STRATEGI KOLABORASI EVENT DALAM PENGEMBANGAN MEREK MAKANAN RINGAN (STUDI KASUS PADA PT X)

  • Dewi Sugierni Universitas Surabaya
  • Idfi Setyaningrum Universitas Surabaya
Keywords: Pengembangan merek, penjualan langsung, kesadaran merek, loyalitas konsumen, strategi pemasaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis keberhasilan strategi pengembangan merek pada produk makanan ringan yang dihasilkan oleh PT X. Studi ini menyoroti teknik-teknik inovatif yang diterapkan oleh perusahaan dalam mengoptimalkan strategi merek guna mencapai daya saing yang berkelanjutan. Fokus penelitian terletak pada efektivitas berbagai strategi pemasaran, seperti iklan, penjualan langsung, dan penyelenggaraan acara pemasaran, dalam meningkatkan kesadaran merek dan memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif studi kasus, dengan teknik observasi dan wawancara mendalam sebagai metode pengumpulan data utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penjualan langsung lebih efektif dalam membangun hubungan yang erat dan interaktif antara konsumen dan merek, sehingga memperkuat pemahaman produk sekaligus meningkatkan loyalitas konsumen. Hal ini mengindikasikan bahwa pendekatan penjualan langsung tidak hanya meningkatkan keterlibatan konsumen secara aktif, tetapi juga berpotensi memperkuat posisi merek di pasar dan memperpanjang siklus hidup produk secara berkelanjutan.

References

Agustin, D., Rosanti, Hasanah, U., Gusliyani, A., & Laksana, A. (2024). Strategi Pemasaran Guardian Ramayana Kota Serang Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Wardah. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 6(1), 45-54. doi:https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v6i1.818
Habibie, F., Mustika, A., Nasution, D., Arafah, W., & Nurbaeti, N. (2022). Apakah Instagram lebih penting dibandingkan Inovasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Kuliner? Studi Kasus: Kaum Milenial di daerah Jakarta Selatan. At-Tadbir Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(1).
Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2024). Strategi Inovasi Bisnis Sebagai Upaya Peningkatan Keunggulan Kompetitif Dan Pertumbuhan Bisnis UMKM Industri Kreatif Di Era Digital. Global Leadership Organizational Research in Management, 1(4), 371-386. doi:https://doi.org/10.59841/glory.v1i4.92
Saputri, M., & Wasiman. (2024). PENGARUH PERSONAL SELLING, DIGITAL MARKETING, DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK SKINCARE WARDAH DI KOTA BATAM. Scienta Journal, 6(5).
Simanjuntak, C. R., Nazaruddin, & Wibowo, R. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN DIGITAL MARKETING PADA PT. X DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSTAC. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 1372-1387. doi:https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3850
Sularsih, H., & Nasir, A. (2021). Strategi UMKM dalam meningkatkan pendapatan dimasa pandemi Covid-19 guna mempertahankan kelangsungan usaha di era revolusi industri 4.0 (studi pada UMKM makanan dan minuman di Kabupaten Pasuruan). Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(4), 763-77. doi:https://doi.org/10.22437/jpe.v16i4.14770
Adlini, M., Dinda, A., Sarah, Y., Chotimah, O., & Merliyana, S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. doi:https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Afif, M., & Purwanto. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. Jamin: Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 2(2).
Aris, R. (2021). Implementasi Strategi Personal Selling dalam mempertahankan citra baik pada Bank BRI Syariah KCP Sribawono (Undergraduate thesis). IAIN Metro.
Bachri, S., Putra, S., Farid, E., Darman, & Mayapada, A. (2023). The Digital Marketing to Influence Customer Satisfaction Mediated by Purchase Decision. Jurnal Aplikasi Manajemen, 578-592.
Baharsyam, S., & Wahyuti, T. (2022). STRATEGI PENGGUNAAN KEY OPINION LEADER (KOL) DI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PRODUK SANIA ROYALE SOYA OIL. Konvergensi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 3(1). doi:https://doi.org/10.51353/kvg.v3i1.612
Dedy , A., Wulandari, S., Mubarok, A., Noor, C., & Sukajie, B. (2023). PERSONAL SELLING, KEPERCAYAAN, KUALITASPELAYANAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSANPEMBELIAN (STUDI KASUS PT. WANAARTHA LIFE CABANG BANDUNG). Jurnal Sains Manajemen, 5(2).
Handayani, F., Kadang, J., & Syrifuddin, I. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) pada Usaha Toreko. Empiricism Journal, 4(1), 208–212. doi:https://doi.org/10.36312/ej.v4i1.1170
Mauliddah, N., Fatihudin, D., & Roosmawarni, A. (2021). Pengantar Ekonomi Mikro. Kabupaten Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara.
Octavianita, R., & Darmawan, E. (2021). PENGARUH PERSONAL SELLINGTERHADAPPENCAPAIANTARGET PENJUALAN(STUDI KASUSPT. SETIAWAN SEDJATI). K-QIEN: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 218-227.
Prof. Dr. Ibnu Hamad, M. (2024). Komunikasi Strategis. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Putra, V., Yumarni, & Milantara, N. (2023). Persepsi dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Wisata Alam Air Terjun Pelangi Gadang Dikampung Bendang Nagari Pelangi Gadang Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Strofor Journal, 7(1), 152-162.
Riadi, R., Setyaningrum, I., & Kartikasari, C. (2023). Peran Celebrity EndorserTerhadap Perilaku Konsumen Saat Pembelian OnlinePada Platform E-Commerce. Jurnal E-Bis: Ekonomi Bisnis, 7(2), 804-813. doi:https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i2.1436
Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680-9694. Retrieved from Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1536
Saputra, H., & Saggaff, M. (2024). Implementasi Strategi Pemasaran Hijau dan Dampaknya terhadap Citra Merek dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 15(2).
Saputri, M., & Wasiman. (2024). PENGARUH PERSONAL SELLING, DIGITAL MARKETING, DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK SKINCARE WARDAH DI KOTA BATAM. Scienta Journal: Jurnal Ilmu Mahasiswa, 6(5).
Sembhodo, A., Hermawati, A., Fatmawat, E., Junaedi, I., & Ali, S. (2022). PERSONAL SELLING AND DIGITAL MARKETING AS CRUCIAL FACTORS IN MAXIMIZING CUSTOMER SATISFACTION THROUGH PERCEIVED VALUE IN THE USAGE OF M-BANKING APPLICATION. JAM: Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(4). doi:http://dx.doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.04.05
Setiawati, C., & Meitasari, V. (2020). Analisis event marketing dan keputusan pembelian produk fashion lokal dikalangan pengunjung KICKFEST Bandung. Al Tijarah, 6(2), 97-117. doi:https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i2.5334
Sinaga, M., Aisyah, S., Riwanci, C., Tarigan, E., Bago, K., & Manik, K. (2023). Strategi Digital Marketing dalam Membangun Kesadaran Merek Yang Digunakan Kopi Kenangan pada Instagram. Jurnal Bidang Penelitian Advertising Dan Desain Grafis, 1(2), 135-144. Retrieved from https://ejournal.kreatifcemerlang.id/index.php/jbpadg/article/view/65
Sucipto, K. R., & Yahya, A. F. (2022). Strategi komunikasi pemasaran digital subway indonesia melalui reel sinstagram @subway.indonesia. Jurnal Komunikasi Profesional, 6(1), 68-78. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp/article/view/4470
Sugihartono, A., Sandora, N., Arwani, A., & Rabbil, M. (2024). Pengembangan Media Sosial UMKM Ikan Naki Dalam Manajemen Pemasaran Di Era Modern. SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 4(3), 192-203.
Yuananda, D., & Huda, M. (2024). Advertising Strategy and Brand Building. Jurnal Serambi Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 674-683.
Published
2024-10-31
Abstract viewed = 1 times
pdf downloaded = 1 times