PENGARUH LITERASI, RELIGIUSITAS DAN PENDAPATAN TERHADAP MINAT BERWAKAF UANG DENGAN PERILAKU ALTRUISME SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS PADA PEDAGANG PASAR AUR KUNING DI BUKITTINGGI)

  • Selvi Purwaningsih Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Asyari Asyari Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
Keywords: Literacy, Religiosity, Income, Interest In Donating Money, Altruism Behavior

Abstract

Salah satu bentuk yang melatar belakangi penulis untuk membahas permasalahan ini karena masih banyak pedagang di aur kuning Bukittinggi yang belum paham mengenai ruang lingkup wakaf uang, hal tersebut dapat ditunjukkan dengan kurangnya pemahaman pedagang di pasar aur kuning tentang wakaf uang, tujuan wakaf uang serta manfaat yang akan didapat dari dana wakaf yang terkumpul. Selain itu pedagang juga masih minim pengalaman tentang bagaimana cara memanajemen keuangan secara efektif dan efesien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Literasi, Religiusitas Dan Pendapatan Terhadap Minat Berwakaf Uang Dnegan Perilaku Altruisme Sebagai Variabel Moderasi Pada Pedagang Pasar Aur Kuning di Bukittinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang pasar aur kuning di Bukittinggi dengan jumlah pedagang secara keseluruhan yaitu 6.019 orang. Teknik pengumpulan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan menggunakan accidental sampling, dengan jumlah sampel sebayak 200 orang dengan menggunakan rumus Heirs. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah program Warp Partial Least Square dengan bantuan software WarpPLS 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) variabel literasi secara statistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwakaf uang dengan nilai βsebesar 0.75 dan nilai P-Value 0.01<0.05. 2) Variabel religiusitas secara statistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwakaf uang dengan nilai βsebesar 0.75 dan nilai P-Value 0.01<0.05. 3) Variabel pendapatan secara statistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwakaf uang dengan nilai βsebesar 0.66 dan nilai P-Value 0.01<0.05. 4) Perilaku altruisme memoderasi pengaruh literasi terhadap minat berwakaf uang dengan koefisien moderating effect 0.44 dan P-Value 0.01<0.05. 5) Perilaku altruisme memoderasi pengaruh religiusitas terhadap minat berwakaf uang dengan koefisien moderating effect 0.57 dan P-Value 0.01<0.05. 6) Perilaku altruisme memoderasi pengaruh pendapatan terhadap minat berwakaf uang dengan koefisien moderating effect 0.53 dan P-Value 0.01<0.05.

References

Adhiatma, A., & Fachrunnisa, O. (2021). The relationship among zakat Maal, altruism and work life quality: A quantitative analysis. International Journal of Zakat, 6(1), 71–94.
Afandi, A., Harahap, D., & Lubis, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wakif Dalam Berwakaf Pada Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Dengan Altruisme Sebagai Variabel Moderasi. Al-Awqaf: Jurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam, 15(1), 50–66. https://doi.org/10.47411/al-awqaf.vol15iss1.161
Ahmad A K. (2006). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (Cetakan Ke). Reality Publisher.
Ajzen. (1991). The Theory of Planned Behavior. Disability, CBR and Inclusive Development, 33(1), 52–68. https://doi.org/10.47985/dcidj.475
Al Arif, M. N. R. (2012). Wakaf Uang dan Pengaruhnya terhadap Program Pengentasan Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Indo-Islamika, 2(1), 17–29. https://doi.org/10.15408/idi.v2i1.1649
Alhidari, I. S. (2013). Investigating Individuals ’ Monetary Donation Behaviour in Saudi Arabia. 1–375.
Amalia, N., Lubis, D., & Muthohharoh, M. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Milenial Berdonasi Online Melalui Crowdfunding Platform: Studi pada Kitabisa.com. Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 08(02), 181–194.
Anthony, R., Ezat, W. S., Junid, S. Al, & Moshiri, H. (2011). Financial Management Attitude and Practice among the Medical Practitioners in Public and Private Medical Service in Malaysia. International Journal of Business and Management, 6(8). https://doi.org/10.5539/ijbm.v6n8p105
Apta, A. R., & Abidah, S. S. (2022). Pengaruh Pendapatan, Pengetahuan dan Religiusitas Terhadap Minat Berwakaf Uang di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(1), 13–27.
As Shadiqqy, M. (2018). Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, Jarak Lokasi, Tingkat Pendidikan dan Akses Informasi Terhadap Minat Masyarakat untuk Berwakaf Uang di Badan Wakaf Uang Tunai MUI DIY. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 2(2), 249. https://doi.org/10.14421/panangkaran.2018.0202-05
Djunaidi, A. (2013). Panduan Pengelolaan Wakaf Tunai. In Walisongo: Vol. Vol. 19 (Issue No. 1).
Donaldson, L., & Davis, J. H. (1991). Stewardship Theory or Agency Theory: Australian Journal of Management, 16(June 1991), 49–66.
Faradis, J. (2015). The Determinants of Waqf Preference Toward Money-Cash Waqf. Global Review of Islamic Economic and Business, 2(3), 219–229.
Firdaus, D. H., Trapsila, A. P., & Ramadhita, . (2020). Altruism, Religiosity and Happiness among Zakat Payers in Surabaya, Indonesia. ICRI (International Conference Recent Innovation, 50, 1204–1209. https://doi.org/10.5220/0009924912041209
Fuadah, Z. (2021). Eksplorasi Nilai Altruisme dan Praktik Filantropi Islam di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bimas Islam, 14(2), 459–483. https://doi.org/10.37302/jbi.v14i2.431
Haq, F. (2017). Hukum Perwakafan Di Indonesia (Cetakan 1).
Iqbal, M. (2022). Tafsir Al-Quran Jilid 5 / Syaikh Abdurrahman Bin Nashir As-Said (Jilid 5). Darul Haq.
Jayanto, P., & Munawaroh, S. (2019). The Influences of Reputation, Financial Statement Transpar-ency, Accountability, Religiosity, and Trust on Interest in Paying Zakat of Profession. JDA Jurnal Dinamika Akuntansi, 11(1), 59–69.
Kalimah, S. (2020). Wakaf tunai sebagai solusi masalah kemiskinan di Indonesia. Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(4), 90–111.
Lambarraa, F., & Riener, G. (2015). On the norms of charitable giving in Islam: Two field experiments in Morocco. Journal of Economic Behavior and Organization, 118, 69–84. https://doi.org/10.1016/j.jebo.2015.05.006
Lorent, B. (2005). Kamus Filsafat. PT Gramedia.
M Ismail Yusanto, & Yunus, M. A. (2011). Pengantar Ekonomi Islam (Cetakan Ke). Al Azhar.
M. Faisal. (2019). Sikap, Norma Subjektif, Religiusitas dan Partisipasi Terhadap Wakaf Tunai. Jurnal Sudi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 235–250.
Mokthar, M. Z. (2016). Perceptions of Universiti Sains Malaysia Muslim Staff on Factors Influencing their Intention to Perform Cash Waqf. Journal of Islamic Studies and Culture, 4(2), 101–108. https://doi.org/10.15640/jisc.v4n2a11
Nisa’, K., & Anwar, M. K. (2019). Hubungan Pendapatan dan Sikap Masyarakat Muslim Kecamatan Semampir Surabaya dengan Minat Membayar Wakaf Uang. Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 136–148.
Osman, A. F. (2014). an Analysis of Cash Waqf Participation Among Young. 9th International Academic Conference, April, 572–584.
Pramudia, R. A., & Syarief, M. E. (2020). Pengaruh Persepsi Pengetahuan, Informasi, Dan Religiusitas Terhadap Minat Berwakaf Uang. Jurnal Justisia Ekonomika: Magister Hukum Ekonomi Syariah, 4(2). https://doi.org/10.30651/justeko.v4i2.6482
Ristati, Zulham, & Sutriani. (2022). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, dan Kepribadian terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada UMKM Kopi di Provinsi Aceh. KINERJA: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19(3), 576–589.
Rohman, A. A. (2021). Pengaruh Religiusitas , Pengetahuan , Perspesi , Pendapatan , dan Media Infromasi terhadap Minat Wakaf Uang Masyarakat Kota Bandung. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 136–144.
Sadono, S. (2004). Pengantar Teori Makro Ekonomi (3rd ed.). Raja Grahindo Persada.
Sari, I. W., Susyanti, J., & Salim, M. A. (2020). Pengaruh Financial Literacy, Financial Attitude Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Pada Pelaku Umkm Fashion Di Kota Batu. E-Jurnal Riset ManajemenPRODI MANAJEMEN , 17–31.
Sari, I. W., Susyanti, J., & Salim, M. A. (2020). Pengaruh Financial Literacy, Financial Attitude Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Pada Pelaku Umkm Fashion Di Kota Batu. E-Jurnal Riset ManajemenPRODI MANAJEMEN , 17–31.
Sarwono, Sarlito, W., & Eko, A. (2009). Psikologi Sosial. Salemba Humanika.
Sarwono, Sarlito, W., & Eko, A. (2009). Psikologi Sosial. Salemba Humanika.
Setiawan, A., & Wahyudin, W. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Wakaf : Systematic Literature Review. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 3250. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i3.9948
Setiawan, A., & Wahyudin, W. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Wakaf : Systematic Literature Review. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 3250. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i3.9948
Soekartawi. (2002). Analisis Usaha Tani. Universitas Indonesia.
Soekartawi. (2002). Analisis Usaha Tani. Universitas Indonesia.
Suhasti, W., Handayani, L. F., & Winarno, Y. P. (2022). Pengaruh Persepsi, Religiusitas, Dan Pendapatan Masyarakat Muslim Kabupaten Sleman Terhadap Minat Berwakaf Uang. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 114. https://doi.org/10.29300/aij.v8i1.6389
Suhasti, W., Handayani, L. F., & Winarno, Y. P. (2022). Pengaruh Persepsi, Religiusitas, Dan Pendapatan Masyarakat Muslim Kabupaten Sleman Terhadap Minat Berwakaf Uang. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 114. https://doi.org/10.29300/aij.v8i1.6389
Suseno, T. W. (1990). Indikator Ekonomi Dasar Perekonomian Indoensia. Kanisius.
Suseno, T. W. (1990). Indikator Ekonomi Dasar Perekonomian Indoensia. Kanisius.
Yulianti, D. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Tingkat Pendapatan, dan Tingkat Pendidikan Terhadap Minat Masyarakat Berwakaf Uang. Al-Awqaf: Jurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam, 13(2), 125–148. https://doi.org/10.47411/al-awqaf.v13i2.131
Yulianti, D. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Tingkat Pendapatan, dan Tingkat Pendidikan Terhadap Minat Masyarakat Berwakaf Uang. Al-Awqaf: Jurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam, 13(2), 125–148. https://doi.org/10.47411/al-awqaf.v13i2.131
Published
2024-11-01
Abstract viewed = 7 times
pdf downloaded = 5 times