PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI KERJA, DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA GURU DI KECAMATAN MUARA LAKITAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh lingkungan kerja, motivasi kerja, dan pengembangan karir terhadap kinerja guru di Kecamatan Muara Lakitan. Kinerja guru merupakan indikator kunci keberhasilan pendidikan, sehingga penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhinya. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda untuk mengevaluasi pengaruh ketiga variabel bebas terhadap kinerja guru.Dari hasil analisis ditemukan bahwa bahwa lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dengan kontribusi sebesar 5,22%. Sebaliknya, motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dengan kontribusi sebesar 11,47%. Faktor ini mencakup penghargaan, dan pencapaian pribadi, yang penting untuk meningkatkan semangat dan kinerja guru. Pengembangan karir memberikan kontribusi terbesar, yaitu 27,03%. Kesempatan untuk pelatihan profesional, program peningkatan kompetensi, dan promosi karir meningkatkan komitmen dan semangat guru, berdampak positif pada kinerja mereka. Secara keseluruhan, total pengaruh ketiga variabel terhadap kinerja guru mencapai 43,9%. Ini menunjukkan kontribusi signifikan dari variabel bebas yang diteliti, meskipun ada kemungkinan variabel lain juga mempengaruhi kinerja guru. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi kepala sekolah dan pihak terkait untuk fokus pada lingkungan kerja, pengembangan karir, dan motivasi kerja guna meningkatkan kinerja guru. Penelitian lebih lanjut diperlukan lebih menggali faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja guru serta implikasi praktis dari temuan ini.
References
Aedi, N. (2019). *Manajemen Pendidik dan Tenaga Pendidik*. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Maria, P., Lusiana, S. A., et al. (n.d.) (2022). *Prilaku dan Budaya Organisasi*. Lombok Barat: Penerbit Seval.
Pakpahan, A. F., Prasetio, A., Negara, E. S., Gurning, K., Situmorang, R. F. R., Tasnim, T., Sipayung, P. D., Sesilia, A. P., Rahayu, P. P., Purba, B., Chaerul, M., Yuniwati, I., Siagian, V., & Rantung, G. A. J. (2021). Metodologi Penelitian IlmiaH.
Rohman, M. M., Bani, M. D., & Bani, G. A. (2023). *Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif: Teori Dan Praktik*. Get Press Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/377329440
Sahir, S. H., Handiman, U., Ainun, W., Purba, B., Silalahi, M., Sugiarto, M., Ismail, M., Hidayatulloh, A., Purba, S., & Sudarmanto, E. (2022). *Kepemimpinan dan Budaya Organisasi*.
Sugiyono, A. S. (2017). *Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel, Teori dan Aplikasi untuk Analisis Data Penelitian*. Bandung: ALFABETA.
Terry, G. R. (2019). *Dasar-Dasar Manajemen Edisi Revisi*. Jakarta: Bumi Aksara.
Widiana, M. E. (2020). *Buku Dasar Pengantar Manajemen*. Banyumas: Pena Persada.
Jurnal
Alie, J., Susanto, E., Richset, J., & Kore, R. (2022). Pengaruh Pengalaman Kerja, Tingkat Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan PT Semen Baturaja (Persero) Tbk di Divisi Operation. *Science Journal*, 20(3).
Amelia, A., Manurung, K. A., & Purnomo, D. B. (2022). Peranan Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Organisasi. *Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam*, 21(2), 128–138. https://doi.org/10.47467/mk.v21i2.935
Andra, A., Sabandi, A., Syahril, S., & Zikri, A. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Insentif terhadap Motivasi Berprestasi Guru. *Jurnal Basicedu*, 4(3), 690–695. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.379
Daniati, N., Viemdinata, A., & Miharja, W. (2023). Analisis Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Belimbing Melawi. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara*, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.58740/juwara.v3i1.58
Eldiana Harahap, F., Khairinal, K., & Rosmiati, R. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 11 Kota Jambi. *Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial*, 4(2), 625–636. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i2.1621
Ende, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. *Angewandte Chemie International Edition*, 6(11), 951–952. (Vol. 2).
Fitrianingrum, N. S., Aminin, S., & Riyanto, R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru SMA di Kecamatan Purbolinggo. *Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan*, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.35912/jahidik.v1i2.583
Gyansah, S., Ogola, M. O., & Guantai, K. H. (2020). Effect of School Heads’ Inspirational Motivation Leadership Practices on Students Academic Achievement in Public High Schools in Kumasi Metropolitan, Ghana. *Journal of Education and Practice*, June. https://doi.org/10.7176/jep/11-14-09
Haryanto, A. T., Dewi, S. N., & Fatonah, S. (2020). Kepuasan Kerja Intrinsik Memediasi Pengaruh Kompetensi Kerja dan Lingkungan Kerja Pada Kinerja di Sekolah Dasar. *Jurnal Basicedu*, 4(3), 754–764. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.426
Herdiyanti, R., & Assery, S. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Dimediasi Oleh Kedisiplinan Pada Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. *Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia*, 1(1), 171–189. https://doi.org/10.32477/jrabi.v1i1.xxx
Kailola, L. G. (2023). Menilik Adanya Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Guru. *Jurnal Pendidikan Tambusai*, 7(3), 22040–22048.
Kurniyanto, W. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru SMK NU Kedungtuban Kabupaten Blora. *Jurnal Mitra Manajemen*, 6(2), 111–125. https://doi.org/10.52160/ejmm.v6i2.598
Kusvitaningrum, A. B., Sobri, A. Y., & Sunarni, S. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Jombang. *Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan*, 1(11), 915–926. https://doi.org/10.17977/um065v1i112021p915-926
Kuswibowo, C. (2021). Analisis pengaruh kompetensi, motivasi kerja dan pengembangan karir terhadap produktivitas kerja guru pada lembaga pendidikan Islam. *Journal of Islamic Education and Innovation*, 2(2), 153–164. https://doi.org/10.26555/jiei.v2i2.4849
Limbu, D., Manafe, H. A., & Niha, S. S. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Sekolah dan Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Literature Review Manajemen Pendidikan). *Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi*, 4(1), 38–47.
Lubis, S. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. *EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial*, 6(1), 18–26. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4391
Mahfud, M. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Se-Kota Bima. *Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial*, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.359
Miftahur Rahman Hafid. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Di Majene. *Jurnal E-Bussiness Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar*, 3(1), 100–103. https://doi.org/10.59903/ebussiness.v3i1.67
Nafiudin, Andari, Kurnia, D., & Tia Safitri, A. (2021). Pentingnya Desain Ulang Pekerjaan Dan Deskripsi Pekerjaan Untuk Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Covid
Riwukore, J. R., Susanto, Y., Pilkandis, J., & Habaora, F. (2021). Analysis of Employee Performance in The Department of Education and Culture, Lubuklinggau City. Asia Pacific Journal of Management and Education, 4(2), 95–109. https://doi.org/10.32535/apjme.v4i2.1149
Wadud, M., Ananda, M. S., & Handayani, S. (2021). Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Stres Kerja Pada Karyawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional IV Tanjungkarang (Vol. 2, Issue 4).
Copyright (c) 2024 Agustina Agustina, Juhaini Ailie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.