PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA ANGGOTA KPRI SYARIAH AL-IKHLAS SUMENEP

  • Moh Zidan Rikza Universitas Trunojoyo Madura
  • Nirma Kurriwati Universitas Trunojoyo Madura
  • Herry Yulistiyono Universitas Trunojoyo Madura
Keywords: Koperasi, Kualitas Pelayanan, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Koperasi sebagai salah satu bentuk badan usaha yang berlandaskan asas gotong royong dan bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggotanya, kini juga bergerak dalam sektor ritel. Sebagai entitas yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggotanya, koperasi harus mampu bersaing dengan berbagai lembaga keuangan lainnya, baik yang berbasis konvensional maupun digital. Keputusan pembelian tidak hanya dibangun melalui produk saja, namun ada beberapa faktor lainnya seperti kualitas pelayanan dan juga promosi.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian pada anggota KPRI syariah AL-Ikhlas sumenep. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, Populasi dari penelitian ini adalah anggota dari KPRI Syariah Al-Ikhlas Sumenep dan sampel yang diambil sebanyak 90 anggota. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang merupakan salah satu jenis probability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Pengujian data menggunakan uji Validitas, reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis yang meliputi uji t, uji f dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap Keputusan pembelian.

References

Azis, A., Pakkawaru, I., Hasanah, U., & Mangge, I. R. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Pada Kedai Kopma Al-Iqtishad IAIN Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(2), 110-128.
Candra, Y., Sari, D. P., & Ismail, W. (2019). Pengaruh Bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sale pisang Purwobakti muaro bungo. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(2), 122-138.
Damestuteles, D., Bertus, A., Junianta, M., Elvi, F., & Sabela, F. N. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN UMKM KELING KUMANG MART. Jurnal Ekonomi Integra, 14(2), 227-235.
Ellisshanty, S. I. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di UKM Bakso Kemasan M dan M di Mojokerto. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 5(1).
Ervina, E., Muchtar, B., & Rahmidani, R. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Periklanan Terhadap Manfaat Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Padang (KOPMA UNP) Bagi Mahasiswa Universitas Negeri Padang (FE UNP). Jurnal Ecogen, 1(2), 400-407.
Febriani, I. D., & Surono, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Pada Cheese Chicken Palem. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 831-839.
Hidayat, T. (2020). Analisis pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 109-119.
Hidayatulloh, R., Koesmawan, K., & Muftie, A. (2019). Pengaruh Produk, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Anggota Menabung (Studi Kasus KSSP BMT Al-Fath Ikmi Di Kota Tangerang Selatan). Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen, 8(2), 153-159.
Junaedi, D., Redjeki, F., & Priadi, M. D. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian: studi kasus pada Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Mande-Cianjur. Indonesian Journal of Economic and Business, 1(2), 106-120.
Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Rismayati, R. D. (2022). Analisis Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli Pada Umkm Toko Distributor Produk Skincare Kfskin Babat Lamongan. Derivatif: Jurnal Manajemen, 16(1), 36-47.
Murtini, D. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Batik D’yeyen Wonogiri. Jurnal Mirai Management, 8(2), 238-248.
Musnaini, M., Suyoto, Y. T., Handayani, W., & Jihadi, M. (2021). Manajemen Pemasaran.
Nuraini, F., & Novitaningtyas, I. (2022). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Mie Gacoan Cabang Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 3(2), 50-57.
Nurjamilah, S. F., Romadon, A. S., & Putri, S. E. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopima Aja. Solusi, 21(1), 40-56.
Nurjamilah, S. F., Romadon, A. S., & Putri, S. E. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopima Aja. Solusi, 21(1), 40-56.
Patmala, H. S., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di UKM Mart Kartika Widya Utama. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 1154-1170.
Putra, A. R. (2018). Pengaruh harga, label halal, pelayanan, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian: Studi kasus koperasi syariah 212 Ciputat (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah).
Putri, B. H., Majid, M. N., & Nengsih, T. A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Pembiayaan Murabahah dengan Religuisitas sebagai Variabel Moderating (Studi pada BMT Bina Insan Sejahtera Kota Jambi). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(1), 702-708.
Sinaga, A. N. A., Nasution, M. I. P., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh Desain Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada UMKM IntanCake’s. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(1), 63-73.
Suparni, S., & Istiyanto, J. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Ukm Batik Solo. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10(1), 69-77.
Tabelessy, W. (2021). Pengaruh Desain Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Rumahan Buket Bunga Victoria di Kota Ambon. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(2), 89-97.
Tahany, S., Ikhwan, S., Mulyani, I. D., & Dumadi, D. (2023). Pengaruh Harga, Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus UMKM Mitra Mandiri Kabupaten Brebes). JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1105-1114.
Wulandari, S. (2018). Pengaruh Lokasi, Pelayanan, Dan Prosedur Pencairan Pembiayaan Terhadap Keputusan Anggota Koperasi Mengambil Pembiayaan. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 5(1), 99-124.
Published
2024-11-11
Abstract viewed = 5 times
pdf downloaded = 1 times