KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK FASHION MELALUI CUSTOMER VALUE PADA E-COMMERCE YANG MENGGUNAKAN INFLUENCER DAN MENJALANKAN E-SERVICE QUALITY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer dan kualitas layanan elektronik (e-service quality) terhadap nilai pelanggan (customer value) dan keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk fashion melalui platform e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software LISREL 8.70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap customer value dengan indikator paling dominan adalah "dapat dipercaya" yang memiliki nilai standardized loading factor sebesar 0,762. E-service quality juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer value, dengan indikator "daya tanggap" yang memiliki nilai standardized loading factor tertinggi sebesar 0,866. Secara bersama-sama, influencer dan e-service quality berpengaruh signifikan terhadap customer value, yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 216,196 yang lebih besar dari Ftabel sebesar 3,042. Selain itu, influencer dan e-service quality masing-masing juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan indikator "dapat dipercaya" dan "daya tanggap" yang memiliki nilai standardized loading factor masing-masing sebesar 0,762 dan 0,866. Customer value juga terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan indikator "quality/performance value" yang memiliki nilai standardized loading factor sebesar 0,805. Secara keseluruhan, influencer, e-service quality, dan customer value secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan nilai Fhitung sebesar 264,633 yang lebih besar dari Ftabel sebesar 2,651. Penelitian ini menyimpulkan bahwa influencer, e-service quality, dan customer value memainkan peran penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk fashion di platform e-commerce. Oleh karena itu, perusahaan e-commerce disarankan untuk memperhatikan dan meningkatkan faktor-faktor tersebut untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
References
Akbar, Galih Budi. 2020.”Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Melalui E-Commerce Bukalapak pada Mahasiswa Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Pakuan” Bogor: Universitas Pakuan
Analysis Of Social Interaction Content Marketing And Influencer Marketing On Interest To Buy Cosmetic Products (Survey Of Dear Me Beauty Consumers In Sukabumi City) Analisis Interaksi Sosial Konten Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Minat Beli Pr. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(3), 1601–1610. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Anuumillah, Y. S., Zulestiana, D. A. (2022). Pengaruh Influencer Social Media Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Generasi Z ( Studi Kasus Pada E-Commerce Sociolla ). E-Proceeding of Management, 9(4), 1928–1934. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/18259/17838
Ardana, F. N., & Artanti, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada E-Commerce: Pengaruh Fashion Consciousness, Shopping Enjoyment, Nilai Konsumen. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7(1), 123–137. https://doi.org/10.31932/jpe.v7i1.1549
Athaya, F. H., & Irwansyah, I. (2021). Memahami Influencer Marketing: Kajian Literatur Dalam Variabel Penting Bagi Influencer. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 334–349. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.254
Crystrie, D. A., & Sartika, S. H. (2022). Apakah Influencer Marketing berpengaruh pada Pengambilan Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee pada Generazi Z? Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen, 19(1), 17–32. https://doi.org/10.29259/jmbt.v19i1.16700
Devi, D. A. C. R., & Indiani, N. L. P. (2023). Pengaruh E-Service Quality, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada Lazada Di Era Covid-19. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 6(1), 53–67.
Dian Martin, “The Boss (Best on SEO & SEM): Kitab Besar Pnduan Ilmu SEO & SEM, dari Pemula Hingga Mahir”, (digimind.id, 2020), hlm 289
Eneng Wiliana, & Nining Purwaningsih. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Kuliner Di Kota Tanggerang Di Masa COVID-19. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(3), 242–251. https://doi.org/10.55123/mamen.v1i3.641
Irfan Maulana, Jovanna Merseyside br.Manulang, Ossya Salsabila, op.cit. hlm 29
(Lengkawati & Saputra, 2021; Manajemen et al., 2020; Marbun et al., 2022; Muniarty et al., 2022; Omas et al., 2022; Riset et al., 2023; Septiani, 2016; Yusuf et al., 2020; Zaraswati & Setyawati, 2023)
Manajemen, S., Bangsa, U. P., Pratama, M. P., & Si, M. (2020). Abstrak. 1–7.
Mahardini, S., Singal, V. G., & Hidayat, M. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok Di Wilayah Dki Jakarta. Ikraith-Ekonomika, 6(1), 180–187. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i1.2480
Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/1134
Muniarty, P., Wulandari, W., & Saputri, D. (2022). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Pada Marketplace Shopee. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 11(2), 1. https://doi.org/10.35906/equili.v11i2.1097
Nabila, R., & Asyhari. (2023). Analisis Sosial Media Instagram Dan Beauty Influencer Terhadap Repurchase Intention Dengan Perceived Value Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Ms Glow Semarang Store. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 301–320.
Nita Kartikasari, “Viral: Gebrakan Kekinian Public Relations di Era Digital”, (Gramedia Pustaka Utama: 2017), hlm 87-94
Omas, P., Kurniawan, M., & Lorensia, F. (2022). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Minat Beli Pada Situs E- Commerce ( Shopee , Tokopedia , dan Bukalapak). (1), 370- 381.
Prasetya, A. Y., Astono, A. D., & Ristianawati, Y. (2021). Analisa Startegi Pengaruh Influencer Marketing Di Social Media Dan Online Advertising Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Toko On Line Zalora ) pemasaran , setiap perusahaan bersaing untuk menjadi pemenang di market . Saat ini. Prosiding Seminar UNIMUS, 4, 355–365.
Rahmawati, S. D. (2021). Pengaruh Media Sosial Seorang Influencer Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui E-Commerce. National Conference Of Islamic Natural Science, 20, 281–294.
Ramadan, F., Hafid, H., & Muhammadiyah, S. (2021). Pengaruh online customer review dan e-service quality terhadap keputusan pembelian melalui marketplace. Forum Ekonomi, 23(3), 405–412. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI
Restoran, P., Kertabumi, G., Dhio, K., Ramadhan, F., & Sudrajat, A. (2022). Pengaruh Influencer dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Pada. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 121–132.
Ridwan, M., & Palupiningdyah. (2014). Pengaruh Nilai Emosional, Nilai Sosial Dan Nilai Kualitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 3(1), 1–6.
Riset, J., Prodi, M., Fakultas, M., & Unisma, B. (2023). Pengaruh Influencer Dan Endorsement Terhadap Purchase Intension Produk Erigo Fashion Pada Media Sosial Instagram. E-Journal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 12(01), 510–518.
Rosyadi, M. Zaki. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). I, 14–23.
Sari, C. (2022). Pengaruh Brand Image, Customer Value, dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Pengguna Aplikasi Shopee di Masa Pandemi Covid-19). Journal of Research in Business and Economics, 5(2), 137–162.
Septiani, A. (2016). Pengaruh Brand Image Dan E-Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Bukalapak (Studi Kasus Pada Pelanggan Bukalapak). 31–37.
Tjiptono, F., and Chandra, G. (2016). Service, Quality and Satisfaction 4th edition. Yogyakarta: Andi
Uyuun, S. N., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa FEB UNESA. JEMPPER: Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(2), 164–174.
Wahyu, W. S., & Saino. (2023). Pengaruh Influencer Review Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Produk Tas Di Kalangan Mahasiswa Kota. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 11(3), 262–268.
Wahyudi, R. (2022). Pengaruh Iklan Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Item Virtual Padagames Online Mobile Legends. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(5), 563–578. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.64
Wulan Purnama Sari, Lydia Irene, '“Komunikasi Kontemporer dan Masyarakat”, (Gramedia Pustaka Utama: 2019), hlm 269
Yohana Dian Puspita, dkk, '“Riset Popular Pemasaran Jilid 2”, (Media Sains Indonesia: 2021), hlm 62
Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Zaraswati, N., & Setyawati, I. (2023). Keberhasilan E-Satisfaction Dan E-Repurchase Intention Bukalapak: Peran Digital Marketing, E-Service Quality Dan E-Trust. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(1), 442–456. https://doi.org/10.55681/jige.v4i1.656
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J. and Gremler, D. D. (2009), Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm, 5th edition, New York: McGraw-Hill
Copyright (c) 2024 Elizabet Dwi Arianti, Hari Muharam, Yuary Farradia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.