PENERAPAN INBOUND DAN OUTBOUND LOGISTIK PADA USAHA FROZEN FOOD CECE SHOP DI KOTA PALU
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai penerapan inbound dan outbound logistik pada usaha frozen food Cece Shop di Kota Palu, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis apakah strategi logistik yang digunakan oleh Cece shop dalam mengelola arus barang masuk (inbound) dan keluar (outbound) sudah efektif dan efesien sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan. Metode penelitian meliputi observasi langsung, wawancara mendalam dengan pemilik usaha dan karyawan, serta analisis data sekunder dari laporan penjualan dan inventaris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan inbound logistik yang efektif, seperti pemilihan pemasok yang tepat dan manajemen persediaan yang optimal, mampu mengurangi biaya penyimpanan dan meningkatkan ketersediaan produk. Sementara itu, outbound logistik yang efisien, termasuk sistem distribusi yang terorganisir dan pengiriman tepat waktu, berperan penting dalam meningkatkan kepuasan Jpelanggan dan memperluas pangsa pasar. Studi ini memberikan wawasan praktis bagi pengusaha frozen food lainnya dalam mengelola logistik untuk mencapai keunggulan kompetitif.
References
Raza, E., & Komala, A. L. (2020). Manfaat dan Dampak Digitalisasi Logistik di Era Industri 4.0. Jurnal Logistik Indonesia, 4(1), 49-63.
Utami, N., & Sitorus, O. F. (2015). Manajemen Logistik di Giant Ekstra. Jurnal Untilitas.
Miru, S. (2006). Kajian Kepemimpinan Kaitannya dengan Total Quality Management Perusahan Cold Storage Eksportir Udang Di Makassar. Central Library Institute Technology Bandung, 3(1), 53-60.
Thahir, H., Hadi, S., Zahra, F., Arif, I., & Rombe, E. (2022). Strengthening effects of managerial innovativeness in promoting sustainable supply chain management in tourism business. Uncertain Supply Chain Management, 10(3), 923-932.
Wahyuningsih. (2021). Customer Value, Satisfaction and Behavioral Intentions: the Effects of Consumer Search Behavior. ASEAN Marketing Journal, 3(1), 1-18.
Knoll, D., Prüglmeier, M., & Reinhart, G. (2016). Predicting future inbound logistics processes using machine learning. Procedia CIRP, 52, 145-150.
Rizki, M., Miru, S., & Hadayani, H. (2017). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Rotan Pada Mebel Rotan Palunesia Collection Team Kota Palu. Mitra Sains, 5(2), 29-36.
Oladunni, O. F. O. (2020). A study of the impact of logistic inbound and outbound operations in organizational performance at Dangote Cement Industries. National College of Ireland.
Zahara, Z., Rombe, E., Ngatimun, N., & Suharsono, J. (2021). The effect of e-service quality, consumer trust and social media marketing on intention to use online transportation services. International Journal of Data and Network Science, 5(3), 471–478.
Alimuddin, M., & Poddala, P. (2023). Prospek Digital Marketing Untuk Generasi Muda Dalam Berwirausaha. Journal of Career Development, 1(1).
Permana, D. S., & Revansa, R. R. PERAN STRATEGIS MANAJEMEN LOGISTIK DALAM KEUNGGULAN BERSAING PERUSAHAAN. Jurnal MANAJERIAL, 23(1), 85-96.
Pasaribu, F., Bulan, T. R. N., Muzakir, M., & Pratama, K. (2021). Impact of Strategic Leadership and Organizational Innovation on the Strategic Management: Mediational Role of IT Capability. Polish Journal of Management Studies, 24(2), 354-369.
Ferdinand, A. T., & Wahyuningsih, W. (2018). Salespeople’s innovativeness: A driver of sales performance. Management & Marketing. Challenges for the Knowledge Society, 13(2), 966-984.
Muslimin, M., Hadi, S., & Ardiansyah, A. (2015). The relationship between logistics and financial performance of SMEs in Indonesia. International Journal of Applied Business and Economic Research, 13(7), 4805-4814.
Rini, E. S., Rombe, E., & Tarigan, M. I. (2024). Brand destination loyalty: the antecedents of destination brand experience. Cogent Business & Management, 11(1), 2320992.
Afiya, N., Permadi, Y. W., & Ningrum, W. A. (2022). Analisis Pengelolaan Manajemen Logistik Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Qim Batang Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Jophus: Journal of Pharmacy UMUS, 3(02), 138-145.
Herman, Sulaeman Miru, & Asngadi. (2023). The Effect of Supply Chain Management on SMIs Operational Performance (Study on Packaged Coffee Powder Industry in Sigi District). Tadulako International Journal of Applied Management, 5(1), 95-100.
Syamsuddin, S., Saharuddin, S., Yusrizal, Y., Dharmawati, T., Pujisari, Y., & Fatmawati, E. (2023). Utilizing blockchain technology in global supply chain management: An exploration of scalable information systems. Jurnal EAI, 11(1).
Daniati, N. (2023). Peranan perusahaan logistik dalam memperkuat rantai nilai halal di Provinsi Sumatera Utara (studi kasus JNE Cabang Padangsidimpuan) (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).
Wahyuningsih, H., Nasution, H., Yeni, Y. H., & Roostika, R. (2022). A comparative study of generations X, Y, Z in food purchasing behavior: The relationships among customer value, satisfaction, and eWOM. Cogent Business & Management, 9(1), 2105585.
Wahyuningsih, A., & Nurdin, D. (2010). The Effect of Customer Satisfaction on Behavioral Intentions: A Study on Consumer Behavior of Car Insurance Consumers in Melbourne, Australia. Integritas - Jurnal Manajemen Bisnis, 3(1), 1–16.
Febriani, S., Din, M., & Lamusa, F. (2023). Mengaktifkan Kegiatan Inbound Logistik Dan Conversion Operation Pada Pengolahan Minyak Kelapa Kampung Desa Tambu. Jurnal Manajemen dan Ekonomi Kreatif, 1(2), 130-143.
Rombe, E., & Hadi, S. (2022). The impact of supply chain capability and supply chain performance on marketing performance of retail sectors. Uncertain Supply Chain Management, 10(2), 593-600.
Nuryanto, N., Elyatuzaka, E., & Ridho, A. (2022). Peningkatan Kualitas Pengiriman Barang Melalui Sistem Door To Door. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 20(1), 12-25.
Komara, J. (2014). Studi Deskriptif Aktivitas Inbound Outbound Logistik Pada UD Sumber Baru di Jember. CALYPTRA, 3(1), 1-23.
Adam, R., Suardi, S., & Lahay, M. (2023). Pricing strategy and marketing distribution channels on customer satisfaction and purchasing decision for green products. Uncertain Supply Chain Management, 11(4), 1467-1476.
Widiyanto, D. (2022). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Inventori Berbasis Web (Studi Kasus: SMK YPT Purworejo). Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika, 10(1), 24-31.
Li, X., & Zhou, K. (2021). Multi-objective cold chain logistic distribution center location based on carbon emission. Environmental Science and Pollution Research, 28, 32396-32404.
Zulkhairi, Z., Arneliwati, A., & Nurchayati, S. (2018). Studi Deskriptif Kualitatif: Persepsi Remaja Terhadap Perilaku Menyimpang. Jurnal Ners Indonesia, 8(2), 145-157.
Zahara, Z., Ikhsan, Santi, I. N., & Farid. (2023). Entrepreneurial marketing and marketing performance through digital marketing capabilities of SMEs in post-pandemic recovery. Cogent Business & Management, 10(2), 2204592.
Ganika, G. (2016). Mengukur kinerja manajemen rantai pasok: kepuasan inter-relasi antar perusahaan sebagai ukuran alternatif.
Syahrani, R., & Habibullah, H. (2024). Peran Teknologi Informasi Komunikasi dalam Manajemen Rantai Pasok: Systematic Literatur Review. Journal of Business Management, 2(1), 1-10.
Copyright (c) 2024 Reval Rahmat Nurdin, Suryadi Hadi, Sulaeman Miru, Syamsuddin Syamsuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.