FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH BSI DI KOTA PASURUAN

  • Sakinah Ilfi Nabilah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Khusnudin Khusnudin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Kepuasan nasabah, perbankan syariah, kualitas layanan, kinerja karyawan, harga, produk

Abstract

Di era globalisasi, persaingan di industri perbankan, terutama perbankan syariah, semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, produk, kualitas layanan, dan kinerja karyawan terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Pasuruan Sudirman 1. Dengan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kinerja karyawan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, sementara harga dan produk tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Penemuan ini menyoroti pentingnya aspek kualitas layanan yang responsif dan profesional, serta kinerja karyawan yang baik dalam menciptakan pengalaman positif bagi nasabah. Nasabah lebih mementingkan kepatuhan syariah dan kenyamanan transaksi daripada variasi produk dan harga. Penelitian ini mengisi kesenjangan dalam literatur mengenai kepuasan nasabah di perbankan syariah, serta memberikan wawasan bagi pengelola bank untuk meningkatkan kualitas layanan dan kinerja karyawan guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah.

 

References

Afriyadi Afriyadi, Friska Marlianda Sari, Novi Andriani, Nurul Oktaviani, Raja Amelia Agustinawati, Shandia Saqinah, Tri Utami Miranty, & Sarah Nabila Armelia Putri. (2024). Evaluasi Etika Kerja dan Kinerja Teller Bank dalam Memberikan Layanan Kepada Nasabah. Akuntansi Dan Ekonomi Pajak: Perspektif Global, 1(3), 53–63. https://doi.org/10.61132/aeppg.v1i3.245
Al-Ghifari, M. I., & Khusnudin. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Biaya Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Denpasar Bali. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(2), 421–434. https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).10883
Alvina Ayu Septianingrum, & Ida Martini. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kenyamanan Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan Soto Mas Boed Semarang. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(6), 272–288. https://doi.org/10.61132/maeswara.v1i6.409
Apriliana, A., & Sukaris, S. (2022). Analisa Kualitas Layanan Pada Cv. Singoyudho Nusantara. Jurnal Maneksi, 11(2), 498–504. https://doi.org/10.31959/jm.v11i2.1246
Arthabawan, I. W. (2017). Pentingnya Penilaian Kinerja Bagi Karyawan Dalam Suatu Organisasi (Kajian Teoritis). Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 195–204.
Azizah, S. N., Awiya, M. I., Ningsih, W. D., Firdaus, A. A., & Mahendra, I. G. . A. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan nasabah Bank BCA Syariah. MUFAKAT: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(2), 1–11.
Bahtiar, S., Islam, U., Ulama, N., Ansori, M., Islam, U., & Ulama, N. (2024). ANALISIS LAYANAN DIGITAL DAN KEPUASAN. 10(2), 1–14.
Basar, K., Zulher, Z., & Azhari, A. (2021). the Influence of Prices, Products and Distribution on Rubber Vinnegar Purchase Decisions At Ud. Bulan Bintang Ranah Air Tiris Village. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 3(1), 137–148. https://doi.org/10.55768/jrmi.v3i1.74
Daeli, A., Manao, A., & Zagoto, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UD. Sukaria Makmur Di Teluk dalam. Jurnal Ilmiah Universitas Nias Raya, 4(1), 40–52. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/jim/article/view/275
Dinawan, M. R. (2010). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi kasus pada konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 9(3), 335–369. www.cahyamotor.com/index
Dr. M. Anang Firmansyah, SE., M. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 1–337.
Elia Septia Wati, Muhammad Iqbal Fasa, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah. Jurnal AMBITEK, 12(2), 170. https://doi.org/10.32507/ajei.v12i2.892
Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi Terhadap Keputusan. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 130–146. https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.10
Fatimah, S., Soumena, M. Y., Nurhayati, S., Gasali, I., & Makkulau, A. R. (2023). Penetapan Harga Menurut Ibnu Taimiyah. Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 45–59. https://doi.org/10.35905/rikaz.v2i1.6698
Hanila, S., & Hidayat, R. (2019). Hubungan Harga Dan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Pelanggan Pada Toko Perlengkapan Baju Sekolah Elis Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 50–57. https://doi.org/10.37676/ekombis.v7i1.700
Hartono, A. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan Di Restoran the Naked Crab Surabaya. Encyclopedia of Systems Biology, 1646–1646.
HUSNI MUHARRAM RITONGA, BA, MSC DEWI NURMASARI PANE, SE., M., & CITRA ANITA RAHMAH, S. . (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HONDA IDK 2 MEDAN. Jurnal Manajemen Tools, 12(2), 30–44.
I Wayan Meryawan, Mahayanti Fitriandari, Tjokorda Gde Agung Wijaya Kesuma Suryawan, I. D. A. I. W. (2022). Mengukur Tingkat Kepuasan Nasabah Dampak Dari Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan. AKSES, 2085.
Ismiyati, T. (2023). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 460–469. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.512
Lesmana, C. I. (2023). Pengaruh kualitas produk, kebutuhan mencari variasi, terhadap ketidakpuasan nasabah berdampak pada perpindahan ke bank syariah. 01(02), 42–50.
Mahmudin. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Qudwah Mart di Lebak. Aksioma Al-Musaqoh: Journal of Islamic Economics and Business Studies, 5(1), 22.
Rismaeka, N., & Susanto, S. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada the Kitchen Cafe. Solusi, 19(4), 405. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i4.3730
Sakinah, S., & Aslami, N. (2021). Peranan Strategi Pemasaran Produk Fulnadi Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan pada Asuransi Takaful Keluarga Palembang. VISA: Journal of Vision and Ideas, 1(2), 101–112. https://doi.org/10.47467/visa.v1i2.783
Sihombing, P. L. T., & Batoebara, M. U. (2019). Strategi Peningkatan Kinerja Dalam Pencapaian Tujuan. Jurnal Publik Reform UNDHAR MEDAN, 6, 1–16.
Syifa, F., Indah, A., Nasution, L., Inayah, N., Ekonomi, F., Islam, B., Islam, U., Utara, S., Utara, S., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., Islam, B., Islam, U., Sumatera, N., Utara, S., Studi, P., Syariah, E., Ekonomi, F., Islam, B., … Utara, S. (2023). Analysis of Bsi Readiness in Facing the Development of Fintech-Based. 10(1), 1–10.
Yuliaty, T., Shafira, C. S., & Akbar, M. R. (2020). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global. Mbia, 19(3), 293–308. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1167
Published
2024-10-12
Abstract viewed = 4 times
pdf downloaded = 4 times