PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK

Authors

  • Masriani Masriani Universitas Tadulako
  • Bakri Hasanuddin Universitas Tadulako
  • Idris Idris Universitas Tadulako
  • Pricylia Chintya Dewi Buntuang Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13120

Keywords:

Lingkungan belajar, motivasi, prestasi akademik, pendidikan, mahasiswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh lingkungan belajar dan motivasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako angkatan 2022. Faktor-faktor seperti peran orang tua, kondisi fasilitas, serta antusiasme dan pencapaian target belajar diidentifikasi sebagai variabel utama yang mempengaruhi kinerja akademik. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan teknik sampling jenuh, melibatkan 30 mahasiswa sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online googleform, dan analisis data menggunakan metode statistik deskriptif dengan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi akademik, terutama dalam hal ketekunan dan pencapaian target. Sementara itu, lingkungan belajar, termasuk ketersediaan fasilitas akademik, tidak memberikan pengaruh signifikan. Namun, peran orang tua dalam mendukung proses belajar sangat berperan dalam menciptakan suasana yang kondusif bagi mahasiswa. Oleh karena itu, peningkatan motivasi belajar dan dukungan lingkungan sosial perlu diprioritaskan untuk mendorong pencapaian akademik yang lebih baik.

 

References

Abdul, K., Chairil, F. A., & Tenripada, T. (2023). the Effect of Budget, Audit and Government Performance: Empirical Evidence From Indonesian Regional Governments. Экономика Региона, 19(1), 289–298.
Adda, H. W., Buntuang, P. C. D., & Ardianto, H. (2022). Promoting Transformative Learning Through Independent-Study Campus (MBKM) in Higher Institutions During the COVID-19 Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2701–2710.
Arifin, S., & Sinambela, E. A. (2021). Studi Tentang Kinerja Karyawan ditinjau dari Keberadaan Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian Internal. Realible Accounting Journal, 1(1), 58–70.
Buntuang, P. C. D., & Kornelius, Y. (2020). The impact of social distancing policy on small and medium-sized enterprises (SMEs) in Indonesia. Problems and Perspectives in Management, 2020(18 (3)), 492–503.
Ferdinand, A. T., & Wahyuningsih, W. (2018). Salespeople’s innovativeness: A driver of sales performance. Management & Marketing, 13(2), 966–984.
Furqana, A., Karim, F., Yuniar, L., Gunarsa, A., & Erwinsyah, E. (2023). The effects of information and communication technology on village development performance. International Journal of Data and Network Science, 7(4), 1941–1948.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hasanuddin, B., Mustainah, M., & Buntuang, P. C. D. (2021). The influence of servant leadership on job satisfaction with individual character as a moderating variable. Problems and Perspectives in Management, 19(1), 445–455.
Hattab, S., & Kornelius, Y. (2021). Effect of servant leadership on the performance of a regional general hospital. Probl Perspect Manag, 19(2), 507–518.
Husnah, H., Nurdin, D., & Kasim, M. (2023). Informativeness of environmental, social and governance (ESG) data on investment decisions: The mediating role purpose of investment. International Journal of Data and Network Science, 7(4), 1991–2000.
Ibrahim, A. I., Setiawan, M., & Rahayu, M. (2024). HR innovation in mediating entrepreneurial motivation in improving the competitive ability of Palu Fried Onions MSMEs. Business, Management and Economics Engineering, 22(1), 77–95.
Jenita, J., Nurdiana, R., Kurniawan, I. M. G. A., & Triwardhani, D. (2022). Optimizing human resources management for higher education in the era of implementing an independent curriculum in Indonesia. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 246–259.
Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role of parents in improving geography learning motivation in immanuel agung samofa high school. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69–74.
Mangun, N., Rombe, E., Taqwa, E., Sutomo, M., & Hadi, S. (2021). AHP structure for determining sustainable performance of indonesian seafood supply chain from stakeholders perspective. Journal of Management Information and Decision Sciences, 24(7), 1–10.
Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar.
Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar .Prosiding seminar nasional pendidikan dasar.
Ramadhan, I., Manisah, A., Angraini, D. A., Maulida, D., Sana, S., & Hafiza, N. (2022). Proses perubahan pembelajaran siswa dari daring ke luring pada saat pandemi covid-19 di madrasah tsanawiyah. edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1783–1792.
Rombe, E., & Hadi, S. (2022). The impact of supply chain capability and supply chain performance on marketing performance of retail sectors. Uncertain Supply Chain Management, 10(2), 593–600.
Rosita, N. A., Ghozali, I., Harto, P., Susanto, H., & Zainuddin, F. (2020). Intellectual capital and financial performance of state-owned banking: Evidence from Indonesia. International Journal of Learning and Intellectual Capital, 17(1), 47.
Simarmata, R. H. (2020). Upaya peningkatan motivasi kerja guru sekolah dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 654–660.
Sitepu, D. R. A., & Isnayanti, D. (2021). Hubungan persepsi mahasiswa tentang lingkungan belajar terhadap prestasi akademik di fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Maksitek, 6(1), 12–17.
Wahyuni, E. N. (2020). Motivasi belajar. Diva Perss. http://repository.uin-malang.ac.id/6126/
Wahyuni, S., Onodera, K., & Wahyuningsih. (2019). Collaboration for Innovation: An Evidence from Tokyo. South Asian Journal of Business and Management Cases, 8(2), 182–194.
Wahyuningsih, Nasution, H., Yeni, Y. H., & Roostika, R. (2022). A comparative study of generations X, Y, Z in food purchasing behavior: The relationships among customer value, satisfaction, and Ewom. Cogent Business & Management, 9(1), 2105585.
Widiyana, A., & Karimah, S. (2023). Peran orang tua terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII pada masa pendemi. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 4(1), 317–322.
Yusuf, S. (2022). Faktor yang mempengaruhi model pembelajaran : berfikir kesisteman ,lingkungan pendidikan dan kurikulum. Al-Afkar: Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 118–113.
Zahara, Z., Ikhsan, Santi, I. N., & Farid. (2023). Entrepreneurial marketing and marketing performance through digital marketing capabilities of SMEs in post-pandemic recovery. Cogent Business & Management, 10(2), 2204592.

Downloads

Published

2024-11-12