PENGARUH PROMOSI, TAGLINE DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SHAMPO PANTENE DI SAMARINDA

  • Rizal Pangestu Universitas Mulawarman
  • Tuti Wediawati Universitas Mulawarman
Keywords: Pantene, Promotion, Tagline, Brand Ambassador

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Promosi, Tagline, dan Brand Ambassador terhadap Minat Beli. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap website dan media sosial, serta penyebaran kuesioner secara online melalui Google Form kepada konsumen Sampo Pantene di Samarinda yang telah melakukan minimal dua kali pembelian, dengan total 100 responden. Analisis data dilakukan menggunakan software IBM SPSS 26, dengan metode yang mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli, (2) Tagline berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli, (3) Brand Ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli, dan (4) Promosi, Tagline, serta Brand Ambassador berpengaruh secara simultan terhadap Minat Beli.

 

References

Abdullah, M. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Aswaja Pressindo.
Alma, B. (2008). Kewirausahaan (rev. c, Ed.). Alfabeta.
Anggara, S. (2015). Metode Penelitian Administrasi. CV Pustaka Setia.
Chiaravalle, B., & Schenck, B. F. (2015). Branding of Dummies (2nd ed.). Wiley Publishing.
Doucett, E. (2008). Creating Your Library Brand. The American Library Association.
Fernos, J., & Ayadi, A. S. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Donat Madu Lapai. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 593–604.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25.
Universitas Diponegoro.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi pemasaran. Erlangga.
Ikhsan, M. (2017). Pemasaran Produk Sampo Pantene.
JAYA, I. M. L. M. (2020). METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF.
Kasmir. (2022). PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN. PT RajaGrafidno Persada.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. PT Indeks Kelompok Gramedia.
MARDIATMOKO, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi
Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3),
333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342
RajaGrafindo Persada. (2022). Pengantar Metode Penelitian Untuk Ilmu Manajemen, Akuntansi, dan Bisnis.
Royan, F. M. (2004). Marketing Celebrities: Selebriti Dalam Iklan dan Strategi Selebriti dalam Memasarkan Diri Sendiri. PT. Elex Media Komputindo.
Rustan, S. (2009). Mendesain Logo. PT Gramedia Pusaka Utama.
Saputri, D., Mulyatini, N., Basari, A. (2020). Pengaruh Tagline Dan Brand ambassador Terhadap Brand Awareness (Studi pada Produk Motor Yamaha di PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). Bahana Cahaya Sejati Ciamis) Businesa Management and Entrepreneurship, 2.
Setiawan, A. M., Purnomo, D., & Harnita, P. C. (2021). Analisis pengaruh promosi ecommerce di Youtube terhadap brand awareness dan dampaknya terhadap minat beli. Jurnal Cakrawala, 10(1), 55–80.
Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan Dan Promosi Edisi Kedelapan (8th ed.). Salemba Empat.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Published
2024-10-16
Abstract viewed = 5 times
pdf downloaded = 7 times