(2), 235–248. https://doi.org/10.31933/DIJEMSS
Sudhanraj, A., & Karthikeyan, A. (2018). Motivation and its Effects on Entrepreneurial Behavior of Entrepreneurs at MSME Puducherry. International Journal of Research and Analytical Reviews, 5(4), 4150–4210.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Suharyono, R. (2020). Mikro Kecil.
Susanto, O. A., & Sukarno, G. (2021). Analisis Kompetensi Entrepreneurial, Strategi Kewirausahaan dan Modal Sosial terhadap Kinerja Usaha pada UMKM Mebel di Kota Surabaya. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(3), 673–685. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i3.713
Susiati, D., Nurlia, N., Utami, E. Y., & Destiana, R. (2024). Establishing an Entrepreneurial Environment in Indonesia: Impact of CEO Social Capital, Marketing, and Financial Capabilities on the Performance and Sustainability of MSMEs. International Journal of Business, Law, and Education, 5(1), 195–214. https://doi.org/10.56442/ijble.v5i1.374
Tanjung, R., Haloho, R. D., Hasibuan, A., Butarbutar, M., Lie, D., Ramdhani, R. F., Sudarmanto, E., Handiman, U. T., Andriani, Purba, S., Estiani, Purba, B., Oetomo, D. S., Silalahi, M., & Sherly. (2022). Pengantar Manajemen Modern (Issue November 2023).
Tanusi, G., & Laga, Y. (2020). Pengaruh Pelatihan, Motivasi dan Modal Usaha Terhadap Minat Berwirausaha di UPTD LLK UKM Kabupaten Ende. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 17(1), 159.
Taufik, A., Azhad, M. N., & Hafidzi, A. H. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Penelitian IPTEKS, 3(1), 86. https://doi.org/10.32528/ipteks.v3i1.1881
Telaumbanua, R. (2023). Pengaruh Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uniraya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 6(X), 143–152.
Tresnasari, R., & Zulganef, Z. (2023). Increasing MSME Performance Through Institutional Strengthening, Entrepreneurship, and Digital Marketing. International Journal of Research in Community Services, 4(1), 11–17. https://doi.org/10.46336/ijrcs.v4i1.383
Wardhana, A. (2023). Konsep Membangun Motivasi Berwirausaha. September. https://www.researchgate.net/publication/371340701
Wibowo, A., Lestari, E., & Sugihardjo. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penguatan Modal Sosial dan Peran Stakeholder dalam Pembangunan Desa Wisata di Kabupaten Karanganyar Community Empowerment Through Strengthening Social Capital and the Role of Stakeholders in the Development of Tourism Villa. Jurnal Penyuluhan, 20(01), 148–164.
Widiana, M. E. (2020). Pengantar Manajemen.
Wongso, S. H., Gana, F., & Kerihi, A. S. Y. (2020). The effect of enterpreneurship motivation, enterpreneurship competency, and financial literation on msmes in kupang city. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2), 5236–5241.
Copyright (c) 2024 Rosdia Widiasih Perdana, Keni Kaniawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.