PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT TIRTA ROHALLI WIDYATAMA DI SURABAYA
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan meneliti bagaimana bagaimana kepuasan pelanggan di PT Tirta Rohalli Widyatama di Surabaya dipengaruhi oleh persepsi harga dan kualitas layanan. Metodologi penelitian ini bersifat kuantitatif, dan menggunakan kuesioner untuk pengum,pulan data data. Pelanggan PT Tirta Rohalli Widyatama merupakan populasi penelitian, dengan 108 responden yang dipilih menggunakan prosedur sample conveniece. Dengan menggunakan SmartPLS (Partial Least Square) untuk menguji data penelitian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan di PT Tirta Rohalli Widyatama secara signifikan dipengaruhi secara positif oleh kualitas layanan, dan bahwa kepuasan pelanggan secara signifikan dipengaruhi secara positif oleh persepsi harga.
Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan; Kualitas Pelayanan; Persepsi Harga.
References
[2] Adlu Walyullah, Muhammad Muizzu, and Hery Pudjoprastyono. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada ID Express Surabaya.” Unbari.ac.id, 2024.
[3] Berliana, P. N., Suharyati, S., & Handayani, T. (2020). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan (Studi kasus pada JNE Cabang Corolet, Daerah Tangerang Selatan). In Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar), 1, 440-456
[4] Cordelia Izaak Wilma, Prima Rini Hesty. 2019. “Jurnal Bisnis Dan Manajemen Jurnal Bisma Pendahuluan” 13 (3): 181–88
[5] Hulud, S., Arifin, R., & Athia, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Mahasiswa Unisma Pengguna GrabBike di Kota Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 11(25)
[6] Hermawan, Y., Maylani, D., & Mulyana, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Smartphone Samsung di Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(3), 641-652
[7] Ismail, Taupik, and Ramayani Yusuf. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi) 5 (3): 413–23
[8] Mahira, M., Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1267-1283.
[9] Mulyapradana, Aria, Ary Dwi Anjarini, and Harnoto Harnoto. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT. Tempo Cabang Tegal.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 3 (1): 26–38. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.115
[10] Pratama, Nugroho Adhytiya, Siti Aminah, and Ugy Soebintoro. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Sewa Mobil Di Cv. Tepat Trans Di Kabupaten Sidoarjo.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 5 (4): 930–35
[11] Putri, A. R. M., & Supriyono, S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Sucofindo (Persero) Cabang Surabaya. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 767-772.
[12] Silvia, R., & Arifiansyah, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan DI Cillo Coffee. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 3(2), 662-675.
[13] Syakhnur, S., Titing, AS, & Hendrik, H. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Dan
Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bisnis Jasa Salon Reza Di Kabupaten Kolaka. Jurnal Keunggulan Ekonomi Ibnu Sina , 1 (4), 01-12.
[14] Pratama, Nugroho Adhytiya, Siti Aminah, and Ugy Soebintoro. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Sewa Mobil Di Cv. Tepat Trans Di Kabupaten Sidoarjo.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 5 (4): 930–35. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2374
[15] Walyullah, M. M. A., & Pudjoprastyono, H. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan
dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada ID Express Surabaya. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 9(1), 167-174
[16] Wibisono, Deny. 2019. “Analisis Kualitas Layanan Pendidikan Menggunakan Matriks Importance Performance Analysisdi Sekolah XYZ.” Jurnal Optimasi Teknik Industri 1 (2): 14–20.
Copyright (c) 2024 Haliza Nugraheni, Siti Aminah, Wilma Cordelia Izaak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.