PENGARUH BRAND AWARENESS, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA PRODUK PEMBERSIH WAJAH X TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG BERDAMPAK PADA PENINGKATAN PENJUALAN
Abstract
Pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan selama 2021-2022, dan didominasi oleh industri kosmetik UKM. Kesadaran masyarakat akan perawatan kesehatan kulit mendorong banyak perusahaan mengeluarkan produk baru termasuk PT XY yang memproduksi pembersih wajah X. Sebagai sebuah produk baru, penjualan produk selaam 2 tahun tidak seperti yang diharapkan, karena itu penting dikaji terkait berbagai faktor yang mempengaruhi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih dalam adakah pengaruh brand awareness, kualitas produk dan harga produk pembersih wajah X terhadap keputusan pembelian serta peneliti ingin melihat faktor manakah yang dapat berdampak pada penjualan. Metode penelitian adalah deskriptif. Keterkaitan antara masing – masing variabel menggunakan analisis jalur/path analysis melalui program SPSS Ver.23. Analisis jalur diolah dengan regresi bertahap menggunakan program SPSS. Pengujian regresi tahap pertama adalah regresi linier. Jumlah responden sebanyak 64 orang, 20 orang (31,3%) perempuan, dan 44 orang (68,8%) laki-laki. Analisis data menunjukkan bahwa: (1) Brand awareness berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk pembersih wajah X; (2) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk pembersih wajah X; (3) Harga produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk pembersih wajah X; (4) Keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap penjualan produk pembersih wajah X; (5) Ada pengaruh yang signifikan brand awareness, kualitas produk, harga terhadap keputusan pembelian. Perusahaan harus terus melakukan inovasi penjualan agar dapat mencapai target penjualan. Evaluasi tidak hanya berkaitan dengan produk, namun juga semua lini baik sumber daya manusia, proses bisnis, penetapn harga, dan strategi promosi agar perusahaan agar memaksimalkan nilai penjualan.
References
Anggraini, T. R. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Brand awareness terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian Produk Emina (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2018-2019 Universitas Mulawarman). CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(2), 143–161.
Bairizki, A. (2017). Pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dalam meningkatkan penjualan (Studi kasus pada UD Ratna cake & cookies). Valid: Jurnal Ilmiah, 14(2), 71–82.
Dunan, H., Antoni, M. R., Redaputri, A. P., & Jayasinga, H. I. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penjualan “Waleu” Kaos Lampung di Bandar Lampung. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 17(2), 167–185.
Febrinastri, F. (2022, September 13). Hingga Juli 2022, Industri Kosmetik Meningkat 83% dan Didominasi UKM. Suara.Com. https://www.suara.com/pressrelease/2022/09/13/105011/hingga-juli-2022-industri-kosmetik-meningkat-83-dan-didominasi-ukm
Gunanjaya, C. (2020). Pengaruh Brand Awareness, Kualitas, dan Kemasan terhadap Minat Beli Rovance. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up BisnisVolume, 5.
Hartati, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Produk Cosmetics Jafra Pada PT. Jafra Cosmetics Indonesia. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 123–137.
Hasan, M. N., Wolok, T., & Kango, U. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Wanit Berhijab Di Kota Gorontalo. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 3(1), 16–30.
Ramadayanti, F. (2019). Peran brand awereness terhadap keputusan pembelian produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111–116.
Santoso, D. A., Erdiansyah, R., & Pribadi, M. A. (2018). Pengaruh brand awareness dan brand image terhadap minat beli produk kecantikan Innisfree. Prologia, 2(2), 286–290.
Sari, R. (2022). Perkembangan Industri Kosmetik Global, Potensi dan Tren Terbaru. Mash Moshem Indonesia. https://mashmoshem.co.id/perkembangan-industri-kosmetik-global/
Situmorang, I. L. , J. J. , & M. M. (2017). engaruh Kualitas Produk dan Iklan terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek Pond’s pada Remaja di Kota Pekanbaru. Riau University.
Wilujeng, S. R., & Edwar, M. (2014). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 2(2), 1–15.
Copyright (c) 2024 Rizka Putriani, Sahat Saragi, Lies Putriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.