PENGARUH LIFE STYLE, SELF CONTROL, PENGGUNAAN E-MONEY DAN FINANCIAL LITERACY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA MELAKUKAN ONLINE SHOPPING

  • Eko Wardoyo Universitas Putra Bangsa
  • Heri Mahyuzar Universitas Putra Bangsa
Keywords: Life Style, Self-Control, E-Money, Financial Literacy, Consumptive Behavior

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan kegiatan konsumsi barang dan jasa secara berlebihan dan tidak terencana, bahkan mungkin tidak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh life style, self control, penggunaan e-money dan Finacial literacy terhadap perilaku konsumtif mahasiswa melakukan online shopping. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang merupakan mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Gaya hidup (Life Style) secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam melakukan online shopping. Kontrol diri (Self Control) secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam melakukan online shopping. Penggunaan e-money secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam melakukan online shopping. Literasi keuangan (Financial Literacy) secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam melakukan online shopping. Sedangkan Gaya hidup (Life Style), Kontrol diri (Self Control), Penggunaan e-money dan literasi keuangan (Financial Literacy) secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam melakukan online shopping.

Kata Kunci: Life Style, Self Control, E-Money; Financial Literacy, Perilaku Konsumtif

 

ABSTRACT

Consumptive behavior is the activity of consuming goods and services excessively and unplanned, perhaps not even needed in daily life. This research aims to determine the influence of life style, self-control, use of e-money and financial literacy on the consumer behavior of students doing online shopping. The sampling technique in this research used purposive sampling. The research sample consisted of 100 respondents who were students. Data collection uses questionnaires or questionnaires. Data analysis used multiple linear regression using the SPSS 25.0 program. The research results show that lifestyle partially has a significant positive effect on students' consumptive behavior in online shopping. Self-control partially has a significant negative effect on students' consumptive behavior in online shopping. Partial use of e-money has no effect on students' consumptive behavior in online shopping. Financial literacy partially has no effect on students' consumptive behavior in doing online shopping. Meanwhile, lifestyle, self-control, use of e-money and financial literacy simultaneously influence students' consumptive behavior in online shopping.

 

References

Ambarsari, M.D., & Asandimitra, N. (2023). Pengaruh Financial Literacy, Life style, Konformitas, Money Attitude dan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Penggemar K-Pop, Jurnal Ilmu Manajemen, 11(3),550-564.
Arum, D., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi psikologi pengguna e-commerce shopee. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9), 1–120.
Anggelista, F.D., Angraini, L.D., & Putri, A.U. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Pengguna Shopee Pay Letter. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(3), 697-705.
Anggraini, L.P., & Hudaniah. (2023). Hubungan Self Control dengan Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Mahasiswa. Jurnal Cognicia, 140-149.
Averill, J. R. (1973). Personal Control Over Aversive Stimuli and Its Relationship it
Stress. Psychological Bulletin, 89(4), 286–303.
Deviyanti, S. 2020, Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Peserta Didik Kelas Xii Ips Sma Negeri 3 Makassar. Makassar : Universitas Negeri Makassar.
Fadhila, N., & Abadi, M.T. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Belanja Online, Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Business & Applied Managemen, 16 (2), 141-156.
Gunawan, A., Pirari, W. S., & Sari, M. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup
terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Humaniora, 4(2), 23–35.
Haryana, R.D.T. (2020). Pengaruh Life Style, Self Control dan Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Melakukan Online Sopping. Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 16(1), 29-36.
Hidayat, S. (2020). Literasi Keuangan Untuk Pengelolaan Keuangan Pribadi. In Syariah (EKUITAS) (Vol. 1, Issue 2). Diakses pada 20 Mei 2024 dari https://slideplayer.info/slide/1972619/.
Kumalasari, D., & Soesilo, Y. H. (2019). Pengaruh literasi keuangan modernitas individu, uang saku dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi angkatan tahun 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 61-71.
Mengga, G.S., Batara, M., & Rimpung, E. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, E-Money , Gaya Hidup dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Toraja. Jurnal Riset Ekonomi dan Akuntansi, 1(1), 44-58.
Ngampus, W., Telagawhati, N.L.W.S., & Yudiaatmaja, F. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup dan Penggunaan Uang Elektronik Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik.10(3),971-985.
OJK. (2018). Otoritas Jasa Keuangan. Diakses pada 20 Mei 2024 dari https://ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan konsumen/ Pages/ literasikeuangan.aspx.
Pratama, D.V., & Oktapiani,S.(2023). Pengaruh Fintech Payment, Financial Literacy, Life Style Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online. UTS Student Confrence, 1(4),410-421.
Pulungan, D.R. & Febriaty, H. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahsiswa,Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 103-110.
Rahkman, Y.A., & Pertiwi T.K. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Penggunaan E-Monay, Kontrol Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online. Journal of Management and Bussines, 5(1), 560 – 575.
Riyanto, S., Wiari, A ., & Chasanah, S.N. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap perilaku konsumtif Warga Desa Panggungroyom Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Buletin Bisnis & Manajemen, 10(1), 32-42.
Sudarisman, H. S. V. (2019). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif melalui online shop pada mahasiswi. Acta Psychologia, 1(1), 53–61.
Sudaryati, A.A., & Wulandari, D.A. (2023). The Effect Of Life Style, Financial Literacy And Locus Of Control Terhadap Perilaku. Jurnal Management Studies and Entrepreneurship, 4(6), 7890-7896.
Tangney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2004). High Self-Control Predicts
Good Adjustment, Less Pathology, Better Grades, adn Interporersonal Success.
Journal of Perosnality, 72(2), 272–322.
Wijaya, C., Prasetia, M. A., & Mardianto. (2021). The effect of self-control and conformity on student consumptive behavior of Ar-Rahman SMA Medan year 2020. International Journal of Education, Social Studies, And Management (IJESSM), 1(1), 1-10.
Yogananda, A. S., & Dirgantara, I. M. B. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal of Management, 6(4), 1-7.
Published
2024-10-24
Abstract viewed = 14 times
pdf downloaded = 2 times