PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING DENGAN GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA KARYAWAN GENERASI Z

  • Mahmudah Aziziyah Malik Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Evi Kurniasari Purwaningrum Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Silvia Eka Mariskha Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
Keywords: Impulsive Buying, Kontrol Diri, Generasi Z

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji secara empiris apakah terdapat pengaruh kontrol diri terhadap perilaku impulsive buying dengan gender sebagai varibel moderator pada karyawan generasi Z. Penelitian ini melibatkan sebanyak 284 orang karyawan dari Generasi Z di kota Samarinda. Penetapan sampel dalam penelitian ini didasarkan pada metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh menggunakan dua jenis yaitu, skala kontrol diri dan skala Impulsive buying. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dalam program SPSS versi 27.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa variabel Kontrol Diri memiliki pengaruh terhadap Impulsive Buying dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dimana nilai signifikansi ini lebih kecil dari (p<0,05). Dan gender gender tidak dapat memoderasi kontrol diri terhadap perilaku impulsive buying dengan nilai signifikansi sebesar 0,573 > dari 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa secara umum mekanisme yang mendasari perilaku pembelian impulsif pada kedua gender adalah serupa, yaitu dipengaruhi oleh tingkat kontrol diri masing-masing individu.

References

Amos, C., Holmes, G. R., & Keneson, W. C. (2014). A meta-analysis of consumer impulse buying. Journal of Retailing and Consumer Services, 21(2), 86-97.
Anas, K. (2020). Bahaya Impulse Buying Pada Pelanggan Online Shop Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 349-353.
Aprilia, L., & Nio, S. R. (2019). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Impulsive Buying Pada Mahasiswi. Jurnal Riset Psikologi, 2019(1). doi:
10.24036/jrp.v2019i1.6350
Arisandy, D., & Hurriyati, D. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan Impulsive Buying pada mahasiswi Fakultas Psikologi di Perguruan Tinggi Wilayah Palembang yang melakukan belanja online. Prosiding SNaPP: Kesehatan (Kedokteran, Kebidanan, Keperawatan, Farmasi, Psikologi), 3(1), 31-39.
Atulkar, S., & Kesari, B. (2018). Role of consumer traits and situational factors on impulse buying: does gender matter?. International Journal of Retail & Distribution Management, 46(4), 386-405.
Azizah, M., & Aswad, M. (2022). Pengaruh Belanja Online Pada E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Millennial di Blitar. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(4), 429-438.
Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan validitas aitem. Buletin Psikologi, 3(1), 19-26.
Baumeister, R. F. (2002). Yielding to Temptation: Self-control Failure, Impulsive Purchasing, And Consumer Behavior. Journal of consumer Research, 28(4), 670-676. doi:10.1086/338209
Budiman, A. (2024, Maret 12). Milenial dan Gen Z Terjerat Pusaran Utang Pinjol. Diakses pada 05 Mei pukul, 01.00. https://www.voaindonesia.com/a/mile nial-dan-gen-z-terjerat-pusaran-utang- pinjol/7522571.html .
Chen, S., Zhi, K., & Chen, Y. (2022). How active and passive social media use affects impulse buying in Chinese college students? The roles of emotional responses, gender, materialism and self-control. Frontiers in Psychology, 13, 1011337.s
Chita, Regina C, M, Lydia David, and Cicilia Pali. "Hubungan antara Self- Control dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion pada Mahasiswa Falkultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011."e- Biomedik (eBm), 2015: 297-302
Coley, A., & Burgess, B. (2003). Gender differences in cognitive and affective impulse buying.Journal of Consumer Psychology.12(4), 173-186.
Diba, D. S. (2013). Peranan kontrol diri terhadap pembelian impulsif pada remaja berdasarkan perbedaan jenis kelamin di Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(3).
Dittmar, H. dkk. 1995. Objects, Decision Consideration & Self Image in Men’sand Women’s Impulse Purchases. USA.
Fajri, A. N., Rahardjo, P., Dwiyanti, R., & Herdian, H. (2024). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Impulsif Buying Pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purwokerto Dalam Pembelian Produk Kecantikan The Effect Of Self-Control On Impulsive Buying In Students Of Muhammadiyah Purwokerto University In Purchasing Beauty Produ. PSIMPHONI, 4(2). Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2010). Teori-teori psikologi. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.
Humairoh, H., Annas, M., & Zein, M. H. M. (2023). Gen Z, Gender variabel Dummy: Hedonic Shopping, Lifestyle, Dan Impulse Buying. JMB: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 12(2), 107- 120.Kacen, J. J., & Lee, J. A. (2002). The influence of culture on consumer Impulsive Buying behavior. Journal of consumer psychology, 12(2), 163-176.
Kharis, I. F. (2011). Studi mengenai impulse buying dalam penjualan online. Semarang: Skripsi Universitas Diponegoro.
Kusumaningsih, L. (2023). Perilaku Konsumen Pada Generasi Z Dalam Berbelanja Online Di Desa Jambon Kabupaten Ponorogo Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Mai, N. T. T., Jung, K., Lantz, G., & Loeb, S. G. (2003). An exploratory investigation into impulse buying behavior in a transitional economy: A study of urban consumers in Vietnam. Journal of International Marketing, 11(2), 13-35.
Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Konsep diri: Definisi dan faktor. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 3(02), 65-69.
Mowen, J.C., Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Edisi kelima Jilid 2 (Terjemahan). Jakarta: PT. Erlangga.
Mulyono, F. (2012). Faktor demografis dalam perilaku pembelian impulsif. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1).
Muruganantham, G., & Bhakat, R. S. (2013). A review of impulse buying behavior. International journal of marketing studies, 5(3), 149.
Nasution, E. Y., Indria, T., & Febriaty, H. (2022). Dampak Social Commerce Pada Perilaku Impulse Buying Generasi Z. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 22(2), 214-221.
Novia, M. H., & Harmon, H. (2016). Faktor Penentu Perilaku Impulsive Buying Pada Fashion Business Di Kota Bandung. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 2(3), 121-133.
Purnomo, A., Asitah, N., Rosyidah, E., Septianto, A., Daryanti, M. D., & Firdaus, M. (2019). Generasi Z sebagai Generasi Wirausaha.
Rasimin, B. S., & Atamimi, N. (2008). Hubungan Self Monitoring Dengan Impulsive Buying Terhadap Produk Fashion Pada Remaja. Jurnal psikologi, 35(2), 181- 193. doi: 10.22146/jpsi.7951
Rainer, P. (2023, 29 Agustus). Sensus BPS: Saat Ini Indonesia Didominasi Oleh Gen Z. Diakses pada tanggal 15 November 2023 pukul 19:54 dari https://data.goodstats.id/statistic/pierre rainer/sensus-bps-saat-ini-indonesia- didominasi-oleh-gen-z-n9kqv.
Rook, D. W., & Fisher, R. J. (1995). Normative Influences on Impulsive Buying Behavior. Journal of Consumer Research, 22(3),305.doi:10.1086/209452.
Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap perilaku Impulse Buying Pengguna e-commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1),44 57.doi:https://doi.org/10.35313/jrbi.v7 i1.2058
Sladek, Sarah dan Alyx Grabinger. (2014). Gen Z: The first generation of the 21st Century has arrived!. California: Xyz University Of California.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Utaminingsih, A. (2017). Gender dan wanita karir. Universitas Brawijaya Press.
Published
2024-11-11
Abstract viewed = 9 times
pdf downloaded = 4 times