PERENCANAAN BISNIS TEMPAT KURSUS BAHASA MANDARIN CATATAN MANDARIN
Abstract
Catatan Mandarin merupakan sebuah tempat Pendidikan Bahasa Mandarin di luar sekolah yang berlokasi di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Catatan Mandarin tempat kursus dengan program online class dan offline class. Bagi murid yang memilih dengan program offline class, Catatan Mandari akan datang ke rumah-rumah murid. Sedangkan untuk online class berlaku untuk seluruh negara di dunia. Catatan Mandarin berdiri pada 8 Agustus 2022 pada tahun tersebut menjadi masa transisi pandemi covid 19 ke masa new normal. Catatan Mandarin hadir dengan masalah yang ada di lingkungan bisnis bagi seluruh murid yang kegiatan sekolah menjadi school from home sehingga menghadi kesulitan belajar Bahasa Mandarin di rumah. Pengajar di Catatan Mandarin sudah terserifikasi HSK 5 yang menjadi patokan untuk dapat mengajarkan murid-murid dari segala tingkatan. Strategi bisnis yang digunakan pada Catatan Mandarin adalah loyalitas pelanggan. Dengan memberikan kenyamanan saat belajar Bahasa Mandarin dan berbagai promo menarik setiap bulannya. Menjaga kepuasan pelanggan merupakan tujuan utama Catatan Mandarin dapat bertahan di Tengah persaingan lini usaha serupa. Catatan Mandarin selalu menerima masukan dari setiap pelanggan setia Catatan Mandarin dan tetap menjaga komunikasi yang baik. Pada strategi pemasaran Catatan Mandarin menggunakan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, and threads) hasil dari analisis kekuatan pada Catatan Mandarin berupa penetapan waktu yang fleksibel, layanan berlajar door-to-door sehingga mempermudah murid dalam proses belajar-mengajar secara tatap muka, dan harga yang disesuaikan dengan kebutuhan murid. Catatan Mandarin menggunakan teknik pemasaran STP (segmenting, targeting, and positioning) untuk penetapan segmentasi pasar secara demografis di wilayah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung untuk kegiatan kursus privat secara online serta target pasar untuk siswa, mahasiswa, dan karyawan.
References
Ashwini Sonar & Dr. Rajesh Kumar Pandey. (2023). Human Resource (HR) Practices—A Comprehensive Review. Management Journal for Advanced Research, 3(5), 42–56. https://doi.org/10.54741/mjar.3.5.5
Auernhammer, J., & Roth, B. (2021). The origin and evolution of Stanford University’s design thinking: From product design to design thinking in innovation management. Journal of Product Innovation Management, 38(6), 623–644. https://doi.org/10.1111/jpim.12594
Azhari, K. H., Budiman, T., Haroen, R., & Yasin, V. (2021). ANALISIS DAN RANCANGAN MANAJEMEN PROSES BISNIS UNTUK LAYANAN PELANGGAN DI PT. PGAS TELEKOMUNIKASI NUSANTARA. Journal of Information System, Informatics and Computing, 5(1), 48. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i1.381
Bruijl, G. H. Th. (2018). The Relevance of Porter’s Five Forces in Today’s Innovative and Changing Business Environment. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3192207
C. Barrood, J. (2010). EntrePreneurship and Innovation: Global Insights from 24 Leaders. Rothman Institute of Entrpreneurship.
CNBC Indonesia, T. R. (2022, April 1). Ini Dia Bahasa Paling Sulit di Dunia Buat Dipelajari, ada RI?
D. Bygrave, W., & Zacharakis, A. (2014). Entrpreneurship, 3rd Edition (3rd ed.). John Wiley & Sons.
Dahana, A. (2000). Kegiatan Awal Masyarakat Tionghoa di Indonesia (Vol. 2). Wacana.
Fred R David. (2011). Strategic Management Concepts And Cases (XIII). Prentice Hall.
Gatot Nazir Ahmad. (2018). Manajemen Operasi (1st ed.). Bumi Aksara.
Gunawan, J. (2023). Hukum Perlindungan Konsumen Indonesia dan Perdagangan Bebas, dalam Ida Susanti, Bayu Seto, ed. PT Citra Aditya Bakti.
Gürel, E. (2017). SWOT ANALYSIS: A THEORETICAL REVIEW. Journal of International Social Research, 10(51), 994–1006. https://doi.org/10.17719/jisr.2017.1832
Hartini, Acai Sudriman, & Aditya Wardhana. (2022). Manajemen Pemasaran (Era Revolusi Industri 4.0). Media Sains Indonesia.
Hasanaj, P., & Kuqi, B. (2019). Analysis of Financial Statements. Humanities and Social Science Research, 2(2), p17. https://doi.org/10.30560/hssr.v2n2p17
Hasso Plather. (2010). An Introduction of Design Thinking Process Guide. Institute Of Design at Stanford.
Heizer, J. H., Render, B., & Munson, C. (2017). Operations management: Sustainability and supply chain management (Twelfth edition). Pearson.
Hisrich, R., Langan-Fox, J., & Grant, S. (2007). Entrepreneurship research and practice: A call to action for psychology. American Psychologist, 62(6), 575–589. https://doi.org/10.1037/0003-066X.62.6.575
K. R. Suhramanyam. (2014). Financial Statement Analysis, 11th Edition (11th ed.). MC Grawhill.
Kaniški, I., & Vincek, I. (2018). Business processes asbusiness systems. Tehnički Glasnik, 12(1), 55–61. https://doi.org/10.31803/tg-20170808183458
Klumbyte, E., Bliudzius, R., & Foikades, P. (2020). A SIPOC based model for the sustainable management of facilities in social housing. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 410, 012081. https://doi.org/10.1088/1755-1315/410/1/012081
Kotler & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlamgga.
Kusmulyono, M. S., & Endaryono, T. (2018). KEKUATAN VISI MISI DALAM MEMANDU ARAH STRATEGIS UMKM LEBON. 01.
Murray, A., & Scuotto, V. (2016). The Business Model Canvas. Symphonya. Emerging Issues in Management, 94–109. https://doi.org/10.4468/2015.3.13murray.scuotto
Nugroho, A. N. P. (2019). ADIKUASA PERDAGANGAN TIONGKOK: TIONGKOK DALAM REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI INDONESIA (TINJAUAN SEJARAH SOSIAL-EKONOMI PEDAGANG TIONGKOK DI INDONESIA). ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, 15(2). https://doi.org/10.21831/istoria.v15i2.27292
Ong, L. (2023). Penguatan Kewirausahaan melalui Pengenalan. 5(1).
Prananda, D. (2022). SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PERDAGANGAN BEBAS INTERNASIONAL. 2(3).
Putri, S. Y., & Ma’arif, D. (2020). Kerja Sama Ekonomi-Politik Indonesia dan Cina pada Implementasi Program Belt and Road Initiative. Jurnal Lemhannas RI, 7(3), 53–66. https://doi.org/10.55960/jlri.v7i3.78
Riswan, R., & Kesuma, Y. F. (2014). Analisis Laporan Keuangan sebagai dasar dalam Penilaian Kinerja Keuangan PT. Budi Satria Wahana Motor. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(1). https://doi.org/10.36448/jak.v5i1.449
Rony Edward Utama, Nur Asni Gani, Jaharuddin, & Andry Priharta. (2019). Manajemen Operasi (1st ed.). UM Jakarta Press.
Rusdiana. (2014). Manajemen Operasi. CV Pustaka Setia.
Simbolon, F. (2013). STRATEGI PEMASARAN GLOBAL DI PASAR INDONESIA. 4(1).
Supriyanto, -. (2012). Business Plan Sebagai Langkah Awal Memulai Usaha. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.21831/jep.v6i1.590
Suryadi, D. (2019). Pentingnya Visi Dan Misi Dalam Mengelola Suatu Usaha. Jurnal Asy-Syukriyyah, 9(1), 17–35. https://doi.org/10.36769/asy.v9i1.53
Sutami, H. (2016). Fungsi dan Kedudukan Bahasa Mandarin di Indonesia. Paradigma, Jurnal Kajian Budaya, 2(2), 212. https://doi.org/10.17510/paradigma.v2i2.28
Thompson, A. A., Strickland, A.J, & Gamble, J. E. (2007). Crafting and Excuting Strategy Concepts and Casee, 15th Edition (15th ed.). MC Grawhill.
Wastum Wahyu Hidayat. (2018). Dasar-dasar Analisa Laporan Keuangan. Uwais Inspirasi.
Yulius, R., Fajri Amirul Nasrullah, M., Karmila Sari, D., & Arsyad Alban, M. (2022). Design Thinking: Konsep dan Aplikasinya. Eureka Media Aksara.
Copyright (c) 2024 Alifita Azmi, Zulganef Zulganef
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.