PREFERENSI PELANGGAN DALAM MEMILIH TOKO MAKANAN BEKU DI KEVIN FROZEN FOOD SIDOARJO, JAWA TIMUR

  • Kevin Marsekal Yobellino Universitas Ciputra Surabaya
  • Murpin Josua Sembiring Universitas Ciputra Surabaya
Keywords: Customer Preferences, Frozen Food Stores, Business, Sidoarjo

Abstract

Tujuan penulisan tesis ini adalah untuk menganalisis data dan mendapatkan preposisi mengenai preferensi pelanggan dalam memilih toko makanan beku di Sidoarjo, Jawa Timur dan memeroleh variabel baru yang belum pernah diteliti sebelumnya. Variabel dari preferensi pelanggan tersebut yaitu lokasi, layanan, harga, ketersediaan produk, citra toko, fasilitas, dan atmosfer. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuasi kualitatif yang menggunakan teori atau penelitian terdahulu sebagai dasar penelitian. Jumlah sampel yang diambil untuk diwawancarai adalah 6 orang dengan 3 kategori yang berbeda, yaitu pelanggan langsung atau end user, pelanggan pedagang matang atau end seller, dan pelanggan makanan beku lain atau reseller. Kemudian data yang ada ditampilkan dalam bentuk transkrip wawancara. Transkrip wawancara akan dianalisis dalam dengan triangulasi untuk mendapatkan data yang valid. Hasil temuan yang didapat yaitu bahwa lokasi yang strategis, layanan yang responsif, harga yang bersaing, ketersediaan produk yang lengkap, citra toko yang positif, fasilitas yang membantu dan atmosfer yang nyaman adalah preferensi yang diinginkan pelanggan dalam memilih toko makanan beku. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa lokasi, layanan, harga, ketersediaan produk, citra toko, fasilitas, dan atmosfer membentuk preferensi pelanggan dalam memilih toko makanan beku. Selain itu adanya variabel preferensi lain yang ditemukan yaitu, bentuk freezer, suhu toko, aktivitas media sosial dan  aktivitas sampling makanan yang membentuk preferensi pelanggan dalam memilih toko makanan.

References

Agus, R. A., Sembiring, M. A., & Sinaga, Mhd. I. A. (2022). PENERAPAN METODE SMART DALAM MENENTUKAN LOKASI TOKO ROTI. Dalam Journal of Science and Social Research (Nomor 2). http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR
Amelia, Y. T., & Safitri, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Pada Café Hangout Di Sampit. Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1), 95–106.
Athar, H. S., Josman, L. F., & Hermanto. (2020). FOREIGN TOURIST’S FOOD PREFERENCES IN LOMBOK: A QUALITATIVE RESEARCH IN CUSTOMER BEHAVIOR. DIJDBM, 1(3). https://doi.org/10.31933/DIJDB
Bisnis makanan beku ditaksir meningkat lebih dari 50% selama pandemi. (2021, Oktober 21). kontan.co.id. https://industri.kontan.co.id/news/bisnis-makanan-beku-ditaksir-meningkat-lebih-dari-50-selama-pandemi
448–465. https://doi.org/10.1111/ajae.12170
Dora, Y. M., Lestari, M. W., Yakin, D. A., Rahajeng, F. V., & Toherudin, H. (2021). THE IMPACT OF TRUST, CONVENIENCE, AND RISK PERCEPTION ON ONLINE FROZEN FOOD PURCHASE DECISION. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3), 8561–8671. www.turkjphysiotherrehabil.org
Fitri, A. N. (2021). ARPI: Tahun 2025, nilai pasar frozen food bisa mencapai Rp 200 triliun. Kontan.co.id. https://newssetup.kontan.co.id/news/arpi-tahun-2025-nilai-pasar-frozen-food-bisa-mencapai-rp-200-triliun
Hati, S. R. H., Zulianti, I., Achyar, A., & Safira, A. (2021). Perceptions of nutritional value, sensory appeal, and price influencing customer intention to purchase frozen beef: Evidence from Indonesia. Meat Science, 172. https://doi.org/10.1016/j.meatsci.2020.108306
Izzati, M., Prabawani, B., & Budiatmo, A. (2023). ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN UNTUK BERBELANJA DI KPRI UNIVERSITAS DIPONEGORO (STUDI PADA KONSUMEN KPRI UNIVERSITAS DIPONEGORO DI KOTA SEMARANG). Dalam Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (Vol. 12, Nomor 1). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab
Kriyantono, R. (2019). TEKNIK PRAKTIS RISET KOMUNIKASI KUANTITATIF DAN KUALITATIF (2 ed.). KENCANA. https://www.google.co.id/books/edition/Teknik_Praktis_Riset_Komunikasi_Kuantita/yrkFEQAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=kuasi+kualitatif&pg=PA65&printsec=frontcover
Lestari, I., & Sukmono, R. A. (2023). Brand Image, and Food Quality on Purchase Decisions in Meat Processing Industry Products, Canned Food, and Bakery. Indonesian Journal of Innovation Studies, 21. https://doi.org/10.21070/ijins.v21i.773
Maragoni-Santos, C., Serrano Pinheiro de Souza, T., Matheus, J. R. V., de Brito Nogueira, T. B., Xavier-Santos, D., Miyahira, R. F., Costa Antunes, A. E., & Fai, A. E. C. (2022). COVID-19 pandemic sheds light on the importance of food safety practices: risks, global recommendations, and perspectives. Dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition (Vol. 62, Nomor 20, hlm. 5569–5581). Taylor and Francis Ltd. https://doi.org/10.1080/10408398.2021.1887078
Ndengane, R. M., Mason, R. B., & Mutize, M. (2021). The influence of store atmospherics on customers’ satisfaction at selected South African retail outlets. Innovative Marketing, 17(1), 26–39. https://doi.org/10.21511/IM.17(1).2021.03
Omar, N. A., Lahath, A., Astuti, R. D., Jamaludin, N. A., & Alam, S. S. (2023). The Mediating Role of Attitude in the Relationship Between the Extrinsic and Intrinsic Attributes of Japanese Frozen Foods and Consumers’ Intention to Purchase Them: Evidence from Malaysia. The South East Asian Journal of Management, 17(1), 98–129. https://doi.org/10.21002/seam.v17i1.1312
Pranata, R., & Rahmawati. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Dalam Pembelian Produk Frozen Food (Studi Kasus Pelanggan “Nadelia Frozen” Patumbak Medan). Journal of Islamic Economics and Finance, 1(3), 89–107.
Purwaningsih, R., Susanto, N., Purba, N., Aisyah, A., & Putri, A. (2021a). The Analysis of Factors Affecting the Buying Interest in Poultry Frozen Food Processed Product.
Purwaningsih, R., Susanto, N., Purba, N., Aisyah, A., & Putri, A. (2021b). The Analysis of Factors Affecting the Buying Interest in Poultry Frozen Food Processed Product. IEOM Society International, 1947–1953.
Putlia, G. (2022). A Case Study: Consumer Behavior of Frozen Fruit in terms of Preferences and Purchasing Power. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 5(1), 99–112. https://doi.org/10.36407/jmsab.v5i1.553
Sembiring, P. W. (2021). The Effect Of Store Atmosphere On Purchase Decisions At Chirurgie Cafe And Books Medan A R T I C L E I N F O ABSTRACT Pramesco Wiranta Sembiring, The Effect Of Store Atmosphere On Purchase Decisions At Chirurgie Cafe And Books Medan (Vol. 12, Nomor 1). www.ejournal.isha.or.id/index.php/Inspirat
Shamsher, R. (2021). The Effect of Store Image on Store Loyalty Mediated by Customer Satisfaction and Trust. Business Perspective Review, 3(1), 54–72. https://doi.org/10.38157/business-perspective-review.v3i1.330
Shamshir, M., Nasim, S., Siddiqi, Z., Raza, M., & Ahmed, M. S. (2021). Identification of Consumer’s Preference towards Store Image: Using Analytical Hierarchical Process Technique. Journal of Southwest Jiaotong University, 56(2), 42–54. https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.56.2.5
Published
2024-11-06
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 1 times