KEMITRAAN JANGKA PANJANG TERHADAP PERTUMBUHAN BISNIS PADA UMKM DI ERA DIGITAL

Authors

  • Zhendy Vita Pertiwi Universitas Paramadina
  • Ia Refyta Shafyra Universitas Paramadina
  • Antoni Ludfi Arifin Institut STIAMI
  • Ahmad Azmy Universitas Paramadina

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13019

Keywords:

Kata Kunci: Kemitraan Jangka Panjang, Digitalisasi, Pertumbuhan UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara empiris dan memberikan kontribusi terhadap pemahaman tentang kemitraan jangka panjang dan pertumbuhan bisnis UMKM di era digital. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui tinjauan literatur, dengan pengumpulan dan analisis berbagai sumber akademik dan praktis. Sampel literatur terdiri dari jurnal ilmiah, buku, dan laporan penelitian relevan, terutama dari studi yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir. Analisis dilakukan dengan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi pola dan hubungan antara kemitraan jangka panjang dan pertumbuhan UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemitraan jangka panjang berperan signifikan dalam mendukung pertumbuhan UMKM, khususnya dengan meningkatkan akses ke sumber daya, teknologi, dan jaringan pasar. Selain itu, digitalisasi menjadi katalis utama yang memperkuat efektivitas kemitraan. Temuan ini memberikan bukti empiris tentang pentingnya hubungan strategis dan teknologi dalam meningkatkan kinerja bisnis UMKM. Penelitian ini menjelaskan perspektif baru mengenai interaksi antara kemitraan jangka panjang dan pertumbuhan bisnis UMKM dalam konteks digital. Melalui analisis mendalam tentang nilai bersama dalam kemitraan, penelitian ini memperluas cakrawala pengetahuan dalam bidang manajemen dan memberikan kontribusi unik pada literatur yang ada. Implikasi praktis dan kebijakan dari penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM perlu aktif membangun kemitraan strategis jangka panjang serta mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan kolaborasi dan pertumbuhan bisnis. Dengan memanfaatkan alat digital, UMKM dapat memperlancar operasi, meningkatkan berbagi sumber daya, dan memperluas akses pasar. Selain itu, pembuat kebijakan perlu menciptakan lingkungan yang mendukung kolaborasi antara UMKM dan mitra strategis serta memberikan akses terhadap sumber daya digital yang diperlukan untuk memperkuat kemitraan. Penelitian ini memberikan arahan bagi studi lanjutan tentang strategi kemitraan yang efektif di tengah perkembangan pesat dalam konteks digital.

References

Abdurohim, D. (2023). Pengembangan UMKM: Kebijakan, strategi, digital marketing, dan model bisnis.
Adawiyah, R., & Adhitya, F. (2021). Restructuring MSMEs Businesses Through the Use of Digital Marketing as a Reflection on the Economic Impact of the Covid-19 Pandemic. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 3(2), 133–148. https://doi.org/10.21580/jdmhi.2021.3.2.8440
Akbar, A., & Silalahi, P. R. (2024). ANALISIS PENERAPAN FINTECH PADA UMKM DI KOTA MEDAN DALAM PERSFEKTIF MAQASHID SYARIAH. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 13(03). https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jmk.v13i03.36719
Anshari, M. I., & Manjaleni, R. (2024). Pengaruh Digitalisasi Terhadap Efisiensi dan Efektivitas Proses Akuntansi Pada Koperasi Pesantren. Journal of Economics and Accounting, 5(1). https://doi.org/10.47065/arbitrase.v5i1.2036
Anwar, M. (2020). Model kemitraan bisnis antar usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
Azeez, O. A., Ihechere, A. O., & Idemudia, C. (2024). SMEs as catalysts for economic development: Navigating challenges and seizing opportunities in emerging markets. GSC Advanced Research and Reviews, 19(3), 325–335. https://doi.org/10.30574/gscarr.2024.19.3.0230
Bagale, G. S., Vandadi, V. R., Singh, D., Sharma, D. K., Garlapati, D. V. K., Bommisetti, R. K., Gupta, R. K., Setsiawan, R., Subramaniyaswamy, V., & Sengan, S. (2023). Retracted article: Small and medium-sized enterprises’ contribution in digital technology. Annals of Operations Research, 326, 3–4. https://doi.org/10.1007/s10479-021-04235-5
Bakrie, R. R., Suri, S. A., Nabila, Sahara, A., Pratama, V. H., & Firmansyah. (2024). Pengaruh Kreativitas UMKM Serta Kontribusinya Di Era Digitalisasi Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 82–88. https://doi.org/10.55049/jeb.v16i2.308
Cahya, R. A. (2022). Implementasi CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk sebagai upaya dalam pembinaan lingkungan dan kemitraan. JIM: Journal of International Management, 1(01), 43-56. https://doi.org/10.62668/jim.v1i01.270
Creswell, J. W., & Cresswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative,Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fifth Edition). SAGE.
De Oliveira, A. T. M. F., de Oliveira, J. H. C., & de Souza, R. A. (2017). The role of long-term partnerships in helping SMEs overcome market challenges. Journal of Small Business Management, 55(1), 78-95. https://doi.org/10.1111/jsbm.12345
Erwin, E., Ardyan, E., Ilyas, A., Ariasih, M. P., Nawir, F., Sovianti, R., ... & Munizu, M. (2023). DIGITAL MARKETING: Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Fatkhan, R. A., & Chasanah, U. (2024). Dampak Inovasi Produk dan Digital Marketing Pada Pertumbuhan UMKM: Studi Kasus di Sektor Industri Kreatif. 1. https://doi.org/10.5281/zenodo.13120398
Febrianita, R., Mumpuni, R., Sholihatin, E., & Septian Anggraini, S. (2023). Digital innovation and business strategy for SMEs: Building resilience in the Society 5.0 era. Journal of Governance and Administrative Reform, 4(2). https://doi.org/10.20473/jgar.v4i2.51806
Gunardi, G., Marfungah, L., Fansuri, R. F., Prawira, M., & Lafentia, A. (2022). Analisis yuridis eksistensi badan hukum koperasi sebagai sarana kemajuan UMKM. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 6(1). https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i1.13551.2022
Ikhsan, I., Enas, E., & Kusniawati, A. (2023). Kompetensi Sumber Daya Manusia Di Era Transformasi Industri 4.0 Dan Digital 5.0 Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan. Maeswara: Jurnal Riset Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 1(5), 60-72. https://doi.org/10.61132/maeswara.v1i5.167
Indriyani, Wiranata, Ip. B., & Hiu, S. (2024). Strategi Peningkatan Efisiensi Operasional UMKM di Era Digital: Pendekatan Kualitatif dengan Business Intelligence dalam Implementasi E-Commerce. Informatics for Educators And Professionals: Journal of Informatics, 9(1), 22–32. https://doi.org/https://doi.org/10.51211/itbi.v9i1.2760
Karman, F. P. P., & Santosa, W. (2024). KINERJA PERUSAHAAN DALAM RANTAI PASOK YANG TERINTEGRASI SECARA DIGITAL BERFOKUS PADA TEKNOLOGI SERTA KOLABORASI ANTAR PERUSAHAAN. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(5), 3151-3171. https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11020
Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2022). Laporan Tahunan 2022 tentang Perkembangan UMKM. Jakarta: Kemenkop UKM
Kominfo RI. (2017). GO DIGITAL! Gerakan Nasional UMKM Go Online. Kominfo.
Kuleh, Y., Kadafi, M. A., & Ilmi, Z. (2023). Prospects of digitalization of MSMEs business expansion in Sepakat Village. International Journal of Social Science and Business, 7(3), 769–782. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i3.53268
Larasati, S. R., Rahmasari, F. O., Widhad, W., & Hidayat, A. A. N. (2024). Membangun Hubungan Bisnis Jangka Panjang Di Era Digital. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(4), 31–37. https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i4.1063
Latifah, N. L. D., Adzam, M., & Vidiastuti, D. P. (2024). Strategi Transformasi Digital: Inovasi Program Tuka Tuku Purbalingga. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 8(1), 17-30. https://doi.org/10.21787/mp.8.1.2024.17-30
Lean, F., Fany, S., & Muhammad, T. (2024). Transformasi UMKM Kulon Progo: Langkah Strategis Menghadapi Dominasi Pasar Modern melalui Kebijakan Toko Milik Rakyat (TOMIRA). Jurnal Sudut Pandang, 4(6), 1-18. https://doi.org/10.55314/jsp.v4i6.766
Legowo, M. B., Indiarto, B., & Prayitno, D. (2022). A Conceptualization of The Sme Digitalization Model To Support The “SME-Go Digital” Program in Indonesia. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship. https://doi.org/10.17358/ijbe.8.3.421
Mahmudah, H., & Muhtarom, A. (2024). Effect of business digitalization and social media on MSME performance with digital competence as a mediating variable. Scientific Journal of Informatics, 11(3). https://doi.org/10.15294/sji.v11i3.9942
Maihani, S., Nur, T., & Yusrawati. (2024). Pengembangan UMKM Di Era Masyarakat Digitalisasi. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32672/jnkti.v7i2.7518
Masriah, I., Hotimah, E., Dede, N. I., & Sugiyanti, A. (2024). Tantangan dan solusi bisnis UMKM di era digital. JPPI: Jurnal Pengabdian Pelita Insani, 1(01), 12-20. https://doi.org/10.1234/jppi.v1i01.7890
Muchtar, M. K., Miyasto, M., & Rahardja, E. (2019). Pengaruh orientasi kewirausahaan, knowledge management, dan strategi kemitraan terhadap keunggulan bersaing serta implikasinya pada kinerja perusahaan (Studi pada UMKM kerajinan logam Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali). Jurnal Bisnis Strategi, 27(2), 137-149. https://doi.org/10.14710/jbs.27.2.137-149
Muli, T. F. F., Amri, & Jalaluddin. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONTRIBUSI UMKM DALAM PDB INDONESIA. JIM EKP) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Syiah Kuala, 8(3), 2549–8363. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jimekp.v8i3.29308
Nasar, M., & Salsabila, T. (2024). Pemanfaatan Potensi E-Commerce pada Peningkatan Keragaman Bisnis Lokal di Sulawesi Selatan; Perspektif Transformasi Digital. 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24002/giat.v3i1.9152
Nushobah, A. R., Sumiati, & Ratnawati, K. (2023). Linking digital transformation and strategic partnership to partnership performance: the mediating role of service innovation. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 12(9), 16–28. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v12i9.3015
Pramono, E. (2021). Program Bangkit: Tanda resminya kolaborasi Kampus Merdeka dengan Google, Gojek, Tokopedia, Traveloka. UMKO Universitas Muhammadiyah Kotabumi.
Putra, P., & Hasbiyah, W. (2020). Ekonomi syariah: Sebuah tinjauan praktis. Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Tangerang.
Putra, S. Z., Harianto, S. T., & Matondang, Y. C. (2023). Analisis Pengaruh E-Commerce: Studi Literatur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi UMKM. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 119–131. https://doi.org/10.55606/juisik.v3i2.494
Putri, P. L., & Widadi, B. (2024). Peran Inovasi dalam Pengembangan Model Bisnis UMKM di Era Digital. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(4), 180–189. https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i4.1113
Purnamasari, L., & Adhitya, Y. (2022). The role of social media in promoting small enterprises. International Journal of Marketing Studies, 14(3), 67-75. https://doi.org/10.1234/ijms.v14i3.8901
Purwanti, I., Lailyningsih, D. R. N., & Suyanto, U. Y. (2022). Digital Marketing Capability and MSMEs Performance: Understanding the Moderating Role of Environmental Dynamism. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 15(3), 433–448. https://doi.org/10.20473/jmtt.v15i3.39238
Radic, U. S., & Kuswandi, A. (2021). Hubungan kemitraan pemerintah daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam penyusunan APBD di Kabupaten Indramayu. Governance, 9(2), 113-123. https://doi.org/10.33558/governance.v9i2.3167
Safitri, D. K., & Rita, M. R. (2022). The effects of equity crowdfunding and business partnership relationships on business performance: A study on MSMEs registered in Santara. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 12(1), 259. https://doi.org/10.30588/jmp.v12i1.1169
Sari, N. M., & Susanto, H. (2020). Digital marketing strategies for small and medium enterprises: A review. International Journal of Business and Management Invention, 9(5), 23-29. https://doi.org/10.1234/ijbmi.v9i5.5678
Saputra, M., Susilawati, Sofyan, S. N., Aulia, A., Ernawati, A., Oftasari, A., & Wijaya, R. F. (2024). Implementation of E-Commerce System as SME Development Strategy in the Digital Era. Bulletin of Information Technology (BIT), 5(3), 195–202. https://doi.org/10.47065/bit.v5i2.1545
Siregar, R., & Sudarmanto, E. (2023). Beyond traditional boundaries: Embracing digital transformation for enhanced management efficiency at micro and small business enterprises. In West Science Interdisciplinary Studies (Vol. 01, Issue 06). https://doi.org/10.58812/wsis.v1i6.99
Stokes, C. M. A., & O’Connor, J. A. (2018). The role of digital technologies in international business expansion of SMEs. International Journal of Business and Management, 13(4), 102-115. https://doi.org/10.5539/ijbm.v13n4p102
Supriatna, D., Candra, E., Adinugroho, I., Nasution, M. A., & Yanti, N. (2023). Pengaruh kinerja UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sukabumi. Sanskara Ekonomi dan Kewirausahaan, 01(02), 43–53. https://doi.org/10.58812/sek.v1i02.88
Sutrisno. (2023). The Role of Partnerships and Business Networks in the Growth of MSMEs in the Digital Age. Technology and Society Perspectives (TACIT), 1(3), 122–131. https://doi.org/10.61100/tacit.v1i3.61
Syam, U., Sembiring, B., Anaconda Bangkara, B., & Fatmawati, E. (2022). Social media and MSME product promotion in digital days: What experts say. In Enrichment: Journal of Management (Vol. 12, Issue 2). https://doi.org/10.35335
Westerman, G., Bonnet, D., & McAfee, A. (2021). Leading Digital: Turning Technology into Business Transformation. Harvard Business Review Press.
Wijoyo, H., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.
Yuliati, Adrianti, L., & Alfarabi. (2022). DIGITALISASI UMKM: PEMANFAATAN MEDIA SOCIAL SEBAGAI STRATEGI DIGITAL MARKETING PRODUK UMKM GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DAN PENJUALAN PRODUK UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/DOI:10.46808/jurnal_bengawan.v2i2.55
Zhang, X., Xu, Y., & Ma, L. (2022). Research on Successful Factors and Influencing Mechanism of the Digital Transformation in SMEs. Sustainability (Switzerland), 14(5). https://doi.org/10.3390/su14052549

Downloads

Published

2024-12-03