PENGARUH EKSPEKTASI PENDAPATAN, LINGKUNGAN DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus pada Mahasiswa FISIP Universitas Mulawarman)
Abstract
ABSTRACT
This research aims to analyze the influence of income expectations, environment,
and self-efficacy on interest in entrepreneurship among students at the Faculty of
Social and Political Sciences (FISIP) at Mulawarman University. In facing
increasingly complex global economic challenges and high levels of unemployment
among college graduates, entrepreneurship is often seen as an effective solution in
creating new jobs. Therefore, understanding the factors that influence students'
interest in entrepreneurship is very important. This research used a quantitative
approach involving 110 FISIP Unmul students class of 2020 as a sample. This
research provides results showing that income expectations, environment, and selfefficacy have a significant influence on students' interest in entrepreneurship, both
partially and simultaneously. Among these three variables, self-efficacy is proven
to be the most dominant factor in encouraging students' interest in entering the
world of entrepreneurship. These findings have important implications for the
development of entrepreneurship education programs at universities, which are
expected to equip students with the skills and confidence to create their own
employment opportunities.
Keywords: Income Expectations, Environment, Self Efficacy, Interest in
Entrepreneurship.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekspektasi pendapatan,
lingkungan, dan self efficacy terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Mulawarman. Dalam
menghadapi tantangan ekonomi global yang semakin kompleks dan tingginya
tingkat pengangguran di kalangan lulusan perguruan tinggi, berwirausaha sering
kali dianggap sebagai solusi efektif dalam menciptakan lapangan kerja baru. Oleh
karena itu, pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi minat mahasiswa
untuk berwirausaha menjadi sangat penting. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 110 mahasiswa FISIP Unmul angkatan
2020 sebagai sampel. Penelitian ini memberikan hasil yang menunjukkan bahwa
ekspektasi pendapatan, lingkungan, dan self efficacy mempunyai pengaruh secara
signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha, baik secara parsial
maupun simultan. Di antara ketiga variabel tersebut, self efficacy terbukti menjadi
faktor yang paling dominan dalam mendorong minat mahasiswa untuk memasuki
dunia kewirausahaan. Temuan ini memiliki implikasi penting dalam
pengembangan program pendidikan kewirausahaan di universitas, yang diharapkan
dapat membekali mahasiswa dengan keterampilan dan kepercayaan diri untuk
menciptakan peluang kerja sendiri.
Kata Kunci: Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan, Self Efficacy, Minat
Berwirausaha
References
Yuliatin, Eni. (2018). Pengaruh Lingkungan Kampus dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda 2014-2016).
Permatasari, A. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. In Occupational Medicine (Vol. 53, Issue 4). https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
Utari, F. D., & Sukidjo, S. (2020). The Roles of Need for Achievement and Family Environment in Stimulating Entrepreneurial Interest through Self-Efficacy.
Jurnal Economia, 16(2), 143–160. https://doi.org/10.21831/economia.v16i2.28725
Annisa, B. N. (2022). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Motivasi dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Digital Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN PROF. K.H. Saifunddin Zuhri Purwokerto. 1–90.
Munawar, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 398–406. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.105
Pamungkas, A. P. (2017). Pengaruh Self Efficacy, Pendidikan Kewirausahaan Dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, 130.
Mediaindonesia.com. (2022). Minat Kalangan Milenial dan Generasi Z Geluti Wirausaha Terus Meningkat. https://mediaindonesia.com/humaniora/504466/minat-kalangan-milenial-dan-generasi-z-geluti-wirausaha-terus-meningkat
Acuña, M. H., Ogilvie, K. W., Baker, D. N., Curtis, S. A., Fairfield, D. H., & Mish, W. H. (1995). The Global Geospace Science Program and its investigations. In Space Science Reviews (Vol. 71, Issues 1–4). https://doi.org/10.1007/BF00751323
Aini, S. J. Q. (2019). Pengaruh Mata Pelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas XI Akuntansi di SMKN 3 Bandung). 6(2), 12–31.
Suharto, S., Japlani, A., & Ali, K. (2021). Pengukuran Minat Berwirausaha Menggunakan Self Efficacy, Lingkungan Dan Pendidikan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Feb Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal Bisnis Darmajaya, 7(1), 52-69.
Tumanggor, D. R., Malau, A. R., & Damanik, H. M. (2023). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa dikota Medan. Journal of Economics and Business, 4(2), 13–22.
Andini, D. P., & Engriani, Y. (2019). Pengaruh Self-Efficacy, Tolerance for Risk, dan Kebebasan dalam Bekerja terhadap Minat Entrepreneurship Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(4), 34–47. https://doi.org/10.24036/jkmw0278980
Jassin, A. A., Gede, L., & Dewi, K. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Persepsi Kewirausahaan, dan Self-Efficacy terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 14(2), 119–129. https://journal.ikopin.ac.id
Mustofa, M. A., & Muhson, A. (2014). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, self efficacy, dan karakter wirausaha terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman. Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Minarni, M. (2020). Efikasi Diri Guru. In POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.53491/porosonim.v1i2.33
Murdiyanto, A. (2019). Peningkatan Minat Wirausaha Melalui Model Sinetik Pada Siswa Kelas AK2 di SMK N 1 Windusari Magelang. MEDI KONS: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling UNISRI Surakarta, 5(1).
Setiawan, D., & Sukanti. (2016). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, LingkunganKeluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Profita, 7, 1–12.
Sintya, N. M. (2019). Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas Mahasaraswati Denpasar. Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 337–380.
Tumanggor, D. R., Malau, A. R., & Damanik, H. M. (2023). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa dikota Medan. Journal of Economics and Business, 4(2), 13–22. https://doi.org/10.36655/jeb.v4i2.1090
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cetakan ke-16). Bandung: Alfabeta.
Basrowi, A. (2011). Pengaruh motivasi berwirausaha terhadap kinerja usaha kecil menengah. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(2), 55-68.
Setianingsih, T. (2017). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ekspektasi Pendapatan Wirausaha Pemula. Dalam A. Budiman (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (hal. 123-135). Bandung: Universitas Padjadjaran.
Farida, S., & Nurkhin, A. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan self efficacy terhadap minat berwirausaha siswa SMK program keahlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(1).
Alwisol. (2015). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Vecchione, M., Caprara, G. V., Caprara, M. G., Alessandri, G., Tabernero, C., & González-Castro, J. L. (2014). The perceived political self-efficacy scale–Short Form (PPSE-S) A validation study in three Mediterranean countries. Cross-Cultural Research, 48(4), 368-384.
Perhimpunan Mahasiswa Kewirausahaan Indonesia. (2023). Survei Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia 2023.
Darmawan, I. (2020). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Caring Economics. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Waloyo, H. A. M. (2022). Penyebab Rendahnya Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Sriwijaya Tahun Akademik 2017 – 2019. Universitas Sriwijaya
Rinaldi, A., & Handayani, S. (2020) Faktor Rendahnya Minat Mahasiswa Kepelatihan terhadap Kewirausahaan. Jurnal Patriot, 2 (1), 328-335.
Copyright (c) 2024 Rifaa Salsabil Irawan, Muhammad Zaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.