PENINGKATAN KINERJA PERIZINAN USAHA PERIKANAN BAGI NELAYAN KABUPATEN SIKKA PADA KCD KELAUTAN DAN PERIKANAN NTT DI LARANTUKA MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

  • Yuliana Oneng Universitas Nusa Nipa, Maumere
  • Angelinus Vincentius Universitas Nusa Nipa, Maumere
Keywords: Kata Kunci: Kinerja Pegawai Perizinan, Analytical Hierarchy Process.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menentukan dalam peningkatan kinerja pegawai dan kepuasan pelanggan dalam hal perizinan usaha perikanan bagi nelayan Kabupaten Sikka pada KCD Kelautan dan Perikanan NTT di Larantuka. Penelitian dilaksanakan selama 2 minggu sejak 10 April sampai 24 April 2024. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu dengan pendekatan Analytical Hierarchy Process atau AHP dalam mengidentifikasi faktor determinan yang menentukan kinerja perizinan usaha perikanan. Indikator kinerja yang digunakan di sini yaitu indikator-indikator kepuasan masyarakat menurut Kepmen-PAN nomor Kep/25/M.PAN/2/2004. Hasil AHP dengan struktur yang dibangun terdiri dari 3 level, dimana untuk mencapai tujuan peningkatan kinerja pegawai dan kepuasan pelanggan, stakeholder terpenting adalah stakeholder kunci (pegawai KCD, dinas, unsur pemerintah) dengan nilai vektor sebesar 0.5707, diikuti stakeholder utama (nelayan dan kelompok nelayan) dengan nilai vektor 0.2808. Faktor-faktor penentu terpenting kinerja pegawai dan kepuasan pelanggan pada KCD Larantuka yaitu peningkatan kedisiplinan petugas dengan nilai vektor sebesar 0.3105, dimana upaya yang dapat dilakukan melalui pengawasan dan supervisi, pembinaan pegawai, fokus pada pelayanan, dan pemberian reward. Faktor penentu terpenting berikutnya yaitu peningkatan kemampuan nelayan dengan nilai vektor sebesar 0.2048, dimana upaya yang dapat dilakukan dengan identifikasi kebutuhan pelatihan, pelaksanaan pelatihan dan pengembangan, mentorship dan coaching, rotasi pekerjaan, serta peningkatan pendidikan formal.

References

Andreawan M. & Daulay S.M. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kedisiplinan Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai RSU. Latersia Binjai. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 1 No. 3 Januari 2023 – April 2023.
Alfajar F, Mustainah, Tawil M, Polii J.J. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Makassar Jeans House Kota Palu. Cenderawasih – Journal of Administration and Management Public Literation (JAMIL). Volume 1, Nomor 1, Tahun 2021. 37-50.
Azizah R.R. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Stasiun Kereta Api Surabaya Gubeng). Thesis. Pasca Sarjana Universitas Brawijaya.
Choliq A. 2020. Peran Pengawasan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Kerja Pegawai.
Kementerian Keuangan RI, KPKNL Palu. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-palu/baca-artikel/13454/Peran- Pengawasan-Dalam-Meningkatkan-Kedisiplinan-Kerja-Pegawai.html
Darmasetiadi D, Ningsih E.S, Oktawati N.O, Darmansyah O. 2023. Identifikasi dan Peran Stakeholder Dalam Pengelolaan Zona Penangkapan Ikan di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Ilmu Perikanan dan Kelautan, Vol. 5(2): 223-236, Juli 2023.
Faletehan A.F. 2016. Analytical Hierarchy Process (AHP). Teknik Pengambilan Keputusan untuk Pembangunan Daerah. Yogyakarta: Indonesia Pustaka.
Gea N. 2020. Model Strategi Peningkatan Disiplin Kerja Pegawai Melalui Program Reward and Punishment. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 8.0. Vol. 4 No. 1 (2020).
http://knia.stialanbandung.ac.id/index.php/knia/article/view/553
Handayani F. & Warsono H. 2017. Analisis Peran Stakeholders dalam Pengembangan Objek Wisata Pantai Karang Jahe di Kabupaten Rembang. Journal of Public Policy and Management Review, 6(3), 40-53.
Humas Seputar Birokrasi. 2023. 11 Cara Meningkatkan Kompetensi Profesional Pegawai Negeri Sipil (PNS). https://seputarbirokrasi.com/11-cara- meningkatkan-kompetensi-profesional-pegawai-negeri-sipil-pns/
Islamiyah A.N, Alyas, Parawu H.E. Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gowa. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index. Volume 2, Nomor 5, Oktober 2021.
Ismawanto T, Setianegara R.G, Rahmani S. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Karyawan Frontliner Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Balikpapan Sudirman Unit Klandasan. JBK Jurnal Bisnis & Kewirausahaan Volume 16, Issue 1, 2020 ISSN (print) : 0216-9843 ISSN (online) : 2580-5614.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
Lelloltery H, Pujiatmoko S, Fandelli C. & Baiquni M. 2018. Pengembangan Ekowisata Bahari Berbasis Masyarakat dan Peran Stakeholder dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam di Taman Wisata Alam Laut Pulau Marsegu Kabupaten Seram Bagian Barat Propinsi Maluku. Jurnal Hutan Tropis, 6(3), 302-314.
Maulana F.I. 2021. Konsep AHP (Analytical Hierarchy Process). Binus University, Computer Science Study Program, Malang. https://binus.ac.id/malang/2021/06/konsep-ahp-analytical-hierarchy- process/
Maulidia N. 2020. Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen di PDAM Kabupaten Bangkalan Unit Blega Tahun 2020. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Hikmah Bangkalan.
Moeheriono. 2018. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi Edisi Revisi Cetakan 2. Jakarta: Rajawali Pers.
Nabila A.H. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kedisiplinan Pegawai Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi dan Keuangan, 3 (2), 2021, 76 - 84 ISSN: 2686-1054 (media online).
Novita D. 2020. Analisis Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tegal. Program Studi D III Akuntansi. Tegal: Politeknik Harapan Bersama.
Nugroho H.C, Zauhar S, & Suryadi. 2014. Koordinasi Pelaksanaan Program Pengembangan Kawasan Agropolitan di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pembangunan dan Alam Lestari. 5(1), 12- 22.
Nurliyanti T. 2024. Upaya Peningkatan Kinerja Petugas Pelayanan Publik di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung. JuRiMa. Jurnal Riset Mahasiswa. Vol. 2 No. 2 (2024).
Nursiti D. & Fedrick D. 2018. Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Chatime Focal Point Medan. Jurnal Psychomutiara Vol.2 No.1 Agustus 2018, 46-56.
Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan RI nomor 58/PERMEN-KP/2020 tentang Usaha Perikanan Tangkap.
Peraturan Pemerintah nomor 85 tahun 2021 tentang Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Permatasari C.K. 2020. Penerapan Analitycal Hierarchy Process (AHP) dalam Menentukan Lokasi Pabrik Tempe. JAPPS. Journal of Applied Sciences Vol. 2 No. 2 Agustus 2020. Hal. 24-33. p-ISSN 2656-7288 / e-ISSN 2656-7334.
Rusyda N, Natsir U.D, Ruma Z. 2022. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Kinerja Pegawai pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bulukumba. Cross- border Vol. 5 No. 2 Juli-Desember 2022, page 1521-1538.
Santoso E.A, Haryanto A.T, Sarjono H.S. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar. journal.universitaspahlawan.ac.id. Vol.11 No.2 2022 Bulan Juni 2022.
Suhardiono A. 2023. 10 Cara meningkatkan kompetensi karyawan. Beyond Telework V-Cube. https://vcube.co.id/10-cara-meningkatkan-kompetensi-karyawan/
Saaty L.1993. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin, Proses Hierarki Analitik Untuk Pengambilan Keputusan Dalam Situasi yang Kompleks. Terjemahan dari Decision making for leaders ; The Proces for decisions in complex world. Jakarta: PT. Pustaka Binawan Pressindo.
Sembodo S.P.2020. Hubungan Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja dengan Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 1, Issue. 1, 2020, pp. 65-74.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwarni A. 2019. 3 (Tiga) Tips Sederhana Meningkatkan Disiplin Kerja. BKD Trenggalek. https://bkd.trenggalekkab.go.id/2019/07/11/3-tiga-tips- sederhana-meningkatkan-disiplin-kerja/
Tohardi. 2002;397. dalam Kominfo July 2019. https://info.kapuashulukab.go.id/2019/07/11/metode-pembinaan-disiplin- aparatur-pemerintah-dalam-meningkatkan-kualitas-kerja/
Triyanti R. & Susilowati I. 2019. Analisis Pemangku Kepentingan dalam Pengelolaan Kawasan Pesisir Berkelanjutan di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 9(1), 23-34.
UU RI nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. UU RI nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Viarani O. & Zadry. 2015. Analisis Pemilihan Pemasok Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process di Proyek Indarung VI PT Semen Padang. Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Padang. Jurnal Laporan Kerja Praktek, vol. 14 no.1, April 2015:55-70. ISSN 2088-4842 / 2442-8795.
Published
2024-11-29
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times