PENGARUH PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT DAN SOSIAL MEDIA TERHADAP PENDAPATAN UMKM DENGAN HUMAN CAPITAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI BUKITTINGGI

  • Febri Rahmita Universitas Islam Negeri Sjeh M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Asyari Asyari Universitas Islam Negeri Sjeh M.Djamil Djambek Bukittinggi
Keywords: Digital Payment, Sosial Media, Human Capital, Pendapatan.

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis Pengaruh Penggunaan  Digital Payment Dan Sosial Media Terhadap Pendapatan UMKM Dengan Human Capital Sebagai Variabel Intervening Pada Umkm Makanan Dan Minuman Pengguna Qris Bank Nagari Syariah di Bukittinggi. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan Correlation Research. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabael Independen yaitu Digital Payment (X1) dan Sosial Media (X2) untuk variabel Dependent yaitu Pendapatan (Y) dan Variabel Intervening (M) yaitu Human Capital. Penelitian dilakukan pada Umkm Makanan Dan Minuman Pengguna Qris Bank Nagari Syariah di Bukittinggi. Data penelitian yang digunakan adalah primer bersumber dari pengumpulan data dengan instrumen skala likert yang disebar melalui kuesioner. jumlah sampel sebesar 180 UMKM makanan dan minuman. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah program Warp Partial Least Square dengan bantuan software Warppls 8.0. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel digital payment mampu memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM dengan Nilai coefficient 0.44 dan nilai p-value 0.01 < 0.05. Variabel sosial media mampu memberikan berpengaruh langsung terhadap pendapatan UMKM.  Nilai coeffiecient sebesar 0.15 dan p-value 0.01 <0,05. Penggunaan digital payment dan sosial media berpengaruh positif signifikan terhadap human capital. variabel intervening Human capital mampu memediasi hubungan antara digital payment terhadap pendapatan dengan nilai β 0.22 dengan p-value 0.01. Sedangkan hasil inderec effect jalur digital payment ke human capital memiliki nilai β 0.55 dan nilai p-value 0.01 < 0.05 Human capital memediasi hubungan antara sosial media terhadap pendapatan dengan nilai β 0.06 dan p-value 0.01< 0.05.

Author Biography

Febri Rahmita, Universitas Islam Negeri Sjeh M.Djamil Djambek Bukittinggi

Ahmad, B. (2008). metode penelitian. pustaka setia.

Arfan, N., & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 212–224.

Artina, N. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat , Persepsi Kemudahan , Kepercayaan Dan Fitur Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan E-Money Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(1), 120–131.

Becker, G. S. (1994). Human Capital: A Theoretical and Empirical Analysis, with Special Reference to Education.

Bintari, V. I., & Nanda, U. L. (2024). E-commerce , Financial Technology , Media Sosial dan Pengaruhnya terhadap Pendapatan UMKM Kota Tasikmalaya. Riset Journal Akuntansi, 8(3), 2139–2149.

Fatma, M., & Rizikna. (2024). The Effect Of Using E-Commerce And Digital Payment On UMKM Income (Case Study On UMKM In The Culinary Sector Of Tuah Madani Sub-District, Pekanbaru City). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2).

Hasmirati, H., & Akuba, A. (2022). Dampak Human Capital, Structural Capital, Dan Costumer Capital Terhadap Pendapatan UMKM Di Tilamuta. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 4(2), 201. https://doi.org/10.47201/jamin.v4i2.95

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2021). Two Decades of Social Media Marketing Research: An Integrative Review of the Past, Present, and Future of a Fast-Evolving Field. Journal of Marketing, 85(1).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing.

Marsela, R., Syafitri, L., & Putri, A. U. (2024). Pengaruh E-Commerce , Inovasi Dan Sosial Media Terhadap Pendapatan UMKM ( Studi Kasus Pada Toko Pakaian di Kecamatan Sako Palembang ). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(3), 1413–1422.

Natalina, S. A., Zunaidi, A., & Rahmah, R. (2021). Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Strategi Survive UMKM Di Masa Pandemi Di Kota Kediri. Jurnal Pengembangan Ekonomi Islam, 5(2).

Nguyun chagu, Zhang, Z., & Zhang, M. Z. (2020). The Impact of Digital Payment and Digital Marketing on SME Performance: The Mediating Role of Intellectual Capital and Innovation. Journal in Management and Enterpreneurship.

Noviyanti, R., & Azizah, F. N. (2023). The Effect of Social Media-Based Digital Marketing Toward Increasing Income of MSMES Gondanglegi Malang in Islamic Economic Perspective. Jurnal Ekonomi Syariah, 8(1), 1–9.

Putri, E. W., Isnaini, R. A., & Tristiana, S. P. (2022). peran sistem digital payment sebagai strategi peningkatan pendapatan pada usaha. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 2(2), 17–30.

Ramadhan, M. A., & ganjar resmi, G. (2020). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Pada UMKM Sektor Pariwisata di Kambang Iwak ( KI ) Palembang. Jurnal Inspirasi Manajemen Bisnis, 3(2), 77–86.

Ratmono, D., & Sholihin, M. (2013). Analisis SEM-PLS Dengan Warppls Untuk Hubungan Non Linear Dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Penerbit Andi.

Rosyidi, S. (2003). Pengantar Teori Ekonomi. Grafindo Persada.

Saragih, S. P., & Nopriadi. (2019). Technology Acceptance of Digital Payment System Pada Pelaku Umkm Di Kota Batam. Computer Based Information System Journal, 7(2), 82–90. https://doi.org/10.33884/cbis.v7i2.1402

Sholihah, E., & Nurhapsari, R. (2023). Percepatan Implementasi Digital Payment Pada UMKM : Intensi Pengguna QRIS Berdasarkan Technology Acceptance Model. 12(1), 1–12.

Sidi, A. P., & Yogatama, A. N. (2019). Mediasi Intellectual Capital atas Pengaruh Digital Marketing Terhadap Kinerja Pemasaran. Iqtishoduna, 15(2), 129–152. https://doi.org/10.18860/iq.v15i2.7592

Sihabudin, & Hidayaty, D. E. (2021). Pengaruh Penggunaan Digital Payment dan Sistem Informasi Keuangan Terhadap Pendapatan UMKM BEBEKE OM ARIS Karawang. Jurnal Signaling, 13, 1.

Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Universitas Sumatera Utara (1)(2)(3). Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287–297. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/

Soon, T. J. (2008). QR CODE. Synteshis Journal.

Stewart, T. A. (1997). Intellectual Capital: The New Wealth of Organizations.

Sukayana, K., & Sinarwati, N. K. (2022). Analisis pengaruh financial behaviour dan actual use digital payment system terhadap pendapatan usaha sektor UMKM di Bali. Jurnal EXPLORE, 12(1), 87–93.

Titasari, H. I. (2023). Pengaruh E-Commerce dan Digital Payment terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sunan Kalijaga Islamic Economic Journal, 2(1), 25–51.

Widyayanti, E. R. (2020). Analisis pengaruh kecenderungan pergeseran sistem pembayaran dari tunai ke non-tunai/online payment terhadap peningkatan pendapatan usaha (studi pada UMKM di Yogyakarta). Seminar Nasional Dan Call For Paper Paradigma Pengambangan Ekonomi Kreatif Di Era 4.0, 187–200.

Wulandari, & Kiki, P. (2021). The Effect of Digital Payment and Digital Marketing on SME Performance: The Mediating Role of Intellectual Capital. Journal Etikonomika, 4(123).

References

Ahmad, B. (2008). metode penelitian. pustaka setia.
Arfan, N., & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 212–224.
Artina, N. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat , Persepsi Kemudahan , Kepercayaan Dan Fitur Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan E-Money Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(1), 120–131.
Becker, G. S. (1994). Human Capital: A Theoretical and Empirical Analysis, with Special Reference to Education.
Bintari, V. I., & Nanda, U. L. (2024). E-commerce , Financial Technology , Media Sosial dan Pengaruhnya terhadap Pendapatan UMKM Kota Tasikmalaya. Riset Journal Akuntansi, 8(3), 2139–2149.
Fatma, M., & Rizikna. (2024). The Effect Of Using E-Commerce And Digital Payment On UMKM Income (Case Study On UMKM In The Culinary Sector Of Tuah Madani Sub-District, Pekanbaru City). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2).
Hasmirati, H., & Akuba, A. (2022). Dampak Human Capital, Structural Capital, Dan Costumer Capital Terhadap Pendapatan UMKM Di Tilamuta. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 4(2), 201. https://doi.org/10.47201/jamin.v4i2.95
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2021). Two Decades of Social Media Marketing Research: An Integrative Review of the Past, Present, and Future of a Fast-Evolving Field. Journal of Marketing, 85(1).
Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing.
Marsela, R., Syafitri, L., & Putri, A. U. (2024). Pengaruh E-Commerce , Inovasi Dan Sosial Media Terhadap Pendapatan UMKM ( Studi Kasus Pada Toko Pakaian di Kecamatan Sako Palembang ). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(3), 1413–1422.
Natalina, S. A., Zunaidi, A., & Rahmah, R. (2021). Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Strategi Survive UMKM Di Masa Pandemi Di Kota Kediri. Jurnal Pengembangan Ekonomi Islam, 5(2).
Nguyun chagu, Zhang, Z., & Zhang, M. Z. (2020). The Impact of Digital Payment and Digital Marketing on SME Performance: The Mediating Role of Intellectual Capital and Innovation. Journal in Management and Enterpreneurship.
Noviyanti, R., & Azizah, F. N. (2023). The Effect of Social Media-Based Digital Marketing Toward Increasing Income of MSMES Gondanglegi Malang in Islamic Economic Perspective. Jurnal Ekonomi Syariah, 8(1), 1–9.
Putri, E. W., Isnaini, R. A., & Tristiana, S. P. (2022). peran sistem digital payment sebagai strategi peningkatan pendapatan pada usaha. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 2(2), 17–30.
Ramadhan, M. A., & ganjar resmi, G. (2020). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Pada UMKM Sektor Pariwisata di Kambang Iwak ( KI ) Palembang. Jurnal Inspirasi Manajemen Bisnis, 3(2), 77–86.
Ratmono, D., & Sholihin, M. (2013). Analisis SEM-PLS Dengan Warppls Untuk Hubungan Non Linear Dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Penerbit Andi.
Rosyidi, S. (2003). Pengantar Teori Ekonomi. Grafindo Persada.
Saragih, S. P., & Nopriadi. (2019). Technology Acceptance of Digital Payment System Pada Pelaku Umkm Di Kota Batam. Computer Based Information System Journal, 7(2), 82–90. https://doi.org/10.33884/cbis.v7i2.1402
Sholihah, E., & Nurhapsari, R. (2023). Percepatan Implementasi Digital Payment Pada UMKM : Intensi Pengguna QRIS Berdasarkan Technology Acceptance Model. 12(1), 1–12.
Sidi, A. P., & Yogatama, A. N. (2019). Mediasi Intellectual Capital atas Pengaruh Digital Marketing Terhadap Kinerja Pemasaran. Iqtishoduna, 15(2), 129–152. https://doi.org/10.18860/iq.v15i2.7592
Sihabudin, & Hidayaty, D. E. (2021). Pengaruh Penggunaan Digital Payment dan Sistem Informasi Keuangan Terhadap Pendapatan UMKM BEBEKE OM ARIS Karawang. Jurnal Signaling, 13, 1.
Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Universitas Sumatera Utara (1)(2)(3). Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287–297. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Soon, T. J. (2008). QR CODE. Synteshis Journal.
Stewart, T. A. (1997). Intellectual Capital: The New Wealth of Organizations.
Sukayana, K., & Sinarwati, N. K. (2022). Analisis pengaruh financial behaviour dan actual use digital payment system terhadap pendapatan usaha sektor UMKM di Bali. Jurnal EXPLORE, 12(1), 87–93.
Titasari, H. I. (2023). Pengaruh E-Commerce dan Digital Payment terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sunan Kalijaga Islamic Economic Journal, 2(1), 25–51.
Widyayanti, E. R. (2020). Analisis pengaruh kecenderungan pergeseran sistem pembayaran dari tunai ke non-tunai/online payment terhadap peningkatan pendapatan usaha (studi pada UMKM di Yogyakarta). Seminar Nasional Dan Call For Paper Paradigma Pengambangan Ekonomi Kreatif Di Era 4.0, 187–200.
Wulandari, & Kiki, P. (2021). The Effect of Digital Payment and Digital Marketing on SME Performance: The Mediating Role of Intellectual Capital. Journal Etikonomika, 4(123).
Published
2024-11-17
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 4 times