PROKRASTINASI AKADEMIK DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING DAN MEDIA SOSIAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
Abstract
Prokrastinasi akademik adalah perilaku menunda-nunda tugas yang dapat memberikan dampak negatif terhadap prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara prokrastinasi akademik dengan pembelajaran yang teratur sendiri (self-regulated learning/SRL) dan penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa pendidikan akuntansi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Sampel penelitian terdiri dari mahasiswa pendidikan akuntansi yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur tingkat prokrastinasi, kemampuan SRL, dan frekuensi penggunaan media sosial. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial untuk menentukan hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pembelajaran yang teratur secara mandiri (self-regulated learning) dan prokrastinasi akademik. Mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam pembelajaran teratur secara mandiri yang baik cenderung melakukan prokrastinasi lebih sedikit. Selain itu, penggunaan media sosial juga memengaruhi tingkat prokrastinasi; mahasiswa yang lebih sering menggunakan media sosial cenderung mengalami peningkatan perilaku prokrastinasi.
References
Darmawan, G. P. N. (2017). Pengaruh Self Regulated Learning terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Jurusan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 470–479.
Fauzan, I., Rufaedah, E. A., & Anita, R. (2022). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Semester II Tahun 2022. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 1–11. https://doi.org/10.31943/counselia.v3i2.44
İrem, Ö. B., Can, M. S., Kara, H., Baykan, H., & Karlıdere, T. (2023). Evaluating the Frequency of Academic Procrastination and Associated Factors in the Academic Population. International Journal of Medicine and Health Sciences, 1(2), 323–334. https://doi.org/10.5281/zenodo.8253851
Khasanah, A., & Panduwinata, L. F. (2022). Pengaruh Locus Of Control dan Self Regulated Learning terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Unesa di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8263–8274. http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/4497%0Ahttp://repository.untag-sby.ac.id/4497/8/JURNAL SEBELUM TURNITIN.pdf%0Ahttp://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6457
Oktia, V., Monika, S., & Wijaya, E. (2023). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dan Kecemasan Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Ilmu Kesehatan Mandira Cendikia, 2(1), 18–24. https://journal-mandiracendikia.com/index.php/JIK-MC/article/view/251
Patrzek, J., Sattler, S., van Veen, F., Grunschel, C., & Fries, S. (2015). Investigating the effect of academic procrastination on the frequency and variety of academic misconduct: a panel study. Studies in Higher Education, 40(6), 1014–1029. https://doi.org/10.1080/03075079.2013.854765
Santika, W. S., & Sawitri, D. R. (2016). Self-Regulated Learning Dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 2 Purwokerto. Jurnal EMPATI, 5(1), 44–49. https://doi.org/10.14710/empati.2016.14946
Sari, D. N., Mulyani, Y., & Ariani, A. (2023). Pengaruh Teknik Hypnotherapy Part Therapy Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Kebidanan. Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 18(1), 43. https://doi.org/10.35842/mr.v18i1.755
Usop, D. S., & Astuti, A. D. (2022). Pengaruh Self-regulated Learning, Intensitas Penggunaan Media Sosial, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1782–1790. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.839
Wahyuni, W., & Putri, R. M. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2), 376–387. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.8223
Wessel, J., Bradley, G. L., & Hood, M. (2021). A Low-Intensity, High-Frequency Intervention to Reduce Procrastination. Applied Psychology, 70(4), 1669–1690. https://doi.org/10.1111/apps.12293
Winarso, W. (2023). Mengelola Prokrastinasi Akademik Pendekatan Psikoedukasi Berbasis Religiusitas. CV. Jejak Pustaka.
Copyright (c) 2024 Reza Oktavionika Ardia Putri, Wafrotur Rohmah Rohmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.