PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND ATTACHMENT TERHADAP BRAND LOYALTY DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PELANGGAN APOTEK SB)

  • Lila Quraisyin Taslim Universitas Pancasila
  • Faizatun Faizatun Universitas Pancasila
  • Iha Haryani Hatta Universitas Pancasila
Keywords: Kata kunci: brand image, brand attachment, keputusan pembelian, brand loyalty.

Abstract

Apotek sebagai unit bisnis harus mampu membuat branding yang baik sehingga konsumen mampu meletakkan brand apotek tersebut pada top of mind disaat mereka membutuhkan produk kesehatan ataupun obat-obatan. Perubahan struktur dari toko obat menjadi apotek membuat apotek SB harus melakukan rebranding terhadap profil bisnis. Hal ini dilakukan agar apotek mampu mempertahankan pelanggan lama mereka sekaligus menarik pelanggan baru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antar variabel brand image, brand attachment terhadap brand loyalty dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening pada pelanggan atau konsumen apotek SB. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan apotek SB berjumlah 100 responden. Data penelitian diperoleh dari hasil pengisian kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis SEM PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Brand attachment berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty; (2) Brand attachment secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian,  (3) Brand image secara langsung tidak berpengaruh terhadap brand loyalty, (4) Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; (5) Keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty; (6) Brand attachment mampu memediasi pengaruh keputusan pembelian terhadap brand loyalty, (7) Brand image mampu memediasi pengaruh keputusan pembelian terhadap brand loyalty.

Kata kunci: brand image, brand attachment, keputusan pembelian, brand loyalty.

References

Ardiyansyah, R., & Febrianti, R. A. M. (2022). Understanding the driver of customer purchase decision : The role of customer engagement and brand attachment in Batik Products. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(4). https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i4.2657
Darmawan, M. D. (2018). The effect of price, product quality, promotion, social factor, brand image on purchase decision process of loop product on youth segment (Case Study of PT Telekomunikasi Selular). International Seminar & Conference on Learning Organization ISCLO, 6.
Dwipamurti, I. G. A. N., Mawardi, M. K., & Nuralam, I. P. (2018). The Effect Of Green Marketing On Brand Image And Purchase Decision (Study On Consumer Of Starbucks Café Ubud, Gianyar Bali). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(3).
Karamang, E. (2022). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak pada Loyalitas Konsumen Pada Mc. Donald di Simpang Dago Bandung. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(4). https://doi.org/10.32493/jee.v4i4.22032
Kasmad, K. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian yang berdampak pada Loyalitas Konsumen Pedagang Ayam Potong di Pasar Wilayah Tangerang Selatan Produksi PT. Ra Chick Tangerang Selatan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1098
Kaufmann, H. R., Petrovici, D. A., Filho, C. G., & Ayres, A. (2016). Identifying moderators of brand attachment for driving customer purchase intention of original vs counterfeits of luxury brands. Journal of Business Research, 69(12). https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.05.003
Khayatin, N., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2017). PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Pelanggan Teh Kotak). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 47(2).
Laila, N., & Fitriyah, Z. (2022). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Terhadap Loyalitas Konsumen Konsumen Skincare MS Glow di Surabaya. Seiko : Journal of Management & Business, 5(2).
Purnamawati, I. A. Pt. S., Wianto Putra, I. M., & Wahyuni, N. M. (2022). The Effect of Brand Image on Online Purchase Decision with Mediation Word of Mouth on Fashion Products in Denpasar-Bali Province. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 9(1). https://doi.org/10.22225/jj.9.1.2022.90-98
Puspitasari, D. A., & Yunani, A. (2022). Pengaruh Event Marketing dan Kredibilitas Influencer Terhadap Loyalitas Merek Melalui Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Erigo Store). YUME : Journal of Management, 5(2).
Putri, Sumaryono, W., Widyastuti, S., Badi, S., & Djoharsjah, T. (2021). Pengaruh Faktor Pendorong Pemilihan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perawatan Wajah Serta Implikasi Pada Loyalitas Konsumen Remaja. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 6(1).
Rahmat, R., & Marso, M. (2020). HUBUNGAN BRAND EXPERIENCE, BRAND IMAGE, BRAND SATISFACTION, DAN BRAND LOYALTY DALAM PESPEKTIF FOUR-STAGE LOYALTY MODEL (STUDI TERHADAP MAHASISWA PENGGUNA SMARTPHONE DI TARAKAN). Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1). https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.17-24
Saeed, R., Lodhi, R. N., Mukhtar, A. M. J., Hussain, S., Mahmood, Z., & Ahmad, M. (2013). Factors affecting consumer purchase decision in clothing industry of Sahiwal, Pakistan. World Applied Sciences Journal, 24(7). https://doi.org/10.5829/idosi.wasj.2013.24.07.1339
Samboro, J., Hadi, M., & Pribadi, J. D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pizza Hut. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 15(2).
Saputra;, K. A. (2020). Pengaruh Strategi Promosi dan Loyalitas PelangganTerhadap Keputusan Pembelian. Manajemen Bisnis, 30(1).
Siregar, R. H. M., & Nurmahdi, A. (2021). The effect of Price and Brand Image on Purchase Decisions and their Implications on Consumer Satisfactory of Ebara Pump Products in Jabodetabek. Journal of Business and Management Studies, 3(2). https://doi.org/10.32996/jbms.2021.3.2.3
Situmorang, I., Jushermi, J., & Marhadi, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek Pond’s pada Remaja di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1).
Toto Handiman, U., & Ali, H. (2019). The Influence of Brand Knowledge and Brand Relationship On Purchase Decision Through Brand Attachment. In International Journal of Business Marketing and Management (IJBMM) (Vol. 4).
Trihudiyatmanto, M. . (2021). MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN YANG DIPENGARUHI OLEH KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE DAN EXPERIENTIAL MARKETING. EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9(1). https://doi.org/10.36596/ekobis.v9i1.487
Widodo, T., & Alivia Febrianti, I. V. (2021). PENGARUH CUSTOMER ENGAGEMENT TERHADAP BRAND LOYALTY DENGAN VARIABEL MEDIASI BRAND ATTACHMENT DAN CUSTOMER TRUST. Jurnal Mitra Manajemen, 5(5). https://doi.org/10.52160/ejmm.v5i5.537
Yunaida, E. (2018). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2). https://doi.org/10.33059/jmk.v6i2.685
Published
2024-11-19
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times