MODERASI SOSIODEMOGRAFI DALAM PERBANKAN DIGITAL DAN PREFERENSI BANK SYARIAH WAWASAN DARI PEGAWAI NEGERI SIPIL UNIVERSITAS ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek moderasi faktor sosiodemografi dalam hubungan Digital Banking System dengan Preferensi memilih Bank Syariah pada Aparatur Sipil Negara (ASN) PTKIN Se-Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Data primer bersumber pada pengumpulan data dengan skala likert yang disebarkan melalui google form. Populasi penelitian ini adalah ASN PTKIN yang ada pada PTKIN di Sumatera Barat. Sampel penelitian ini diambil secara purposive sampling sehingga diperoleh sampel 325 ASN dari PTKIN di Sumatera Barat. Teknik Analisis data yang digunakan adalah metode PLS (Partial Least Square) melalui Smart PLS Software 4.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Digital Banking System berpengaruh positif dan signifikan terhadap Preferensi memilih bank Syariah, nilai R-Squared coefficients sebesar 0,458 (46%), P-value 0.032 dan t-hitung 2.145 besar dari t-tabel. Faktor sosiodemografi memoderasi hubungan antara digital banking system dengan preferensi memilih bank syariah. Dengan P-value sebesar 0.034 kecil dari 0.05 dan t-statistik hitung 2.122 besar dari t-tabel. Hal ini menunjukkan bagaimana faktor sosiodemografi memoderasi hubungan antara digital banking system dan preferensi memilih bank syariah. Temuan ini dapat digunakan oleh pembuat kebijakan untuk merancang strategi yang lebih efektif dalam meningkatkan adopsi perbankan syariah melalui teknologi digital, dengan mempertimbangkan karakteristik demografi target pasar.
References
Ahmed, S., & Sur, S. (2023). Change in the uses pattern of digital banking services by Indian rural MSMEs during demonetization and Covid-19 pandemic-related restrictions. Vilakshan - XIMB Journal of Management, 20(1), 166–192.
Candera, M., Afrilliana, N., & Ahdan, R. (2020). Peran Literasi Keuangan Syariah dalam memoderasi Pengaruh Demografi terhadap Minat Menabung Pada Perbankan Syariah. Jurnal Manajemen Motivasi, 16(1), 1. https://doi.org/10.29406/jmm.v16i1.2069
Chawla, D., & Joshi, H. (2020). The moderating role of gender and age in the adoption of mobile wallet. Foresight, 22(4), 483–504.
Deny Meitasari, Rini Mutisari, & Wiwit Widyawati. (2020). Pengaruh Sosio-Demografis terhadap Keputusan Pembelian Produk Hortikultura pada Online Market. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 4(4), 959–972. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.04.23
Djuwita, D., & Yusuf, A. A. (2018). Tingkat Literasi Keuangan Syariah Di Kalangan UMKM Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Usaha. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1), 105. https://doi.org/10.24235/amwal.v10i1.2837
Fatimah, V., & Trihudiyatmanto, M. (2021). Faktor Determinan Keputusan Investasi : Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan dan Sosiodemografi. Journal of Management, Accounting, Economic Adn Business, 02(01), 56–70.
Ghamry, S., & Shamma, H. M. (2022). Factors influencing customer switching behavior in Islamic banks: evidence from Kuwait. Journal of Islamic Marketing, 13(3), 688–716.
Junariah, J. (2022). Hubungan Faktor Sosio Demografi terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Disdukcapil Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 5(2), 395–401. https://doi.org/10.31539/kaganga.v5i2.4824
Maksum, A., & Wardani, D. S. (2023). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Syariah Generasi Milenial di DKI Jakarta. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 4(1), 1.
Miko, J., & Yudrieka, T. (2020). Sosiodemografi Memoderasi Pemahaman Masyarakat Dengan Mendeterminasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal (Studi Kasus : Masyarakat Kota Medan). Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 20(2), 200–220.
Mohd Daud, N., Mohd Kassim, N. E., Wan Mohd Said, W. S. R., & Mohd Noor, M. M. (2011). Determining critical success factors of mobile banking adoption in Malaysia. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(9), 252–265.
Mohd Thas Thaker, M. A. Bin, Allah Pitchay, A. Bin, Mohd Thas Thaker, H. Bin, & Amin, M. F. Bin. (2019). Factors influencing consumers’ adoption of Islamic mobile banking services in Malaysia: An approach of partial least squares (PLS). Journal of Islamic Marketing, 10(4), 1037–1056.
Poromatikul, C., De Maeyer, P., Leelapanyalert, K., & Zaby, S. (2020). Drivers of continuance intention with mobile banking apps. International Journal of Bank Marketing, 38(1), 242–262.
Puteri, H. E., Parsaulian, B., & Azman, H. A. (2022). Potential demand for Islamic banking: examining the Islamic consumer behavior as driving factor. International Journal of Social Economics, 49(7), 1071–1085.
Putri, H. (2022). Analisis Keterlibatan Faktor Demografi Dalam Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia Region Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Transformasi Digital Perbankan : Wujudkan Bank Digital. (2022). OJK.
Widyandri, D. B., & Laila, N. (2022). Analisis Pengaruh Mobile Banking dan Keuangan Inklusif Terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah Periode 2014-2019. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 9(1), 14. https://doi.org/10.20473/vol9iss20221pp14-24
Windasari, N. A., & Albashrawi, M. (2020). Behavioral routes to loyalty across gender on m-banking usage. Review of International Business and Strategy, 31(3), 339–354.
Yasin, R. M., Lailyah, N., & Edris, M. (2021). Analisis Pengaruh Layanan Digital Perbankan Syariah terhadap Literasi Keuangan Syariah Generasi Milenial. Jurnal Baabu Al-Ilmi: Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), 75. https://doi.org/10.29300/ba.v6i1.4117
Copyright (c) 2024 Restika Restika, Hesi Eka Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.