PENGARUH VARIETY SEEKING, SOCIAL MEDIA, WORD OF MOUTH TERHADAP BRAND SWITCHING PRODUK SUNSCREEN MELALUI KETIDAKPUASAN KONSUMEN DI KOTA DEPOK
Abstract
Perkembangan masyarakat modern saat ini meningkatkan kesadaran akan hal pentingnya penggunaan kosmetik untuk merias diri maupun perawatan. Seiring kebutuhan konsumen terhadap kosmetik yang terus meningkat menyebabkan banyaknya brand atau merek baru yang bermunculan di setiap tahun. Banyaknya merek baru yang ada dipasaran mempermudah konsumen untuk melakukan peralihan merek (Brand switching) yaitu pola pembelian dimana terjadi perubahan maupun pergantian dari satu merek ke merek lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variety seeking, social media dan word of mouth terhadap ketidakpuasan pelanggan yang selanjutnya berdampak pada brand switching. Jumlah sampel yang diteliti dalam penelitian ini adalah sebanyak 229 responden yang seluruhnya merupakan pengguna produk sunscreen di Kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kuantitaif dengan metode purposive sampling. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis SEM AMOS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil (1) Ada pengaruh yang signifikan variety seeking terhadap ketidakpuasan pelanggan; (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan social media terhadap ketidakpuasan pelanggan; (3) Ada pengaruh yang signifikan word of mouth terhadap ketidakpuasan pelanggan; (4) Ada pengaruh yang signifikan variety seeking terhadap brand switching Koefisien variabel variety seeking terhadap brand switching bertanda positif; (5) Tidak ada pengaruh yang signifikan social media terhadap brand switching; (6) Ada pengaruh yang signifikan word of mouth terhadap brand switching. Koefisien variabel word of mouth terhadap brand switching bertanda negatif; (7) Ada pengaruh yang signifikan ketidakpuasan pelanggan terhadap brand switching.
Kata kunci: Variety seeking, social media, word of mouth, brand switching, ketidakpuasan
References
Chen, S. C., & Lin, C. P. (2019). Understanding the effect of social media marketing activities: The mediation of social identification, perceived value, and satisfaction. Technological Forecasting and Social Change, 140. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2018.11.025
Gholipour Soleimani, A., & Einolahzadeh, H. (2018). The influence of service quality on revisit intention: The mediating role of WOM and satisfaction (Case study: Guilan travel agencies). Cogent Social Sciences, 4(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2018.1560651
Ginting, Y. M., Chandra, T., Miran, I., & Yusriadi, Y. (2023). Repurchase intention of e-commerce customers in Indonesia: An overview of the effect of e-service quality, e-word of mouth, customer trust, and customer satisfaction mediation. International Journal of Data and Network Science, 7(1). https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.10.001
Hartono, K. (2018). Management Analysis Journal THE INFLUENCE OF SATISFACTION, VARIETY SEEKING, AND ALTERNATIVE ATTRACTIVENESS TO SWITCHING BEHAVIOUR THROUGH SWITCHING INTENTIONS. Management Analysis Journal, 7(3).
Huy Tuu, H., & Ottar Olsen, S. (2013). Consideration set size, variety seeking and the satisfaction-repurchase loyalty relationship at a product category level. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 25(4). https://doi.org/10.1108/APJML-09-2012-0102
Nasrullah, R. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016, 2017.
Purwanti, R. S., & Toto, T. (2020). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen Dan Variety Seeking Terhadap Brand Switching (Suatu Studi Pada Konsumen Toko Elin Kosmetik Yang Berpindah Dari Sariayu Ke Wardah). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(3), 67–81.
Putri, N. S. M., Rinuastuti, B. H., & Mulyono, L. E. H. (2023). Pengaruh Kebutuhan Mencari Variasi Dan Brand Image Terhadap Brand Switching Behavior Dengan Mediasi Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pelanggan the Body Shop di Indonesia). JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 9(1), 74–81.
Safitri, A., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Dissatisfaction, Variety Seeking, Electronic Word of Mouth, dan Religiosity terhadap Brand Switching Produk Kosmetik Lain ke Kosmetik Wardah pada Mahasiswi Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(01), 26–35.
Yulian, D., & Krisnanto, U. (2022). Analisis Pengaruh Digital Marketing Melalui Media Sosial Terhadap penignkatan Brand Awareness Satisfaction dan Custoemr Loyalti Di PT Mayora Indah. Jurnal Riset Perbankan, Manajemen Dan Akuntansi, 5(1).
Copyright (c) 2024 Diah Lestari Harahap, Sahat Saragi, Derriawan Derriawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.