EKSPLORASI DAMPAK E-WOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) DAN STORE ATMOSPHERE PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MINISO PINK MALL SCP KOTA SAMARINDA DIMEDIASI MINAT BELI

  • Rahmah Lailatul Hikmah Universitas Mulawarman
  • Wira Bharata Universitas Mulawarman
Keywords: Electronic Word of Mouth, Store Atmosphere, Minat Beli, dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini guna mengeksplorasi dampak Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan Store Atmposphere terhadap keputusan pembelian konsumen di Miniso Pink Mall Samarinda Central Plaza (SCP) Kota Samarinda. E-Wom merupakan salah satu bentuk pemasaran digital yang berkembang pesat, di mana opini dan ulasan konsumen dapat memengaruhi calon pembeli. Sementara itu, Store Atmposphere mencakup elemen-elemen fisik dan estetika toko yang dapat menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan menarik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth dan Store Atmosphere terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian konsumen pada Miniso Pink Mall SCP Kota Samarinda. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik non-probabilitas sampling secara accidental dengan sampel sebanyak 140 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner. Hasil penelitian ini variabel Electronic Word of Mouth dan Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian. Variabel Minat Beli sebagai variabel mediasi mampu memediasi hubungan Electronic Word of Mouth terhadap keputusan pembelian. Sedangkan, Minat Beli tidak dapat memediasi hubungan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian.

References

Aulia, M., Askolani, A., & Arisman, A. (2023). Impact of electronic word of mouth and influencer on buying decisions (survey on skincare somethinc consumer products in the university environment of Tasikmalaya). Journal of Indonesian Management (JIM), 3(3), 525–538.
Balqis, P., Dharta, F. Y., & Oxcygentri, O. (2024). Pengaruh e-wom terhadap minat beli produk kecantikan. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(2), 681–686.
Fajriati, H. (2023). Pengaruh store atmosfehere dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada restoran dangau sawah tangah (DST) chantha sungai tarab.
Fauziyah, J., Wijayanto, H., & Chamidah, S. (2023). Pengaruh resto atmosphere, word of mouth, dan budaya milenial terhadap keputusan pembelian pada mie gacoan cab. Ponorogo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 8342–8355.
Firmansyah, D., Safrina, E., & Diah, M. (2023). Analisis celebrity endorsment terhadap keputusan pembelian pelanggan online shop shopee dengan minat beli sebagai variabel intervening. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 885–889.
Herdiansyah, H., & Yuliniar, Y. (2024). Pengaruh gaya hidup, e-wom, dan kualitas produk terhadap minat beli sepatu sneaker new balance. Ikraith-Ekonomika, 7(1), 74–82.
Heriansah, R., Tijjang, B., & Muslimin, U. (2023). Ekuitas merek dan minat beli terhadap Keputusan pembelian sepeda motor honda beat pada pt nusantara surya sakti kota Parepare. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 122–129.
Hermawan, H. (2021). Pengaruh electronic word of mouth (eWOM) di instagram terhadap purchase intention pada restoran richeese factory. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(01), 65–76.
Kala, D., & Chaubey, D. S. (2018). Impact of electronic word of mouth on brand image and purchase intention towards lifestyle products in India. Pacific Business Review International, 10(9), 135–144.
Kioek, M., Ellitan, L., & Handayani, Y. (2022). Pengaruh Instagram dan EWOM Terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare. BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 14, 11–28. https://doi.org/10.37477/bip.v14i1.242
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Menejemen pemasaran. Penerbit: Erlanggga. Jakarta.
Luthfiyatillah, L., Millatina, A. N., Mujahidah, S. H., & Herianingrum, S. (2020). Efektifitas media instagram dan e-wom (electronic word of mouth) terhadap minat beli serta keputusan pembelian. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(1), 101–115.
Maesaroh, S., & Wiwoho, G. (2023). Pengaruh e-wom, food quality, dan resto atmosphere terhadap keputusan pembelian di resto my tora chicken makamhaji: studi pada masyarakat di kabupaten Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 5(2), 127–138.
Mahiri, E. A. (2020). Pengaruh brand image dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada konsumen badan usaha miliki sesa (BUMDES) mart Banjaran. XI(3), 227–238.
Malik, M. E., Ghafoor, M. M., Iqbal, H. K., Ali, Q., Hunbal, H., Noman, M., & Ahmad, B. (2013). Impact of brand image and advertisement on consumer buying behavior. World Applied Sciences Journal, 23(1), 117–122.
Marcella, I., Nursal, M. F., & Wulandari, D. S. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Skincare Somethinc Di Kota Bekasi. Jurnal Economina, 2(10), 2775–2790.
Mariah, M. (2020). Analisis pengaruh suasana restoran dan lokasi terhadap minat beli konsumen pada restoran limbung mas indah kabupaten Gowa. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 3(1), 41–51.
Meutia, K. I., Hadita, H., & Widjarnarko, W. (2021). Dampak brand image dan harga terhadap keputusan pembelian produk miniso. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 2(2), 75–87.
Mustika, S. V. (2012). Pengaruh electronic word of mouth (eWOM) di sosial media twitter terhadap minat beli konsumen (studi pada restoran holy cow steak). Skripsi. Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Administrasi Niaga Universitas Indonesia.
Nihayah, N., & Rosyidi, S. (2024). Peran gaya hidup, keragaman produk, penetapan harga, electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian online di shopee (studi kasus pada mahasiswa FEB universitas YPPI Rembang). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(1), 329–335.
Nursal, M. F., Rianto, M. R., Rohaeni, H., & Saputra, F. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Pada Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 1(3), 111–118.
Oktasari, S. (2022). Pengaruh advertising instagram dan suasana toko terhadap minat beli:(survei pada konsumen sakka. id Tasikmalaya). J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(6), 763–767.
Paramita, A., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh labelisasi halal, kualitas produk, dan minat beli terhadap keputusan pembelian (literatute review manajemen pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 660–669.
Prastyo, K., & Suryadi, N. (2013). Pengaruh electronic word-of-mouth di media sosial Twitter terhadap minat beli konsumen pada restoran cepat saji Hoka Hoka Bento. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(1).
Prayoga, I., & Mulyandi, M. R. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Fore Coffee. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 136–140.
Purnama, A. R. W., & Wardhani, N. I. K. (2023). Pengaruh Store Atmosphere dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Coffe Shop Tadakopi Surabaya. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(4), 4390–4396.
Putri, N. E., Ferriswara, D., & Herawati, A. (2024). Pengaruh Visual Merchandising, Store Atmosphere dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying di KKV Tunjungan Plaza Surabaya. Soetomo Administrasi Bisnis, 2(1), 111–124.
Putri, S. Y., & Meria, L. (2023). Pengaruh persepsi nilai dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian yang di mediasi Oleh minat beli. Technomedia Journal, 8(1SP), 92–107.
Rahayu, B., Muzajjad, A., Mahsunah, A., & Aslichah, A. (2022). Pengaruh store atmosphere dan product variations terhadap kepuasan konsumen pada ayu citra store Jombang. Jurnal Economina, 1(1), 74–83. https://doi.org/10.55681/economina.v1i1.41
Rizkyani, M. A., & Anggraeni, N. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, promosi, kemasan, dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian hokben. Jurnal Mirai Management, 7(3), 482–487.
Schiffman, M., Rodriguez, A. C., Chen, Z., Wacholder, S., Herrero, R., Hildesheim, A., Desalle, R., Befano, B., Yu, K., & Safaeian, M. (2010). A population-based prospective study of carcinogenic human papillomavirus variant lineages, viral persistence, and cervical neoplasia. Cancer Research, 70(8), 3159–3169.
Silvia, B., & Muzdalifah, L. (2022). Pengaruh store atmospheree dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian di kolam pancing dan warung lesehan diqqi sidoarjo. Jurnal Kompetensi Ilmu Sosial, 1(1), 12–22.
Sofiani, S. (2022). Pengaruh restaurant atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen di miss unicorn. Jurnal Darmawisata, 2(1), 14–18.
Zhafira, I., Dahmiri, D., & Hasbullah, H. (2020). Pengaruh store atmosphere dan keragaman produk terhadap minat beli konsumen di Miniso Jambi Town Square. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(2), 79–84.
Published
2024-11-03
Abstract viewed = 12 times
pdf downloaded = 7 times