PENGARUH PERSEPSI KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RISIKO PENGGUNAAN METODE PEMBAYARAN PAYLATER TERHADAP ONLINE IMPULSIVE BUYING (STUDI PADA KONSUMEN E-COMMERCE)
Abstract
Perkembangan teknologi mendorong transformasi digital, salah satunya pada dunia financial technology. Sistem pembayaran yang terus berkembang menjadi salah satu faktor pendukung pesatnya perkembangan e-commerce dimana saat ini sudah tersedia berbagai bentuk sistem pembayaran digital, salah satunya paylater. Tingginya minat masyarakat terhadap paylater mengindikasikan bahwa mereka percaya terhadap sistem, proses, hingga risiko dalam sistem pembayaran tersebut. Padahal, penggunaan paylater memiliki berbagai risiko, salah satunya kecenderungan terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi kepercayaan dan persepsi risiko penggunaan paylater terhadap perilaku online impulsive buying. Dalam penelitian ini, digunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah metode non-probability sampling menggunakan rumus jumlah sampel representative untuk mengukur jumlah sampel yang populasinya tidak diketahui. Adapun, pada penelitian ini dilibatkan 110 responden yang merupakan pengguna paylater yang pernah melakukan pembelian impulsif. Data primer dalam penelitian ini didapatkan dari hasil kuesioner, sedangkan data sekunder dari studi literatur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variable online impulsive buying dan persepsi risiko juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel online impulsive buying.
References
Eka, R. (2021). Indonesia Paylater Ecosystem Report 2021. Https://Dailysocial.Id/Research/Indonesia-Paylater-Ecosystem-Report-2021.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education, 8th Edition (2012). In Climate Change 2013 - The Physical Science Basis (Vol. 53, Issue 9).
Hair, J. . F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. In Practical Assessment, Research and Evaluation (Vol. 21, Issue 1).
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis : Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. In Bandung: PT Refika Aditama.
Misra, R. (2021). An Experimental Investigation of Trust And Reciprocity In Double-Shot Investment Games. International Journal of Economics and Business Research, 21(1). https://doi.org/10.1504/ijebr.2021.10033687
Nagadeepa, C., Shirahatti, D., & N, S. (2021). Impulse Buying: Concepts, Frameworks and Consumer Insights. Shanlax Publications.
Pakpahan, A. F. (2021). Metodologi Penelitian Ilmiah - Google Books. In Yayasan Kita Menulis.
Priansa, D. J. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Prof.Dr. Soekidjo Notoadmojo, S.K.M., N. C. H. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. In 2018 (Issue Agustus).
Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1). https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058
Schiffman, L., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior (12 Edition). In Pearson (Issue July).
Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif Kombinasi dan R&D. In Alfabeta Bandung.
Wibisono. (2019). Panduan Menyusun Skripsi, Thesis, dan Desertasi. CV. Andi.
Copyright (c) 2024 Imron Rosadi, Dany Prasetyo, Febriansyah Febriansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.