STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA KULINER MELALUI PENDEKATAN MATRIK IFAS DAN EFAS DI KAWASAN ALUN -ALUN TRUNOJOYO KABUPATEN SAMPANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan wisata kuliner di kawasan Alun-Alun Trunojoyo, Kabupaten Sampang, dengan menggunakan pendekatan matrik IFAS dan EFAS. Pendekatan ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pengembangan wisata kuliner di daerah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penentuan variabel matrik IFAS dan EFAS diperoleh melalui hasil observasi, dokumentasi dan wawancara dengan para informan. Diagram analisis SWOT digunakan dalam penentuan strategi pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total skor Matrik IFAS adalah 3,17 dan total skor Matrik EFAS adalah 3,29. Berdasarkan hasil diagram SWOT, posisi kawasan wisata kuliner Alun-Alun Trunojoyo berada di kuadran satu, yang mendukung penerapan strategi pertumbuhan (growth strategy). Strategi ini diarahkan untuk memanfaatkan kekuatan yang dimiliki dan peluang yang ada guna mengoptimalkan pengembangan kawasan wisata kuliner.
References
Badrussoleh. & Irawati, A. (2024). Strategi Pengembangan UMKM Kuliner Berbasis Ekonomi Kreatif di Kabupaten Sampang. Jurnal Sistem Informasi & Manajemen, 10(3), 474-484.
Harsana, M. (2008). Wisata Kuliner di Yogyakarta: Studi Kasus Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Produk dan Penyajian Makanan di Taman Kuliner Condongcatur dan Sentra Gudeg Wijilan Yogyakarta. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Salemba Humanika.
Irawati, S. A. (2023). Ekonomi Kreatif Dan UMKM Kuliner Pendongkrak Ekonomi Rakyat. Media Nusa Creative.
Irawati, S. A. & Arfy, W. R. (2024). Pengantar Administrasi Bisnis di Era Digital (1st Ed.). UTM Press.
Irawati, S. A. & Kuswinarno, M. (2023). Strategy for developing Culinary MSMEs Based on Creative Economy in Sampang City. International Conference on Economy, Management, and Business (IC-EMBus), 1, 2098-2115.
Irawati, S. & Tahir, M. (2023). Strategy for Competitive Advantage of Traditional Madura Food: Perspective from Small and Medium Enterprise in Sampang. International Journal of Social Sciene And Human Research, 6(10), 6518-6525.
Khotijah, S. & Irawati, A. (2023). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Pada Kegiatan Usaha Kuliner UMKM Di Kota Sampang. Co-Value: Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan. 14(6).
Mujito. (2023). Manajemen Strategik Dengan Pendekatan Analisis SWOT. Wawasan Ilmu.
Nur’aini, F. D. F. (2020). Teknik Analisis SWOT Pedoman Menyusun Strategi yang Efektif & Efisien serta Cara mengelola Kekuatan & Ancaman. Anak Hebat Indonesia.
Palupi, S. & Abdillah, F. (2019). Pedoman Pengembangan Wisata Kuliner. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.
Prasetya, D. A. (2023). Teknik Analisis SWOT Panduan Praktis Mengubah Tantangan Menjadi Peluang Untuk Strategi Bisnis Anda. Anak Hebat Indonesia.
Rahmawati, H. R. & Irawati, A. (2024). Pendekatan Manajemen Strategi Berbasis Perspektif terhadap Pengebangan Jiwa Wirausaha Bagi Pelaku UMKM dalam Mengelola Potensi Usaha Kuliner di Kabupaten Sampang. El-Mal Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(4), 2539-2547.
Rangkuti, F. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Gramedia Pustaka Utama.
Satori, D. & Komariah, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Copyright (c) 2024 Hatta Dwi Danang Sejati, S Anugrahini Irawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.