ANALISA SENTIMEN TERHADAP COSPLAYER PADA PLATFORM SOSIAL MEDIA INSTAGRAM MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

  • Eric Mario Universitas Tarumanagara
  • Agus Budiyantara Universitas Tarumanagara
  • Irvan Lewenusa Universitas Tarumanagara
Keywords: Cosplayer, IndoBERT, Instagram, Sentiment Analysis, Simple Additive Weighting

Abstract

Media sosial, khususnya Instagram, berperan penting sebagai platform bagi cosplayer untuk berbagi konten serta berkomunikasi dengan pengikutnya. Komentar dari pengguna berisi berbagai pandangan yang dapat dianalisis guna memahami sentimen audiens terhadap cosplayer. Penelitian ini mengumpulkan data komentar Instagram melalui API dan memprosesnya dengan cleaning serta preprocessing untuk menghilangkan informasi tidak relevan dan menormalkan teks. Setelah itu, Untuk klasifikasi sentimen, beberapa model IndoBERT diuji, di antaranya indobenchmark/indobert-base-p1 dengan akurasi 76,34%, yang menunjukkan kinerja unggul dibandingkan model lainnya seperti indobertweet-base-uncased 55,82% dan indobert-base-uncased 43,31%. Metode Simple Additive Weighting (SAW) digunakan untuk membobotkan serta menganalisis sentimen, sehingga memungkinkan pemeringkatan kategori konten berdasarkan tanggapan pengguna.  Hasil analisis menunjukkan bahwa unggahan Daily Share memperoleh respons positif paling tinggi, yang menunjukkan ketertarikan audiens pada konten yang bersifat personal. Sebaliknya, Giveaway memiliki tingkat keterlibatan terendah. Hasil ini memberikan masukan kepada cosplayer agar lebih fokus pada konten yang menarik minat positif dan relevan bagi audiens. Dengan wawasan ini, cosplayer dapat merancang strategi konten dan interaksi yang lebih efektif untuk meningkatkan engagement dan reputasi mereka di media sosial.

References

[1] J. A. Dewantara, “Kesadaran Masyarakat dalam Efektivitas Penggunaan Media Sosial Untuk Pengenalan Culture di Indonesia,” Jurnal Kewarganegaraan, vol. 7, no. 1, pp. 520-529, 2023.
[2] M. Y. Yahya, “Pengaruh Cosplay terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang di Komunitas Japan Matsuri Cosplayer,” Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA, 2020.
[3] E. Kroski, “Cosplay in Libraries: How to Embrace Costume Play in Your Library,” dalam Cosplay in Libraries: How to Embrace Costume Play in Your Library, Rowman & Littlefield, 2015, p. 1.
[4] V. S. Fauziah dan Y. Aprilandini, “Cosplay Phenomenon as a Popular Culture Among Teenagers,” ICTSS 2018, 2018.
[5] J. N. Salim, D. Trisnawarman dan M. C. Imam, “Twitter Users Opinion Classification of Smart Farming in Indonesia,” IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, vol. 852, no. 1, 20219.
[6] K. J. Tannius, J. T. Beng dan D. Trisnawarman, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN BIJI KOPI BERKUALITAS MENGGUNAKAN (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING),” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, vol. 7, no. 2, pp. 229-234, 2019.
[7] E. Darmaja, V. C. Mawardi dan N. J. Perdana, “REVIEW SENTIMEN ANALISIS APLIKASI SOSIAL MEDIA DI GOOGLE PLAYSTORE MENGGUNAKAN METODE LOGISTIC REGRESSION,” Prosiding Serina, vol. 1, no. 1, pp. 513-520, 2021.
[8] M. A. Bily, D. Trisnawarman dan T. Sutrisno, “Legal Institution Mapping Information System in DKI,” IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, vol. 1007, no. 1, 2020.
[9] S. A. B. Cahyono, Sucipto, R. Firliana, M. N. Muzzaki, A. S. Wardani, M. I. Khalid, A. W. M. Gamas dan H. Setiawan, “Rancangan Pembuatan Api Website Data Tanaman Obat Dan Langka,” Bulletin of Information Technology (BIT) , vol. 3, no. 4, pp. 255-260, 2022.
[10] M. Mizan, “LKP : Analisis Sentimen Masyarakat Mengenai Pemilihan Umum 2024 Menggunakan Natural Language Processing (NLP),” Doctoral dissertation , 2024.
[11] B. Kurniawan, A. A. Aldino dan A. R. Isnain, “SENTIMEN ANALISIS TERHADAP KEBIJAKAN PENYELENGGARA SISTEM ELEKTRONIK (PSE) MENGGUNAKAN ALGORITMA BIDIRECTIONAL ENCODERREPRESENTATIONS FROM TRANSFORMERS (BERT),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi , vol. 3, no. 4, pp. 98-106, 2022.
[12] S. Dharmawan, V. C. Mawardi dan N. J. Perdana, “Klasifikasi Ujaran Kebencian Menggunakan Metode FeedForward Neural Network (IndoBERT),” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, vol. 11, no. 1, 2023.
[13] R. R. S. Bagus Ramadhani, “Komparasi Algoritma Naïve Bayes dan Logistic Regression Untuk Analisis Sentimen Metaverse,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA , vol. 8, no. 2, pp. 714-725, 2024.
[14] M. I. Thohir, S. I. Mulyana dan F. Sembiring, “ANALISIS SENTIMEN APLIKASI DOMPET DIGITAL PADA GOOGLE PLAYSTORE DENGAN METODE SAW,” JURSISTEKNI, vol. 5, no. 2, pp. 202-213, 2023.
[15] Wantoro, “KOMBINASI METODE ANALITICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDTIVE WEIGHT (SAW) UNTUK MENENTUKAN WEBSITE E-COMMERCE TERBAIK,” Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, vol. 9, no. 1, pp. 131-142, 2020.
Published
2024-11-13
Abstract viewed = 4 times
pdf downloaded = 4 times