PENGARUH PENGGUNAAN E-WALLET DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MUSLIM DENGAN SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Abstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh e-wallet dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi, dan mengestimasi self control memoderasi hubungan antara e-wallet dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi generasi Z dikota Bukittinggi. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan Correlation Research. Penelitian dilakukan di Kota Bukittinggi. Data penelitian yang digunakan adalah primer bersumber dari pengumpulan data dengan instrumen skala likert yang disebar melalui google form. Populasi sebesar 20.009 dengan jumlah sampel sebesar 200 orang generasi Milenial Z yang berdomisili di Kota Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah program Warp Partial Least Square dengan bantuan software Warppls 6.0. Hasil penelitian menunjukan E-Wallet Berpengaruh Positif Dan Signifikan Terhadap Perilaku Konsumsi dengan nilai dengan nilai β sebesar 0.89 dan nilai P-Value sebesar 0.01 kecil dari 0.05 ditunjuk oleh nilai R2 sebesar 0.80 yang artinya kontribusi pengaruh e-wallet terhadap perilaku konsumsi sebesar 80%. Gaya Hidup Berpengaruh Positif Dan Signifikan Terhadap Perilaku Konsumsi dengan nilai β sebesar 0.90 dan nilai P-Value sebesar 0.01 kecil dari 0.05 ditunjuk oleh nilai R2 sebesar 0.81 yang artinya kontribusi pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumsi sebesar 81%. Self Control Memoderasi Pengaruh E-Wallet Terhadap Perilaku Konsumsi dengan koefisien moderation effect 0.14 dan nilai P-Value sebesar 0.02 kecil dari 0.05 dengan kontribusi moderation effect yang ditunjukkan oleh nilai R2 sebesar 0.80 (80%). Dan Self Control juga Memoderasi Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi dengan koefisien moderation effect 0.16 dan nilai P-Value sebesar 0.01 kecil dari 0.05 dengan kontribusi moderation effect yang ditunjukkan oleh nilai R2 sebesar 0.81 (81%).
References
Anwar, Anas Iswanto, Shiva Sari Nalurita, dan Hamrullah. 2022. “Pengaruh Penggunaan E-wallet Terhadap Konsumsi.” Jurnal Ekonomika Dan Dinamika Sosial 01(02):28–50.
Arif, nabil al, dan Imsar. 2024. “Pengaruh Literasi Keuangan, Norma Subjektif, dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa UIN SU Medan Pengguna Electronic Money dengan Pengendalian Diri sebagai Moderasi.” Journal of Islmaic Education Management 4(1):1–24. doi: 10.47476/manageria.v4i1.2293.
Astuti, Ratna Fitri, Vitria Puri Rahayu, Mustangin, Ritma Ratri Candra Dewi, dan Rosyidah Rahmaniah. 2022. “Analisis perilaku konsumsi melalui gaya hidup pada usia remaja.” Satwika : Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial 6(2):232–41. doi: 10.22219/satwika.v6i2.22313.
Ayuni, Risca Fitri. 2019. “the Online Shopping Habits and E-Loyalty of Gen Z As Natives in the Digital Era.” Journal of Indonesian Economy and Business 34(2):168. doi: 10.22146/jieb.39848.
Bado, Basri, Tito Koes Herdianto, Diah Retno, Dwi Hastuti, dan Muh Jamil. 2024. “Pengaruh Kenyamanan dan Manfaat E-Wallet Terhadap Perilaku Konsumen di Kota Makassar.” Jurnal Kolaboratif Sains 7(5):1768–76. doi: 10.56338/jks.v7i5.5367.
Bahamarianto, Fauzan, Indrarini, dan Rachma Indrarini. 2021. “Pengaruh Gaya Hidup dan Tingkat Pendapatan terhadap Perilaku Konsumsi Islami pada New Normal (Studi Kasus Masyarakat Muslim Usia Produktif di Surabaya).” Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 4(2):156–67. doi: 10.26740/jekobi.v4n2.p156-167.
Budanti, Hartiyani Sadu, Mintasih Indriayu, dan Muhammad Sabandi. 2017. “Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi.” EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis 01(2):1–7.
Daliyah, Rofiqoh, dan Finisica D. Patrikha. 2020. “Analisis Perilaku Konsumsi Pengguna Aplikasi E-Money Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga 8(3):946–52.
Dewi, Anggi Puspita, dan Ainur Rochmaniah. 2023. “The Effect of Using E-Wallet on Attitudes and Lifestyle.” Indonesian Journal of Cultural and Community Development 14(1):6–12. doi: 10.1016/s1000-9361(22)00296-5.
Dewi, Luh Gede Kusuma, Nyoman Trisna Herawati, dan I. Made Pradana Adiputra. 2021. “Penggunaan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Yang Dimediasi Kontrol Diri.” EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) 5(1):1–19. doi: 10.24034/j25485024.y2021.v5.i1.4669.
Dkk, Muhfizar. 2021. Pengantar Manajemen ( Teori dan Konsep). Bandung: Cv. Media Sains Indonesia.
dkk, Muhifizar. 2021. Pengantar Manajemen (Teori Dan Konsep). Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Faddila, Syifa Pramudita, Laras Ratu Khalida, dan Robby Fauji. 2022. “E-Service Quality and E-Trust Models in Increasing Generation Z e-Customer Satisfaction in E-Wallet Transactions with ShopeePay Application.” Jurnal Mantik 6(1):210–15.
Farhan, Novitasari, Muhammad Dinar, dan Tuti Supatminingsih. 2022. “Pengaruh Penggunaan E-Money Terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.” Journal of Social Science and Character Education 1(1):16–22.
Handoko, basu swastha dan T. Hani. 2001. Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
J.Setiadi, Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen. diedit oleh P. Kencana. Jakarta.
Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kristina, Nerry, dan Ibnu Harris. 2020. “The Technology Acceptance Model of Mobile Payment Usage on Generation Z.” Binus Business Review 11(3):149–56. doi: 10.21512/bbr.v11i3.6394.
Kuganathan dan Wikramanayake. 2020. “Identifikasi Faktor Pengaruh Penggunaan Dompet Digital Menggunakan Metodee TM dan UTAUT2.” Indonesia Journl on Software Engineering 6(1):27.
M. Nur Ghufron &Rini Risnawita. S. 2010. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruz media.
Muh. Fachruddin. 2023. “Analisis Preferensi Penggunaan E-Payment Pada Konsumen Generasi Generasi Z di Kabupaten Fakfak.” Jurnal Informasi, Sains dan Teknologi 6(02):93–103. doi: 10.55606/isaintek.v6i02.161.
Mustamu, A., T. .. Rotinsulu, dan Maulana Th. B. Maramis. 2021. “Pengaruh Less Cash Society Terhadap Tingkat Konsumsi Universitas Sam Ratulangi Manado ).” Jurnal EMBA 9(1):386–96.
Ninggar, Aurellia Dara, dan Ika Khusnia Anggraini. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Generasi Z Dalam Konsumsi E-Wallet Saat Pandemi Covid-19 (Studi Pada Mahasiswa Aktif Program Sarjana Di Kota Malang).” Jurnal Ilmiah Fokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis & Akuntansi (EMBA) 1(2):131–41. doi: 10.34152/emba.v1i2.498.
Punwatkar, Sushil, dan Manoj Verghese. 2018. “Adaptation of e-Wallet Payment: An Empirical Study on Consumers’ Adoption Behavior in Central India.” International Journal of Advanced in Management, Technology and Engineering Sciences 8(3):1147–56.
Putu, I., Teddy Noviana, dan Gede Sri Darma. 2020. “Exploring Digital Marketing Strategies during the New Normal Era in Enhancing the Use of Digital Payment.” Jurnal Mantik 4(3):2257–62.
Rahmawati, Devy, dan Erry Andhaniwati. 2024. “Peran Self-Control Dalam Memoderasi Hubungan Persepsi Kemudahan dan Manfaat Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Pengguna E-Wallet.” Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 6(3):2750–63. doi: 10.47467/alkharaj.v6i3.4681.
Ramadani, Laila. 2016. “Pengaruh Penggunaan Kartu Debit dan Uang Elektronik (E-Money) Terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa.” Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Studi Pembangunan 8(1):1–8. doi: 10.17977/um002v8i12016p001.
Rizqa Khairi, Miftahul, dan Eddy Gunawan. 2019. “Analisis Penggunaan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (Apmk) Dan E-Money Terhadap Konsumsi Masyarakat Di Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam 1(1):19–36.
Schneider Gary P. 2011. Electronic Commerce 9th ed. Buston: Course Technology.
Sukma, Maulidysneni Nurvita, dan Clarashinta Canggih. 2021. “Pengaruh Electronic Money , Gaya Hidup dan Pengendalian Diri Terhadap َPerilaku Konsumsi Islam.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 7(01):209–15.
Ulum, Bahrul. 2023. “Pengaruh Gaya Hidup, Literasi Ekonomi, dan Modernitas terhadap Rasionalitas Konsumsi Mahasiswa.” Islamika 5(1):149–64. doi: 10.36088/islamika.v5i1.2473.
Copyright (c) 2024 Wewis Gilang Sari, Asyari Asyari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.